Recipe

Resep Talua Barendo, Telur Dadar Padang yang Bikin Nagih

by Danang Lukmana | June 15, 2021

Resep Talua Barendo, Telur Dadar Padang yang Bikin Nagih

Halo Nibblers, belajar lagi yuk resep masakan khas Minangkabau yang sering ditemui di rumah makan Padang. Makanan khas daerah yang satu ini sih memang sudah gak perlu diragukan lagi kelezatannya. Dari mulai rendang, gulai ayam, gulai tambusu, ayam pop, bahkan sampai telur dadarnya saja enak banget. Ya, kali ini kita akan belajar resep telur dadar Padang, atau yang sering juga dikenal dengan sebutan talua barendo alias telur berenda. Dinamakan telur berenda “Barendo” karena telur dadar Padang ini terlihat mengembang, gurih, crispy, dan membentuk  tekstur keriting yang mirip renda-renda di bagian pinggirnya. 

telur dadar padang barendo

source: @infosumbar

Memang ada cara masak dan teknik khusus supaya bisa membentuk tekstur berenda seperti itu. Akan tetapi, kalian bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Daripada kalian harus sering-sering pergi ke rumah makan Padang, lebih baik pelajari sendiri resepnya. Oke, gak perlu berlama-lama lagi daripada kalian semakin penasaran bagaimana cara membuat talua barendo alias telur dadar Padang satu ini, langsung saja yuk simak resepnya di bawah.

1.      Siapkan dan Iris-Iris Semua Bumbunya

Tentu suatu masakan nggak akan enak kalau nggak dilengkapi bumbu, begitupun telur dadar Padang. Oleh karena itu siapkan terlebih dulu bumbu-bumbunya seperti; 

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2-3 buah cabai merah
  • 1 batang daun bawang
  • Garam secukupnya

Setelah bumbu-bumbunya disiapkan, langkah berikutnya adalah iris semua bahan bumbu-bumbu tersebut. Iris halus bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan cabai merah. Untuk cabainya bisa kalian sesuaikan sendiri tergantung selera dan tingkat kepedasan yang diinginkan. Selain diiris, kalian juga bisa menggunakan cabai giling atau cabai yang sudah dihaluskan terlebih dahulu.

2.      Telur Ayam dan Bebek adalah Kuncinya

source: istockphoto

Dikutip dari Detik Food, resep talua barendo ini banyak dijumpai di warung nasi Kapau di daerah Bukittinggi dan juga Payakumbuh. Biasanya di daerah asalnya, orang-orang lebih menggunakan telur bebek dibanding telur ayam untuk membuatnya. Akan tetapi, agar rasanya lebih enak, kalian boleh mencampurkan antara telur bebek dengan telur ayam kampung. Penggunaan campuran telur ayam kampung akan membuat rasanya lebih gurih dan warnanya sedikit lebih oren kemerahan. Setelah kocok telur hingga halus dan merata, lalu tambahkan bahan bumbu yang sebelumnya sudah kalian iris-iris. Pastikan antara telur dengan bumbunya dikocok hingga tercampur merata agar teksturnya lebih bagus saat digoreng ya.

3.      Tambahkan Juga Tepung Terigu

Supaya telur dadar ini bertekstur crispy dan membentuk motif berenda, boleh tambahkan sedikit tepung terigu ke dalam adonannya. Kocok campuran telur ayam kampung, telur bebek, bumbu dan tepung terigu tersebut sampai benar-benar halus merata. Kalian hanya cukup menambahkan setengah hingga satu sendok teh saja tepung terigu tersebut ke dalam adonan telur. Fungsi tepung terigu ini akan membentuk tekstur garing di bagian luar telur dan akan berbuih ketika digoreng dengan minyak panas. Buih-buih tersebut akhirnya membentuk motif berenda.

4.      Goreng Menggunakan Minyak yang Sangat Panas

telur dadar padang garing

source: @nasikapaujuragan

Kunci dari garingnya tekstur telur dadar berenda adalah dari penggunakan minyak goreng yang sangat panas. Selain sangat panas, minyak gorengnya juga harus dalam jumlah yang cukup banyak. Cara mengetahui minyak tersebut sudah panas atau belum bisa dilakukan dengan meneteskan sedikit adonan telur ke dalam minyak. Apabila adonan tersebut langsung merekah berarti minyak sudah benar-benar panas. Kemudian tuang adonan telur ke dalam minyak secara perlahan. Cukup tuangkan saja pada satu titik yakni pada bagian tengah penggorengan. Kalian gak perlu melebarkan atau meratakan adonan dengan spatula, karena telur ini akan mengembang dan melebar dengan sendirinya. Jangan lupa kecilkan sedikit dulu apinya sebelum menuangkan adonan telur supaya nggak langsung gosong.

5.      Goreng Hingga Matang Kecokelatan

Setelah adonan tercampur rata dalam wajan, kecilkan lagi apinya. Biarkan telur dadar hingga berubah sedikit kecokelatan dan jangan lupa siram bagian atas permukaan telur yang mengembang dengan minyak. Tujuannya supaya bagian atas tersebut ikut matang merata dan gurih crispy. Setelah warnanya mulai coklat merata, angkat dan tiriskan telur. Kalau sudah nggak terlalu panas, baru deh telur barendo ini siap untuk kalian sajikan. Gimana, gampang banget kan resep telur dadar Padang ini? 

source: Pinterest

Agar semakin nikmat, sajikan talua barendo ini dengan nasi putih hangat, siraman kuah gulai, sambal lado mudo (cabai hijau), gulai cubadak (nangka), dan daun singkong rebus. Kebayang kan enaknya? Dijamin nagih deh.