Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Manfaat Es Batu untuk Masak dan Baking

August 8, 20213 min readTips & Tricks

Kebanyakan dari kita mengenal manfaat es batu hanya sebagai bahan pembuat minuman segar untuk menuntaskan rasa haus saja. Ataupun beberapa juga mengenal manfaat lainnya sebagai alat kompres luka lebam atau memar. Juga sebagai bahan untuk merawat kekencangan kulit wajah.

Tapi pernah gak nih mendengar manfaat es batu dalam dunia masak-memasak dan memanggang adonan kue serta roti? Jadi dalam dunia kuliner, es batu gak cuma untuk mengawetkan ikan atau daging saja Nibblers. Banyak manfaat lainnya untuk membantu masakan kalian jadi lebih enak teksturnya.

Daripada penasaran, yuk simak aja manfaat es batu untuk memasak berikut ini, dirangkum dari Indozone dan Grid. Simak ya!

Manfaat Es Batu dalam Dunia Memasak

1.      Bikin Masakan Lebih Renyah

Siapa sih yang gak ingin masakan berlapis tepungnya, seperti gorengan, punya tekstur yang renyah dan crunchy? Selain jadi kepuasan tersendiri bagi yang masak, tentu saja akan lebih enak juga untuk dinikmati. Tau gak nih salah satu resep membuat adonan bertepung tersebut jadi semakin renyah? Ya.. es batu salah satunya.

source: istockphoto

Saat membuat gorengan bertepung, contohnya fried chicken atau tempe goreng tepung dan bakwan, kita sering mencelupkannya dulu ke telur dan baru melapisinya dengan tepung kan? Cara ini ternyata kurang tepat karena telur cenderung membuat gorengan sering melempem. Nah, kamu bisa memakai es batu yang dicairkan sebagai pengganti telur supaya kerenyahannya bisa tahan lama.

2.      Bikin Kenyal

Gak cuma untuk membuat tekstur renyah, pes batu juga bisa bikin makanan lebih kenyal. Dalam proses pembuatan bakso dan daging giling misalnya, penggunaan es batu lebih disarankan daripada sekadar air dingin biasa. Hal ini karena es batu mempunyai bentuk yang padat, gak encer seperti air yang malah membuat adonan bakso jadi lembek.

source: istockphoto

Suhu es batu yang jauh lebih dingin akan membuat daging berkontraksi dan memengaruhi elastisitas adonan, sehingga tekstur bakso menjadi lebih kenyal. Selain bakso, pembuatan pempek, otak-otak, dan siomay juga lebih baik pakai es batu.

3.      Melarutkan Bahan Kering

Jika kalian mau membuat adonan kue dan roti yang lezat dan sempurna, maka hal utama yang harus dilakukan adalah dengan melarutkan bahan-bahan yang pada umumnya bersifat kering. Bahan-bahan tersebut bisa dilarutkan menggunakan air es batu. Hal tersebut bisa secara lebih mudah membuatnya berubah jadi adonan yang bagus untuk diolah nantinya.

source: pixabay

Air es batu yang dipakai juga akan membantu dalam menjaga kualitas dari adonan roti dan kue tersebut. Jadi bisa sekalian menjaga adonan roti dan kue kalian supaya tetap lembap sempurna sehingga gak terkesan terlalu basah ataupun terlalu kering.

4.      Menghambat Fermentasi Adonan

Ada juga resep roti yang menggunakan es batu, supaya bisa menghambat terjadinya fermentasi adonan. Adonan roti, terutama yang diuleni dengan mixer cenderung akan menjadi panas akibat gesekan besi penggiling. Hal tersebut malah membuat adonan roti terfermentasi sebelum waktunya.

source: pixabay

Adonan yang terlanjur terfermentasi, jika dipanggang malah jadi gak bisa mengembang secara sempurna. Oleh karena itu, kalian bisa memasukkan es batu bersamaan saat sedang mengaduk adonan dengan mixer. Sehingga suhu panas gesekannya bisa dinetralkan oleh dinginnya es batu.

5.      Membuat Adonan Padat Berisi

Sama seperti resep membuat kenyal adonan bakso atau pempek, manfaat es batu juga untuk membuat teksturnya jadi semakin padat berisi. Hal tersebut tentu saja membuatnya semakin nikmat saat dimakan karena gak kopong atau buyar ketika dikunyah.

source: @pempeksmuuth

Selain itu dingin dari es batu bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri pada adonan. Terlebih campuran daging dan ikan pada bakso dan pempek rentan ditumbuhi bakteri. Jadi dinginnya es bisa menghambat bakteri.

Itulah manfaat es batu yang bisa membantu kalian dalam proses memasak dan membuat bagus tekstur adonan. Jadi, jangan ragu lagi menggunakannya di kegiatan dapur kalian ya!

Related Articles

Connect with Nibble