Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

6 Susu Non Dairy Buat Para Vegan & Lactose Intolerant

July 23, 20213 min readHealthy Foodie

Susu sapi biasanya jadi salah satu asupan wajib sehari-hari. Nutrisi yang lengkap menjadikannya salah satu minuman favorit. Gak cuma buat anak-anak, tapi juga orang dewasa. Sayangnya, gak semua orang bisa mengonsumsi susu sapi. Terutama mereka yang punya intoleransi laktosa atau penganut gaya hidup vegan.

Alasan Pilih Susu Non Dairy

Beruntung sekarang sudah banyak susu non dairy atau susu plant based yang bisa jadi alternatif bagus buat mereka yang gak bisa minum susu sapi. Seperti namanya, susu jenis ini memang gak berasal dari sapi, kambing, atau mamalia lainnya.

Susu non dairy dianggap sebagai pilihan terbaik buat para lactose intolerant maupun pelaku vegan karena dibuat dari tumbuh-tumbuhan. Dan yang paling penting, kandungan nutrisinya pun gak kalah tinggi dari susu sapi. Berikut beberapa pilihan non-dairy milk yang bisa kamu coba.

  1. Susu kedelai

Image: Pixabay

Di urutan pertama ada susu kedelai yang bisa banget dijadikan alternatif pengganti buat kamu yang gak mengonsumsi susu sapi. Seperti namanya, susu ini memang dibikin dari kacang kedelai. Jika sudah diolah menjadi susu, rasanya hampir sama dengan susu sapi. Bedanya, susu kedelai gak punya aroma prengus khas susu non-nabati.

Soal kandungan nutrisi, susu kedelai punya nilai gizi yang hampir setara dengan susu sapi, lho. Kamu bisa bikin sendiri atau kalau mau lebih praktis, beli di toko swalayan/tukang sayur langganan. Biasanya mereka bikin susu kedelai yang fresh tiap pagi.

  1. Susu gandum

Image: Pixabay

Susu gandum alias oat milk juga bisa jadi pilihan susu nabati yang bernutrisi, lho. Susu jenis ini dibikin dari campuran oat dan air. Rasanya cenderung manis dan ringan di mulut. Selain meminumnya langsung, susu oat juga bisa dikonsumsi sebagai campuran makanan lainnya.

Melansir Healthline, susu gandum ini punya kandungan protein yang hampir setara dengan protein pada susu sapi. Namun, kamu juga perlu membatasi jumlah konsumsinya karena kalori dan karbohidrat di dalamnya juga cukup tinggi.

  1. Susu almond

Image: Pixabay

Siapa suka kacang almond? Kudapan yang satu ini selalu jadi favorit karena rasanya yang gurih dan gak bikin gemuk. Ternyata almond juga bisa dijadikan bahan dasar membuat susu, lho. Yup, susu almond namanya.

Soal rasa, susu almond ini sedikit manis dan ada hint kacangnya (nutty). Kandungan kalorinya juga cukup rendah, jadi bagus untuk yang sedang menjalani program diet. Oh ya, karena bahan bakunya memang sudah cukup mahal, susu almond dijual dengan harga yang lumayan tinggi juga.

  1. Coconut milk

Image: Pixabay

Ngomongin soal susu non dairy pastinya belum lengkap kalau gak nyebutin coconut milk alias santan. Yup, kamu gak lagi salah baca, kok. “Susu” ini dibuat dari perasan buah kelapa parut yang dicampur dengan air.

Meski begitu, mengonsumsi santan secara langsung agaknya bukan sesuatu yang lazim dilakukan ya. Santan lebih sering dipakai sebagai bahan campuran saat memasak atau bikin kue.

  1. Rice brown milk

Kalau kamu lagi cari-cari susu nabati yang bebas laktosa, rice brown milk mungkin jadi salah satu pilihan yang wajib dicoba. Susu jenis ini dibikin dari beras merah yang bebas lemak dan kolesterol. Selain enak, rice brown milk juga aman dikonsumsi segala usia, lho.

  1. Susu rami

Image: cannadorra.com

Namanya mungkin gak sepopuler susu almond atau susu kedelai. Tapi, susu rami ini masuk dalam daftar non-dairy milk bernutrisi tinggi, lho. Susu ini dibuat dari rendaman biji rami yang dihancurkan, lalu dicampur dengan air. Selain tak mengandung kolesterol, per gelas susu rami hanya terdapat 140 kalori. Cocok banget nih buat para vegan yang gak bisa minum susu sapi/kambing.

Nah, Nibblers, itu dia beberapa contoh susu non dairy yang bisa kamu pilih sebagai opsi terbaik untuk dukung gaya hidup sehatmu. Dari keenamnya, favoritmu yang mana nih?

Related Articles

Connect with Nibble