Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Picosico.net

Ini Dia Bahan Makanan Paling Mistis di Indonesia

January 30, 20204 min readInside Stories

Banyak makanan yang ternyata menyimpan cerita-cerita mistis di baliknya. Ini tidak lepas dari tradisi orang jaman dulu yang sering menggunakan bahan makanan tertentu untuk melakukan hal-hal yang berbau mistis. Mulai dari menggunakan makanan sebagai persembahan untuk orang yang sudah meninggal, sampai memanfaatkan bahan tertentu untuk mengusir setan. Uniknya lagi, makanan-makanan tersebut sangat familiar dalam kehidupan kita sehari-hari lho.

Mau tau bahan makanan paling mistis di Indonesia? Simak yuk infonya berikut ini.

1. Kue Cang

Photo source: Hotel Mulia Senayan

Bahan makanan paling mistis pertama yang akan kita bahas adalah kue cang alias bakcang. Makanan ringan khas Tionghoa ini ternyata adalah salah satu makanan yang nggak pernah absen untuk digunakan dalam proses sembayang. Kue cang yang terbuat dari ketan dengan filling daging ayam, sapi, udang, atau babi dan dibungkus dengan daun ini selalu jadi persembahan untuk para leluhur orang Tionghoa yang sudah meninggal.

Tradisi ini dimulai dari sejarah Cina, di mana ada seorang tokoh bersejarah bernama Qu Yuan yang sangat dihormati rakyatnya. Namun, Qu Yuan akhirnya dibunuh karena dikhianati dan rakyatnya melakukan penghormatan kepadanya dengan cara melempar bakcang ke sungai tempat Qu Yuan ditenggelamkan. Tujuannya agar kue cang ini juga bisa dinikmati oleh arwah leluhur yang sudah meninggal.

Masih berani untuk menyantap kue cang atau bakcang? Kalian bisa mencicipi 10 Tempat Makan Bacang Enak Paling Melekat di Hati.

2. Garam

Photo source: Pexels

Banyak budaya di berbagai negara yang menganggap kalau garam merupakan simbol purity yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir roh jahat. Dalam cerita legenda Canada, bahan makanan paling mistis ini sering ditaburkan di depan pintu untuk mengusir makhluk halus yang sering menakuti hewan ternak mereka.

Garam juga punya peran penting dalam tradisi Yahudi karena sering digunakan sebagai senjata untuk melawan setan, begitu juga dalam kepercayaan Buddha dan Shinto. Kalau kalian jalan-jalan ke Okinawa, Jepang, masih banyak lho orang-orang masa kini yang menaburkan garam ke dalam mobil baru mereka, tujuannya agar mereka selalu terlindungi.

Gimana dengan negara kita sendiri? Nggak kalah viral, baru-baru ini tersebar video di mana ada banyak orang yang menggunakan garam sebagai langkah untuk mengusir pocong.

3. Bawang Putih

Photo source: Pexels

Siapa sangka, bawang putih yang selama ini terkenal sebagai bumbu dapur yang membuat makanan sedap, ternyata juga menyimpan cerita magis. Bahan makanan paling mistis ini dihormati sebagai persembahan yang selalu diberikan untuk para dewa. Selain itu, bawang putih juga bisa menangkal roh jahat dan di abad pertengahan, bawang selalu digantungkan di setiap pintu rumah untuk mengusir kekuatan jahat, melindungi ibu hamil dari setan, dan sering juga digosokkan ke kusen jendela demi mencegah vampir yang haus darah masuk ke rumah.

Kekuatannya juga dipercaya dapat melindungi diri dari wabah penyakit dan menolak ketidakberuntungan saat bawang putih digunakan sebagai liontin kalung. Tertarik mencoba juga?

4. Lobak

Photo source: Pexels

Percaya atau tidak, lobak dinilai suci oleh masyarakat Yunani kuno. Menurut catatan sejarah, orang-orang Yunani sering mempersembahkan emas yang bentuknya dibuat seperti lobak untuk dewa Apollo. Keberadaan lobak juga dinilai penting bagi umat Hindu karena dewa Ganesha sering digambarkan memegang sayur lobak di tangan kirinya. Itulah kenapa banyak orang Hindu yang juga sering menyertakan lobak untuk menghormati dewanya.

5. Mentimun

Photo source: Pexels

Mentimun juga sering muncul sebagai salah satu bahan makanan paling mistis. Pada jaman Roma kuno, mentimun sering disematkan di bagian pinggang wanita karena dipercaya bisa membuat perempuan cepat hamil. Anehnya, mentimun jadi tanaman yang paling tidak disukai oleh para herbalist di Inggris karena dianggap terlalu dingin oleh perut manusia, sehingga bisa menyebabkan penyakit dan kematian.

Cerita mistis seputar mentimun juga terkenal di Indonesia. Kalian pasti pernah mendengar dongeng tentang Timun Mas bukan? Diceritakan zaman dahulu ada pasangan yang tidak bisa punya anak dan meminta bantuan pada Buto Ijo, seorang raksasa jahat. Raksasa tersebut memberikan benih mentimun kepada pasangan tersebut dan dari benih tersebut lahirlah seorang anak perempuan yang dinamakan Timun Mas. Itulah kenapa timun juga dianggap mistis oleh sebagian masyarakat.

6. Kol

Photo source: Yann Song Tang - EyeEm - Getty Images

Cerita mistis kol bermula dari legenda Yunani kuno. Kol atau kubis yang terlihat sederhana dianggap punya peran penting dalam perang antara manusia dan dewa. Cerita kuno menyebutkan zaman dahulu ada seseorang pangeran yang membuat marah dewa Dionysus karena menghancurkan kebun anggur suci milik dewa. Pangeran tersebut kemudian dihukum dengan cara diikatkan ke tanaman anggur. Pangeran tersebut pun menangisi nasibnya, lalu secara ajaib kol muncul dari air mata pertamanya.

Legenda ini kemudian membuat masyarakat percaya kalau kubis harus dimakan saat kita sedang keracunan atau mabuk. Sebagian masyarakat lainnya menganggap kalau kol itu merupakan bahan makanan paling mistis dan suci dan sering dijadikan sebagai persembahan mereka untuk para dewa.

Ternyata semisterius itu ya cerita di balik beberapa bahan makanan paling mistis. Apa kalian juga tahu bahan makanan lain yang nggak kalah mistis dari yang sudah kita bahas di atas?

Related Articles

Connect with Nibble