Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istockphoto

Manfaat Kencur Buat Tubuh. Apa Aja Sih?

June 21, 20214 min readHealthy Foodie

Nibblers, kalian sudah mengenal belum manfaat kencur bagi kesehatan tubuh? Tanaman yang masih keluarga dari jahe ini juga gak kalah berkhasiatnya untuk tubuh kita lho.

Beberapa kalangan masyarakat sudah akrab dan sering menggunakannya untuk berbagai olahan makanan maupun obat-obatan herbal tradisional. Tapi mungkin bagi beberapa masyarakat yang lain, masih belum kenal sama tanaman satu ini dan sering tertukar sama jahe.

Yuk pertama kita kenalan dulu sama tanaman satu ini dan mengetahui juga manfaat kencur untuk tubuh kita.

Apa itu Kencur?

manfaat kencur

source: istockphoto

Kencur adalah salah satu jenis bumbu dapur yang memiliki aroma dan rasa pedas menyengat yang khas. Masyarakat Sunda misalnya, yang menyebutnya cikur, dan sering menggunakan tanaman ini untuk bumbu masakan. Dari mulai bumbu nasi cikur hingga cita rasa khas dalam bumbu seblak yang terkenal itu.

Selain untuk bumbu masakan, kencur juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan dan sering dijadikan ramuan jamu herbal. Masyarakat Jawa sering menggunakannya untuk membuat jamu beras kencur dan juga empon-empon untuk menjaga daya tahan tubuh.

Jadi tanaman dengan nama latin Kaempferia galanga L, ini juga masih dalam keluarga suku jahe-jahean (Zingiberaceae), yang berisikan jahe, kunyit, serta lengkuas. Oleh karena itu, secara penampilan sangat mirip dengan saudar-saudaranya tersebut.

Yang menjadi pembeda tanaman ini dengan jahe atau lengkuas adalah pada aromanya yang khas, di mana dalam bahasa Inggris ia disebut aromatic ginger. Selain itu, ukurannya lebih kecil dengan ruas jari yang bulat-bulat. Warna daging dalamnya juga putih keabu-abuan.

Kandungan Nutrisi Kencur

manfaat kencur untuk tubuh

source: istockphoto

Di samping rasa dan aromanya yang khas, kencur juga memiliki kandungan nutrisi dan senyawa kimia yang bermanfaat. Dirangkum dari Hellosehat, berikut kandungan nutrisi dalam kencur:

  • Pati
  • Protein dan Serat
  • Mineral, termasuk, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, selenium, dan zinc
  • Vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B, vitamin K, dan folat.

Selain itu, kencur juga mengandung minyak atsiri esensial seperti asam metil kanil, sinamat dan dasinat. Tanaman ini juga mengandung senyawa kimia lainnya seperti sineol, borneol, etil aster, dan kamphene yang memiliki sifat antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antinyeri.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Dengan beragam kandungan nutrisi dan senyawa kimia di dalamnya. Maka kencur dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti di antaranya;

1.      Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

manfaat kencur hipertensi

source: freepik

Kencur telah lama digunakan untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Berbagai penelitian telah membuktikan dan mendukung temuan ini. Hal itu dikarenakan kencur mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa yang bersifat diuretik.

Kandungan di dalam kencur tersebut diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Jenis tanaman rimpang ini pun baik dikonsumsi untuk melancarkan sirkulasi darah.

2.      Obat Batuk dan Anti-Bakteri

source: freepik

Manfaat kencur dipercaya dapat meringankan penyakit batuk bahkan dapat mematikan kuman Mycobacterium tuberculosis penyebab TBC. Tanaman ini diketahui mengandung minyak esensial yang bersifat antibakteri. Beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan antibakteri tersebut dapat membasmi kuman di kulit, gigi, gusi, serta dahak di saluran pernapasan.

Caranya, parut dan peras kencur tersebut dan tarun hasil air parutannya ke sendok. Tambahkan sedikit madu lalu diminum untuk meredakan batuk.

3.      Menurunkan Kolesterol

Manfaat kencur lainnya, yakni dapat menurunkan kolesterol. Hal itu dikarenakan, ekstrak etanol yang terkandung dalam rimpang kencur dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Akan tetapi, hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4.      Meredakan Nyeri Akibat Radang

source: istockphoto

Kencur mengandung zat yang bersifat antinyeri dan antiradang. Saat tubuh kalian mengalami nyeri akibat adanya peradangan, kalian bisa menggunakan kencur untuk meringankannya. Manfaat ini sudah terkenal sejak dahulu sebagai resep jamu-jamuan, sehingga sudah sangat umum digunakan untuk meredakan nyeri sakit kepala, sakit gigi, dan radang sendi.

5.      Mencegah Kanker

Berbagai riset menunjukkan bahwa kencur mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Rimpang kencur juga mengandung etil p-metoksisinamat yang mampu menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler yang berguna sebagai anti-kanker. Oleh karena itu, kencur baik untuk kalian konsumsi guna mencegah kanker.

6.      Mengobati Diare dan Sakit Perut

source: freepik

Ekstrak kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga dipercaya bisa menjadi salah pilihan pengobatan manjur untuk diare. Kalian bisa meminum air perasan dari parutan kencur untuk meredakan gejala diare dan sakit perut tersebut.

Nah, itu tadi deretan kandungan nutrisi dan senyawa kimia serta manfaat kencur untuk kesehatan tubuh. Kalian bisa mendapatkan tersebut dengan dibuat menjadi jamu, suplemen, atau ditambahkan sebagai bumbu masakan. Akan tetapi, jangan sampai berlebihan mengonsumsinya ya!

Related Articles

Connect with Nibble