Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

Manfaat Bubuk Kopi. Bisa Untuk Apa Aja Sih

June 7, 20214 min readLifestyle

Nibblers, kalian punya stok bubuk kopi nggak nih di rumah? Umumnya bubuk kopi hanya dimanfaatkan untuk diseduh menjadi minuman kopi. Tapi tahu nggak kalian kalau ternyata banyak manfaat lain lho dari bubuk minuman yang satu ini.

Apa saja sih manfaat bubuk kopi yang bisa kalian dapatkan? Yuk simak selengkapnya di artikel ini. Siapkan bubuk kopi kali tapi jangan buru-buru diseduh air panas dulu ya.

Manfaat Bubuk Kopi untuk Kecantikan

Bagi kalian yang ingin merawat kecantikan kulit dan tubuh, wajib banget nih mulai sekarang punya stok bubuk kopi di rumah. Si bubuk hitam satu ini bisa lho jadi alternatif perawatan alami untuk kecantikan tubuh kalian dari mulai ujung rambut sampai ujung kaki.

1. Pewarna Rambut Alami

manfaat bubuk kopi mewarnai rambut

source: freepik

Ingin mewarnai rambut tapi masih ragu sama kandungan kimia dalam pewarna rambut sintetik? Nah, bubuk kopi bisa jadi pilihan kalian. Ya benar, bagi kalian yang ingin menambah sedikit warna alami kecokelatan pada rambut, bisa dicoba pakai ramuan dari bubuk kopi.

Caranya pun mudah kok. Cukup seduh bubuk kopi hitam, campurkan dengan kondisioner, oleskan pada rambut secara merata. Selanjutnya ikat rambut seperti dicepol dan gunakan topi mandi (shower cap). Tinggal tunggu 30 menit hingga 2 jam, lalu bilas rambut hingga bersih. Warna rambut baru pun akan terlihat.

2. Eksfoliasi Kulit

manfaat bubuk kopi untuk scrub

source: freepik

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel kulit mati pada permukaan kulit tubuh. Eksfoliasi ini sangat berguna untuk menjaga agar kulit kita nggak kelihatan kusam. Dan ternyata bubuk kopi juga mampu membantu dalam proses pengangkatan sel kulit mati tersebut.

Nah caranya mudah. Kalian cukup campurkan bubuk kopi bersama air perasan lemon, gosokkan ke seluruh tubuh hingga merata, diamkan hingga kering dan bersihkan. Memang hasilnya nggak instan seperti perawatan di salon yang mahal, tapi jika kalian rutin melakukannya, efeknya juga kelihatan kok.

3. Membantu Menghilangkan Selulit

source: freepik

Dikutip dari laman Healthline, bubuk kopi juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan selulit. Diperkirakan bahwa kandungan kafein di dalamnya yang menjadi kunci dengan kemampuan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit. Selain itu, kandungan kafein juga membantu meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Kopi juga kaya antioksidan, yang dianggap dapat membantu memperbaiki keseluruhan warna kulit yang lebih sehat.

Caranya dengan mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air panas hingga mengental, tambahkan minyak zaitun, lalu usapkan secara merata pada bagian kulit yang berselulit. Kandungan vitamin E dari minyak zaitun bisa mengenyalkan kulit dan merangsang pembentukan kolagen.

4. Membersihkan Sel Kulit Mati di Kaki

Jika kalian ingin punya kaki yang mulus, bubuk kopi bisa menjadi pilihan yang tepat. Bubuk kopi sangat efektif membersihkan kaki dan melembapkan kulit telapak kaki yang sering pecah-pecah. Cukup rendam kaki dengan larutan air hangat dan kopi di dalam baskom, lalu kalian bisa rasakan sendiri manfaatnya jika rutin.

Manfaat Bubuk Kopi untuk Rumah

Selain bermanfaat untuk perawatan kecantikan, ternyata bubuk kopi juga bisa dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan rumah tangga lho. Berikut manfaat bubuk kopi untuk keperluan rumah tangga.

1. Mengusir Serangga dan Semut

manfaat bubuk kopi usir semut

source: freepik

Kehadiran binatang kecil seperti serangga dan semut terkadang akan sangat mengganggu dan membuat nggak nyaman kita di rumah. Jika kalian ingin mengusir serangga dan semut tersebut tanpa harus mematikannya, bubuk kopi bisa menjadi pilihan tepat. Senyawa kafein di dalamnya sangat dibenci oleh serangga.

Cukup taruh semangkuk bubuk kopi atau taburkan di tempat yang kalian anggap sering diganggu serangga dan semut. Maka binatang-binatang kecil tersebut akan pergi menjauh.

2. Membersihkan Panci dan Wajan

Bubuk kopi bisa kalian gunakan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada panci dan wajan.  Tekstur bubuk kopi yang kasar menjadikannya ideal untuk digosok pada peralatan dapur yang sulit dibersihkan. Tinggal taburkan bubuk kopi langsung ke panci dan wajan, lalu gosok seperti biasa. Pastikan untuk membilas hingga bersih setelahnya ya.

3. Menghilangkan Bau Gak Sedap di Kulkas

Kulkas atau lemari es di rumah kerap menimbulkan bau yang kurang sedap akibat makanan yang tercampur dan disimpan terlalu lama. Nah, untuk mengatasinya, kalian tinggal letakkan ampas kopi dalam sebuah wadah yang tahan terhadap dingin. Nantinya aroma gak sedap tersebut akan terserap ke dalam ampas kopi.

4. Penetral Aroma Ruangan

source: freepik

Selain untuk mengatasi aroma gak sedap pada lemari es, bubuk ampas kopi juga bisa menteralkan aroma di dalam sebuah ruangan. Bubuk kopi mengandung nitrogen, yang membantu menghilangkan gas belerang berbau busuk dari udara.

Kalian bisa mengisi kaus kaki bekas dengan bubuk kopi serta mengikatnya untuk membuat penyegar udara portabel. Tempatkan ini di sepatu, tas olahraga, laci kamar tidur, di bawah kursi mobil atau di tempat lain yang mungkin perlu penghilang bau. Kalian juga bisa menghilangkan aroma bawang di tangan dengan mencuci tangan dicampur bubuk ampas kopi.

Nah, ternyata bubuk satu ini sangat multifungsi ya. Manfaat bubuk kopi juga bukan hanya terbatas pada aspek kesehatan dan perawatan tubuh, tapi juga sampai pada membantu keperluan dan pekerjaan rumah tangga. Semoga info ini bermanfaat untuk kalian ya!

Related Articles

Connect with Nibble