Lifestyle

Sering Mulas Setelah Minum Kopi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

by Danang Lukmana | November 30, 2021

Sering Mulas Setelah Minum Kopi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Sering nggak nih kalian mengeluhkan rasa mulas setelah minum kopi? Minum secangkir kopi hitam memang akan memberikan efek menyegarkan. Terlebih bagi pencintanya, tendangan kafein dalam kopi tersebut bisa membuat pikiran makin terbuka dan rileks. Wajar jika ada yang bilang memulai hari tanpa secangkir kopi seperti belum lengkap rasanya.

Sayangnya bagi beberapa orang, kopi juga membuat salah satu bagian tubuh mereka ikut bereaksi. Bagian tubuh yang bereaksi tersebut adalah perut alias saluran pencernaan. Banyak orang merasa perlu untuk pergi ke kamar kecil sekitar 15 sampai 20 menit pasca meminum secangkir kopi. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu kegiatan harian kalian kan.

Alasan Mulas Setelah Minum Kopi

Nah, dalam kesempatan ini Nibble akan memberi tahu kalian alasan kenapa perut sering mulas setelah minum kopi. Dirangkum dari HelloSehat dan Tempo, berikut ini penyebab rasa mulas tersebut.

1. Kopi Merangsang Kerja Usus Besar

mulas-setelah-minum-kopi-02.jpg

Source: Istockphoto

Penyebab pertama yang membuat rasa mulas setelah minum kopi adalah kontraksi di usus besar yang didorong oleh kopi. Kafein adalah stimulan alami yang membantu untuk tetap waspada, tapi kandungan ini juga bisa merangsang kinerja usus jadi lebih aktif. Apalagi bagi orang-orang tertentu yang memang alergi kafein.

Tentunya jika usus bekerja dan berkonstraksi lebih cepat, akan membuat dorongan untuk buang air besar jadi lebih besar. Kontraksi dalam usus akhirnya mendorong isi perut ke arah rektum, yang merupakan bagian akhir dari saluran pencernaan. Hal tersebut yang didefinisikan sebagai rasa mulas.

2. Kopi Menstimulasi Hormon

mulas-setelah-minum-kopi-03.jpg

Source: Istockphoto

Kopi juga terbukti merangsang hormon yang membantu mendorong makanan melalui usus. Hormon tersebut ialah gastrin yang sama dengan kafein karena bisa membuat usus besar lebih aktif. Sebuah studi menemukan bahwa minum kopi jauh lebih banyak meningkatkan kadar gastrin dibandingkan air putih biasa.

Apalagi kopi juga bisa meningkatkan kadar hormon pencernaan cholecystokinin (CCK) yang meningkatkan pergerakan makanan melalui usus besar. Namun reaksi tersebut sebetulnya normal dan lumrah terjadi. Hanya pada beberapa orang yang sensitif, pergerakan usus yang lebih cepat bisa membuat perut mulas bahkan kram.

3. Minum Kopi ditambah Susu atau Krim

mulas-setelah-minum-kopi-04.webp

Source: Pixabay

Bagi orang-orang yang gak kuat dengan pekat serta pahitnya rasa kopi hitam, cenderung menambahkan susu atau krim untuk mengurangi kepekatannya. Tapi secara gak sadar, hal tersebut bisa memicu timbulnya rasa mulas juga. Apalagi bagi orang-orang yang sangat sensitif terhadap susu dan punya intoleransi laktosa.

Intoleransi laktosa terjadi ketika tubuh nggak mampu mencerna dan menyerap laktosa yang ada di dalam susu dan produk turunannya. Gejalanya bisa termasuk sakit perut, mulas, perut kembung, hingga diare setelah mengkonsumsi susu. Hal tersebut menjadi alasan lain susu menjadi salah satu penyebab rasa kurang nyaman di perut.

Tips Supaya Rasa Mulas Gak Menyerang

Jika kalian ingin tetap meminum kopi, tapi gak mau terserang rasa mulas setelahnya. Ada beberapa cara kok yang cukup efektif untuk menguranginya. Berikut ini tips-tips yang bisa kalian ikuti.

• Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong

mulas-setelah-minum-kopi-05.jpg

Source: Istockphoto

Pilihan terbaik supaya rasa kurang nyaman bisa menyerang pencernaan kalian adalah jangan meminum kopi saat perut masih kosong. Ini tentu bisa jadi solusi yang cukup baik bagi perut dan pencernaan. Apalagi kalau kamu termasuk tipe orang yang rentan terkena maag ataupun asam lambungnya sangat mudah naik.

Usahakan kalian makan camilan atau sarapan terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi kopi di pagi hari. Atau kalian bisa mengonsumsi kopi sembari ditemani kudapan yang ringan.

• Atur Saat Tepat Minum Kopi

mulas-setelah-minum-kopi-06.webp

Source: Pixabay

Cara terbaik berikutnya adalah dengan menghindari minum kopi di saat situasi yang memancing rasa mulas lainnya. Misalkan, jangan minum kopi saat sedang ingin ujian, presentasi dalam rapat dan seminar, atau kegiatan penting lainnya.

Kafein dalam kopi memang bisa menjadi stimulan otak supaya lebih aktif berfikir di situasi dan kegiatan penting tersebut. Tapi jika mendadak perut jadi mulas, tentu sangat mengganggu konsentrasi kalian kan.

• Pilih Jenis Kopi

mulas-setelah-minum-kopi-07.webp

Source: Istockphoto

Sebelum meminum kopi, tentu kalian harus perhatikan pilihan jenis kopinya terlebih dahulu. Kalian bisa memilih jenis kopi yang rendah kafein jika memang pencernaan kalian cukup sensitif.

Pilihan kopi rendah kafein salah satunya adalah kopi decaf. Kopi decaf sendiri merupakan kependekan dari decaffeinated coffee, yang seenggaknya sudah menghilangkan 97% kandungan kafein di dalamnya. Jadi risiko perut mulas yang disebabkan konstraksi usus akibat kafein bisa sedikit berkurang.