Foodies Trends

Creme Brulee, Dessert Gosong yang Lagi Ngetren

by Danang Lukmana | August 04, 2021

Creme Brulee, Dessert Gosong yang Lagi Ngetren
Creme brulee saat ini lagi jadi bahan perbincangan sebagai dessert klasik di berbagai restoran. Hidangan restoran seperti pasta, steak, dan lainnya dianggap sempurna jika diakhiri dengan makan puding klasik dari Prancis ini. Dessert ini memang berbentuk sajian puding custard manis yang punya keunikan, yakni adanya karamel gosong di atasnya. Yang bikin dessert manis ini ngetren bukan cuma bentuk dan rasanya saja yang unik menggugah selera, tapi juga sejarah panjang di baliknya. Mau tahu lebih jauh soal puding klasik ini? Yuk simak ulasannya sampai tuntas!

Apa Sih Sebenarnya Creme Brulee Itu?

Jadi sebetulnya Creme brulee merupakan jenis custard klasik yang tampilan dan resepnya sangat sederhana. Hal yang membuatnya unik adalah pada topping-nya di mana terdapat gula karamel yang sengaja dibuat gosong. Karamel gosong tersebut akhirnya membuat lapisan permukaan yang agak keras dan punya rona warna khas.

source: pixabay

Melansir dari laman The Spruce Eats, hidangan dessert klasik ini terbuat dari campuran kuning telur, susu, cream, ekstrak vanili, gula dan bahan lainnya. Kuning telurlah yang mempunyai peran penting dalam pembuatan puding ini. Penggunaan kuning telur sengaja dalam jumlah banyak supaya menghasilkan tekstur puding yang lembut namun cukup padat. Karena memang resepnya klasik, maka puding ini mempunyai rasa yang relatif ringan dan gak begitu manis. Oleh karena itu, karamel gula di permukaannya lah yang berfungsi sebagai penyeimbang rasa. Rasa manis dengan sedikit pahit gosong membuat cita rasanya makin unik.

Sejarah Terciptanya Creme Brulee

Ternyata resep puding klasik ini punya sejarah yang cukup panjang lho di negara Eropa sana. Melansir dari laman PJP Online, meskipun saat ini resep hidangan manis ini diklaim dari Prancis, namun Inggris dan Spanyol juga mengklaim sebagai negara asal makanan tersebut. Sehingga perlu ditelusuri lebih lanjut.

1.      Resepnya Berkembang di Cambridge, Inggris

Setelah penelusuran lebih lanjut, ditemukan resep sajian yang sangat mirip dengan creme brulee di Inggris pada abad ke 15. Pada musim semi di Inggris akan berlimpah panen susu segar dari para peternak sapi. Sehingga resep puding manis musiman sering dibuat memanfaatkan panen susu tersebut.

source: istockphoto

Lalu penambahan topping gula karamel yang dibakar, dihasilkan oleh kreasi para siswa di Trinity College, Cambridge. Sajian puding susu berkaramel tersebut disebut sebagai Cambridge cream atau Trinity cream. Sejak saat itu, puding tersebut jadi makanan favorit para siswa di kampus.

2.      Resep Creme Brulee dalam Masakan Prancis dan Spanyol

Pada tahun 1691 resep creme brulee mulai tertulis dalam buku masakan Perancis. Akan tetapi cara membuat karamel gulanya berbeda dengan saat ini. Alih-alih membakar gulanya secara langsung, pada zaman dahulu karamelnya dibakar secara terpisah. Karamel yang sudah membentuk seperti cakram, baru selanjutnya diletakkan di atas puding susu.

source: istockphoto

Resep lain yang serupa juga ditemukan dalam masakan Spanyol. Di Negeri Matador tersebut resep ini bernama crema catalana yang sama-sama puding susu dengan topping karamel gosong. Bahkan kabarnya, dessert ini sudah ada antara abad ke-5 sampai ke-15 di negara tersebut. Meskipun belum menemukan kesimpulan pasti asal-usul resep ini, tapi sudah bisa diambil kesimpulan bahwa sajian dessert ini sudah eksis sejak abad pertengahan di Eropa. Entah negara mana yang memulai, pada intinya resepnya sudah menyebar ke seluruh Eropa masa itu.

3.      Menjadi Tren Era Modern

Meskipun creme brulee sudah ada sejak abad pertengahan di Eropa, resep ini baru terkenal di Amerika sekitar tahun 1980-an. Sebetulnya makanan ini sudah ada di buku masak orang Amerika dari tahun 1950-an hingga 60-an. Tetapi baru mengalami popularitas ketika salah satu restoran paling mewah di New York, Le Cirque, menyajikan menu ini sebagai dessert-nya.

source: istockphoto

Seperti ciri khas umum orang Amerika yang gemar mengkreasi hidangan. Pada era popularitasnya hingga kini, terdapat beragam varian creme brulee. Seperti penambahan es krim, donat, kue mangkuk, roti panggang, bahkan krim kopi. Nah, itu tadi sekilas sejarah panjang creme brulee yang sengaja dibuat gosong ini. Kalian sudah pernah mencicipinya belum nih?