Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Jr.

Mencoba Corn Dog Hits di Myung Rang Indonesia

October 18, 20195 min readReviews

Salah satu makanan ringan di Korea Selatan yang selalu bisa kalian temukan dengan mudah adalah corn dog. Memiliki bentuk yang mirip dengan hot dog, corn dog sering disebut sebagai hot dog ala Korea Selatan. Salah satu corn dog yang begitu dikenal adalah Myungrang.

Berawal dari sebuah gerai kecil, Myung Rang bertransformasi menjadi salah satu franchise paling besar di Korea Selatan. Setidaknya saat ini sudah lebih dari 500 gerai Myung Rang dibuka di Korea Selatan. 

Tahun lalu, Myung Rang bahkan sudah membuka gerai pertamanya di Amerika Serikat. Respon yang sangat positif ditunjukkan oleh masyarakat Amerika Serikat. Hal ini terbukti dari selalu mengularnya antrean pembeli di setiap gerai Myung Rang di Amerika Serikat.

Hype corn dog ini coba dibawa ke Indonesia oleh Myung Rang. Pada Rabu (16/10/2019) secara resmi telah dibuka gerai pertama Myung Rang di Indonesia, tepatnya di lantai 2 mall Kota Kasablanka.

Son Choi, Co-owner Myung Rang Indonesia, menyebut bahwa memang sudah menjadi mimpinya untuk membawa Myung Rang ke Indonesia.

“Saya sempat lama tinggal di indonesia, tepatnya saat saya berada di bangkua SD hingga SMA. Ketika saya kembali ke Korea, saya memiliki keinginan untuk kembali ke Indonesia. Namun, saya ingin ketika kembali ke Indonesia, saya dapat membawa sesuatu ke Indonesia. Tentunya yang menjadi pertimbangan utama adalah apa yang sekiranya disukai masyarakat Indonesia. Myung Rang adalah jawaban yang saya dapatkan,” jelas pria yang akrab disapa Sonny ini.

Menjadi Laris Karena Keunikannya

Bicara lebih lanjut mengenai corn dog, kuliner yang satu ini memiliki tampilan yang berbeda dengan hot dog biasa. Jika hot dog disajikan menggunakan roti, corn dog disajikan dengan cara seperti sate, yaitu ditusuk. Corn dog ini juga dimasak dengan cara digoreng dalam minyak panas dalam waktu kurang lebih 5-10 menit agar mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Corn dog sendiri sudah menjadi sebuah kuliner street food yang fenomenal di Korea Selatan. Setiap penjual berlomba untuk menyajikan corn dog yang unik agar dapat menarik perhatian dari calon pembeli.

Hal itu juga yang dilakukan Myung Rang. Mereka memiliki keunikan tersendiri dari sisi adonan yang digunakan. Adonan corn dog dari Myung Rang memiliki tekstur yang lebih chewy dan memiliki sedikit rasa manis. Selain itu, dengan menggunakan tepung roti, mereka mampu menghasilkan corn dog yang crispy di bagian luar, tetapi tetap lembut di dalamnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Myung Rang Indonesia. Sonny menjelaskan demi menjaga kualitasnya, mereka mendatangkan barang baku yang sama dengan Myung Rang pusat di Korea Selatan. 

“Seperti Myung Rang di Korea Selatan, setiap keju yang digunakan dalam corn dog kami menggunakan keju mozzarella yang kami datangkan langsung dari Denmark. Sosisnya yang kami pakai juga sosis dengan grade premium yang memiliki kualitas paling bagus,” ungkap Sonny.

Harga Lokal Kualitas Internasional

Agak berbeda dengan menu di negara lain, Myung Rang Indonesia hanya memiliki 6 menu yang bisa dipilih, mulai dari mozzarella, sosis, dan potato atau kombinasi diantara ketiganya. Ke-enam menu tersebut dijual dengan harga mulai dari Rp25.900 hingga Rp36.900.

Apakah harga tersebut worthed? Kami yakin jawabannya adalah iya.

Selama beberapa minggu ke depan, Myung Rang Indonesia mendatangkan langsung staff dari kantor pusatnya di Korea Selatan. Ini dilakukan agar dapat diberikan pelatihan langsung kepada staff di Indonesia. Hal ini membuat kami yakin bahwa kualitas corn dog di Indonesia setara dengan aslinya di Korea Selatan.

Kami berkesempatan mencoba dua menu dari Myung Rang, yaitu mozzarella sausage dan potato mozzarella & sausage. 

Pada dasarnya jika kalian memesan kombinasi seperti yang kami lakukan, maka setiap isian akan terbagi dua dalam satu corn dog. Apakah ini membuat isiannya sedikit? Tentu saja tidak.

Setiap corn dog di Myung Rang memiliki ukuran yang besar. Jika kalian memesan satu porsi saja sudah cukup mengenyangkan perut di kala jam-jam genting.

Tekstur chewy yang menjadi salah satu nilai lebih dari Myung Rang dibandingkan dengan corn dog lain kami rasakan benar adanya malam itu. Selagi corn dog tersebut masih panas, gigitan pertama saja sudah membuat kalian ingin terus mengunyah. Tidak akan terasa bahwa tiba-tiba seporsi corn dog dalam genggaman kalian sudah habis.

Kalian harus mencoba untuk menikmati corn dog ini dengan tambahan saus honey mustard atau cheddar cheese. Dengan tambahan kedua saus ini, rasa manis dalam setiap gigitan pada corn dog tersebut akan semakin terasa dan menjadi sebuah guilty pleasure yang tidak bakal kalian sesali.

Myung Rang Indonesia yang Akan Terus Tumbuh

Myung Rang memang menjadi sebuah terobosan baru dalam menikmati sebuah sajian kuliner khas Korea Selatan. Setelah selama ini sajian Korea Selatan yang hadir di Indonesia hanya terpaku pada BBQ atau konsep fine dining, munculnya corn dog menjadi sebuah angin segar.

Berada di dalam sebuah mall mungkin merupakan salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan Myung Rang untuk mendapatkan perhatian dari calon pengunjung. Setiap orang yang lewat di depan stall tentunya akan penasaran untuk mencoba sajian unik satu ini. Terlebih ditambah dengan harga yang sangat pas di kantong.

Myung Rang Indonesia akan terus berekspansi setiap saatnya. Pada bulan Desember nanti Myung Rang Indonesia akan membuka gerai kedua di wilayah barat Jakarta, tepatnya di Mall Taman Anggrek.

Related Articles

Connect with Nibble