Foodies Guide To F&B Industry

Photo by NFK

10 Tempat Makan Bacang Enak Paling Melekat di Hati

December 16, 20197 min readTips & Tricks

Hidangan Chinese food selalu menempati ruang di hati foodies di Indonesia. Dari segi bumbu dan rasa memang familiar di lidah orang Indonesia. Makanya, banyak orang yang suka menikmati bacang enak khas Tionghoa. Apalagi jika kita bicara tentang bacang. Ini sudah pasti jadi salah satu menu favorit orang Indonesia karena dibuat dari nasi.

Nah, sebelum kita membahas lebih lanjut tentang rekomendasi tempat untuk menikmati bacang enak di Jakarta, yuk mengenal makanan Chinese yang satu ini lebih dalam lagi.

Bacang: Saudara Jauh Lontong

Kalau dibandingkan dengan makanan Indonesia, bacang itu seperti lontong. Kedua makanan ini sama-sama terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun dan dimasak dengan cara dikukus. Yang jadi pembedanya adalah rasa dan bentuknya.

Seperti yang bisa kita lihat, bacang berbentuk limas segitiga, sedangkan lontong berbentuk bulat memanjang. Selain bentuknya, perbedaan mendasar terletak pada isinya. Bacang biasanya berisi daging babi, sapi, atau ayam serta bumbu kecap sehingga warna nasi di balik daun terlihat kecokelatan. Lain halnya dengan lontong yang biasanya berisi daging ayam dan sayuran. Nasi pada lontong biasanya berwarna putih kehijauan berkat warna daun pembungkusnya.

Saat bicara tentang daun pembungkusnya pun, kedua makanan ini menggunakan daun berbeda. Lontong pakai daun pisang, dan bacang pakai daun bambu. Kalau ditanya mana yang paling enak, mungkin banyak yang menjawab bacang karena di dalamnya terdapat filling yang lebih kaya bumbu.

Keistimewaan Bacang untuk Orang Tionghoa

Bacang bukanlah makanan Chinese sembarangan, maknanya sangat mendalam bagi orang Tionghoa. Tak heran jika ada perayaan Festival Bakcang yang diadakan setiap hari 5 di bulan ke-5 dalam penanggalan Tionghoa. Festival ini juga punya banyak nama lho. Ada yang menyebutnya Peh Cun, Dragon Boat Festival atau Double Fifth Festival.

Asal muasal festival ini tak lepas dari sejarah Cina yang luar biasa. Adalah Qu Yuan, seorang tokoh bersejarah yang sangat terkemuka di Cina karena wibawa dan kemampuannya berdiplomasi. Sayangnya, terjadi hal yang tidak mengenakkan padanya. Dia difitnah, diasingkan, lalu bunuh diri dengan menenggelamkan diri ke sungai.

Masyarakat kemudian mencari jenazah Qu Yuan di sungai dengan cara melempar bungkusan nasi, yang akhirnya disebut bacang, agar ikan-ikan di sungai tidak memakan tubuh Qu Yuan. Sejak saat itu festival ini diselenggarakan untuk mengenang jasa Qu Yuan yang telah berhasil menyatukan 6 negeri, seperti tercatat di sejarah Cina kuno.

Spot untuk Menemukan Bacang Enak di Jakarta

Meski asalnya dari negeri Cina, tak terlalu susah untuk menemukan bacang enak di Jakarta. Kalau kalian masih belum menemukan tempatnya, simak yuk beberapa rekomendasi terbaik dari kami.

1. Bacang Agiok

Photo source: @kumaladewi.h

Salah satu bacang enak di Jakarta yang tidak boleh kalian lewatkan adalah Bacang Agiok. Harganya cukup mahal, sekitar Rp45.000 per buah. Namun, itu sebanding dengan ukurannya yang super besar. Isiannya sangat melimpah, terdapat telur asin, jamur hioki, daging babi, dan lapciong. Di sini kalian juga memilih antara bacang beras atau bacang ketan.

Lokasi: Jl. Bandengan Sel. No.7, RT.1/RW.10, Pekojan, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat.

2. Bacang Sunter Hijau

Photo source: @kulinerjabodetabek

Santapan bacang enak dari Bacang Sunter Hijau nggak pernah gagal memuaskan perut. Harganya tidak terlalu mahal, sekitar Rp25.000 saja. Menu andalannya memang bacang babi, tapi untuk yang tidak makan babi, kalian juga bisa memesan bacang ayam yang sama gurihnya.

Lokasi: Jl. Sunter Blok SC II No. 8, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

3. Bakmi Orpa

Photo source: @laruku2099

Bagi penggemar bakmi ayam, Bakmi Orpa selalu mendapatkan predikat sebagai bakmi paling mahal di Jakarta. Ini karena harga per porsinya mencapai Rp70.000. Rasanya memang luar biasa, kaldu porknya sangat terasa kaya.

Tak hanya terkenal dengan bakminya, Bakmi Orpa juga menawarkan bacang enak yang sayang jika tidak dicoba. Sama seperti bakminya, harga bacang di sini juga cukup fantastis.

Untuk menikmati bacang ketan spesial, kalian harus menyiapkan sekitar Rp50.000. Tapi begitu kalian menyantap bacangnya, rasa dan isinya akan membuat kalian puas dan tidak keberatan untuk mengeluarkan uang sebanyak itu.

Lokasi: Jl. Malaka II No.25, RT.8/RW.3, Roa Malaka, Kec. Tambora, Jakarta Barat.

4. Atek

Photo source: @atek_resto_dutamas

Kalau restoran yang satu ini menjadi tempat yang paling tepat untuk merasakan nasi campur yang khas. Atek juga punya bacang enak yang akan membuat kalian ngiler lho. Bacang buatan mereka berisi daging babi, lengkap dengan telur asin, udang kering, jamur yoko, dan lapchiong yang sedap. Bacang khas Medan ini dibanderol seharga Rp45.000 per buah.

Lokasi: Ruko Boulevard Paramount Gading Serpong, Blok AA3 No. 47 – 48, Jl. Gading Serpong, Tangerang.

5. Paradise Dynasty

Photo source: @bisagroup.id

Kalau lagi ingin makan bacang enak di restoran yang ada dalam mall, kalian bisa langsung meluncur ke Paradise Dynasty. Restoran Chinese dengan atmosfer elegan ini kerap meramaikan Festival Bakcang setiap tahun. Menu yang dinamakan Glutinous Rice Dumpling ini biasanya disajikan dengan pilihan rasa. Beberapa di antaranya adalah XO sauce dan original.

Lokasi: Plaza Senayan Lt. 5 Unit CP 512 - 513 Jalan Asia Afrika No. 8, Senayan, Jakarta

6. Bacang Noona

Photo source: @gedeinperut

Dalam dunia per-bacang-an di Jakarta, nama Bacang Noona sudah cukup melejit dan jadi bacang favoritnya food bloggers ternama. Melihat penampilan bacangnya saja sudah bisa membuat kalian menelan ludah, jadi wajar kalau banyak yang suka Bacang Noona.

Hadir dalam beberapa pilihan, seperti bacang babi, bacang ayam, dan bacang nasi hitam babi, modal yang kalian butuhkan untuk mencicipinya tidak terlalu mahal, mulai dari Rp38.000 saja. Ukuran dan isinya tak perlu diragukan, besarnya bisa bikin kalian kenyang seharian dan isinya pun meriah, ada daging, jamur, lapciong, chestnut dan kuning telur asin.

Online Order: IG @bacangnoona.

7. Es Kopi Tak Kie

Photo source: @TripAdvisor

Siapa pecinta Es Kopi Tak Kie? Kalau kamu belum familiar dengan namanya, baca dulu yuk artikel wawancara kami dengan pemilik Kopi Es Tak Kie generasi ke-3.

Warung es kopi yang berada di surga kuliner Petak Sembilan ini ternyata juga menyajikan bacang enak. Bacangnya sendiri tersedia dalam versi halal, seperti isi jamur, telur asin, dan kacang hijau, serta versi non-halal yang berisi babi. Rasanya pas banget meneguk kopi sambil ditemani bacang yang nikmat.

Lokasi: Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No.4-6 Taman Sari, Jakarta Barat.

8. Sate Babi Ko Encung

Photo source: @kuatjajan

Yang tinggalnya di daerah Gading Serpong nggak usah jauh-jauh ke tengah kota Jakarta untuk menikmati bacang enak. Coba deh melipir ke Sate Babi Ko Encung, kalian akan dimanjakan dengan ragam bacang enak berisi ketan atau beras. Harganya tidak terlalu mahal, sekitar Rp18.000.

Rasa manis dan asinnya sangat balance, dagingnya penuh dan akan tersebar di mulut kalian saat menggigitnya. Jangan lupa pesan es liang teh yang cocok untuk disandingkan bersama bacang.

Lokasi: Jl. Boulevard Raya Blok AA3 No.6, Klp. Dua, Tangerang.

9. Pand'or

Photo source: @rindukampoenghalaman

Mungkin belum banyak yang tahu kalau Pand’or punya bacang enak yang legendaris. Bacang Nasi di cafe kekinian ini dihargai sekitar Rp39.000, sedangkan Bacang Nasi Spesial bisa didapatkan dengan Rp45.000. Harganya mungkin agak mahal, tapi ukurannya besar, dan rasanya nggak ada duanya. Tenang, bacang di sini tersaji halal kok karena menggunakan daging ayam saja.

Lokasi: Jl. Wijaya I No.60, RT.9/RW.5, Petogogan, Jakarta Selatan.

10. Bacang Ny. Lena

Photo source: @seeisall

Satu lagi bacang enak yang bisa didapatkan secara online, yaitu Bacang Ny. Lena. Menu Bacang di sini ada yang isi beras atau ketan. Untuk pecinta bacang nggak usah ragu untuk membeli bacang spesial di sini. Harganya memang lebih mahal dari bacang biasa, kurang lebih Rp32.000 per buah, tapi kalian akan dipuaskan dengan gumpalan nasi pulen yang lembut dengan filling daging ayam cincang yang manis gurih, serta ada potongan jamur hioko dan kuning telur asin yang membuat rasanya makin nendang.

Online order: IG @bacang_special_ny_lena

Jadi, apakah kalian sudah memutuskan untuk mencoba bacang enak yang mana? Yuk di pilih dan segera puaskan rasa penasaran kalian.

Related Articles

Connect with Nibble