Healthy Foodie

Manfaat Kiwi untuk Kesehatan. Apa Aja Sih?

by Danang Lukmana | June 15, 2021

Manfaat Kiwi untuk Kesehatan. Apa Aja Sih?
Secara ukuran memang buah yang satu ini bisa terbilang kecil, akan tetapi manfaat kiwi untuk kesehatan bisa tergolong besar. Sering diremehkan dan kurang dianggap sebagai kategori “super food”, kenyataannya buah ini mengandung vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan tubuh, lho. Kulit buah kiwi berwarna kecokelatan menyerupai sawo. Sedangkan dagingnya berwarna hijau segar. Rasa buah ini sangat segar dan sedikit asam. Umumnya sering diolah sebagai campuran smoothie, jus, dan salad buah. Sebetulnya buah ini berasal dari Tiongkok dan sering dijadikan makanan penunjang kesehatan di Negeri Tirai Bambu. Akan tetapi, karena bentuknya coklat berburu mirip burung kiwi khas Selandia Baru, maka buah ini sering dianggap berasal dari negara di seberang laut Australia tersebut. manfaat kiwi untuk kesehatan

source: pexels

Meski sudah banyak olahan produk berbahan dasar buah kiwi, sebaiknya kalian membuat jus alami tanpa campuran bahan kimia dan pemanis apapun supaya khasiatnya lebih optimal. Lalu apa saja sih manfaat dari buah berdaging hijau ini?

Nutrisi dalam Buah Kiwi

Merangkum Healthline, per 70 gram buah kiwi, terkandung setidaknya:
  • Kalori               : 42
  • Serat                 : 2 gram
  • Vitamin C        : 64 miligram
  • Kalsium           : 23,5 miligram
  • Magnesium     : 11.7 miligram
  • Vitamin E        : 1 miligram
  • Fosfor               : 23, 5 miligram
  • Potassium        : 215 miligram
  • Vitamin K        : 27,8 mictogram
Selain itu, kiwi juga mengandung sejumlah kecil zat besi, vitamin A, dan folat. Kandungan-kandungan nutrisi inilah yang membuat buah berkulit coklat ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Kiwi untuk Kesehatan

Buah kiwi termasuk buah yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Salah satunya berkat kandungan vitamin C yang sangat tinggi di dalamnya. Berikut ini beberapa manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang bisa kalian rasakan ketika mengonsumsinya:

1.      Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

source: istockphoto

Buah kiwi sangat tinggi akan kandungan vitamin C-nya. Bayangkan hanya dengan mengonsumsi satu buah saja, kalian sudah sangat memenuhi seluruh kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan. Wah... Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat menangkal berbagai penyakit. Selain mendukung fungsi kekebalan tubuh, konsumsi rutin buah kiwi juga sangat membantu mencegah penyakit flu dan pilek, terutama bagi lansia dan anak-anak.

2.      Melancarkan Pencernaan

source: istockphoto

Kiwi memiliki banyak kandungan serat yang sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan kita. Selain itu, buah ini juga mengandung enzim proteolitik yang disebut actinidin. Enzim ini berfungsi membantu dalam memecah protein. Dengan rajin mengonsumsi buah kiwi dapat membantu tubuh dalam mencerna berbagai asupan protein.

3.      Membantu Mengatasi Penyakit Asma

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi benar-benar sangat membantu mengobati penderita asma. Pada studi tahun 2000 menemukan bahwa terdapat efek menguntungkan pada fungsi paru-paru bagi mereka yang rajin mengonsumsi buah segar, termasuk kiwi. Buah segar seperti kiwi dapat mengurangi sesak nafas atau bengek pada anak-anak.

4.      Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

source: pexels

Kiwi mengandung serat, potasium, dan antioksidan, yang semuanya dapat mendukung kesehatan jantung. Efek lain dari konsumsi buah kiwi adalah menurunnya kadar lemak dalam darah. Menurut para peneliti, efek ini serupa dengan penggunaan aspirin untuk menjaga kondisi kesehatan jantung. Buah ini juga tinggi kandungan kalium yang berfungsi melemaskan pembuluh darah dan membantu mengatur tekanan darah. Bagi orang dengan tekanan darah rendah cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular. Buah yang satu ini dikenal sebagai salah satu pengencer darah alami yang efektif. Buah kiwi dapat mengurangi pembentukan gumpalan, pembentukan trigliserida, dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

5.      Merawat Kesehatan Kulit

source: pexels

Konsumsi kiwi diketahui dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kemampuan ini tidak lepas dari kandungan senyawa antioksidan seperti vitamin C dan E, yang terdapat dalam buahnya. Kandungan ini turut berkontribusi dalam produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah komponen kunci untuk menjaga kesehatan dan membantu meningkatkan elastisitas kulit. Dengan begitu, kulit akan terlihat kencang dan awet muda. Yang mau tetap awet muda, yuk banyak-banyak konsumsi buah kiwi mulai sekarang! Nah, itu tadi manfaat kiwi bagi kesehatan dan kecantikan. Supaya kandungan nutrisi buah kiwi tetap terjaga, sebaiknya hindari mengolah daging buahnya dengan cara dimasak atau dipanaskan ya. Proses pemasakan dengan panas akan merusak kandungan vitamin C dan beragam nutrisi lain di dalamnya.