Foodies Trends

Ragam Olahan Tauge dalam Kuliner Indonesia

by Danang Lukmana | June 04, 2021

Ragam Olahan Tauge dalam Kuliner Indonesia
Tauge alias kecambah sebetulnya merupakan tunas tanaman dan menjadi salah satu jenis sayuran yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Pada umumnya masyarakat Indonesia lebih familiar mengonsumsi olahan tauge yang berasal dari kacang hijau (Vigna radiata) dan kacang kedelai (Glycine max). Tauge kacang hijau memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasanya cenderung agak manis. Sementara, toge kacang kedelai ukurannya lebih bulat-bulat besar dan ekor tunasnya lebih pendek, soal rasa agak sedikit lebih pahit.

source: freepik

Soal kandungan gizinya, sayuran imut ini nggak perlu diragukan lagi. Dikutip dari laman Hello Sehat, dalam 100 gram tauge segar terkandung sekitar 3 gram protein, 34 kalori, dan 1 gram lemak. Kandungan beta karotennya mencapai 41 mkg, vitamin C sebanyak 5 mg, dan vitamin E sebanyak 0,5 mg. Selain itu, terdapat juga 133 mg kalsium dan 100 gram kalium. Wah lengkap banget ya kandungan gizinya.

Olahan Tauge Lezat yang Wajib Diicip

Selain kandungan gizinya yang cukup tinggi, sayuran ini juga dikenal memiliki harga yang murah. Bisa dijadikan alternatif nutrisi harian yang murah meriah deh. Rasanya yang crunchy dan pengolahannya yang mudah, bikin sayuran ini digunakan di banyak makanan Indonesia. Ragam olahan tauge dalam dunia perkulineran tanah air ini ada banyak sekali jumlahnya, yuk kita kenalan satu per satu.
  1. Tumis Tauge Tahu

source: freepik

Salah satu olahan tauge yang paling umum dijumpai sebagai makanan rumahan adalah tumis tauge. Karena kalian hanya perlu menumis tauge bersama irisan bawang merah, bawang putih, cabai serta bumbu lainnya seperti garam, merica dan saus tiram. Kalian juga bisa menambahkan tahu agar menambah nilai gizi.
  1. Ketoprak

source: IG @sasmitaedo

Kuliner satu ini bisa dibilang paling sering dijumpai bagi kalian yang tinggal di daerah Jakarta. Dalam sepiring ketoprak kalian bisa menemukan, potongan ketupat, bihun putih, tahu, sayuran segar seperti timun dan tauge pastinya. Keseluruhan isian tersebut lalu disiram oleh saus kacang yang gurih manis. Hmmm yummy!
  1. Gado-gado dan Pecel

source: IG @wanitadunia1

Makanan ini masih mirip dengan ketoprak yang sama-sama menggunakan saus kacang. Di makanan ini, kalian juga bisa menemukan tauge lengkap dengan ragam sayuran lainnya seperti bayam, kangkung, kacang panjang, timun, dan wortel. Menu makanan ini cocok buat kalian yang vegetarian.
  1. Tahu Isi atau Gehu

source: IG @dewirosmayanti

Di beberapa daerah seperti Bandung, tahu isi sering juga disebut gehu yang merupakan akronim dari tauge dan tahu. Tahu isi merupakan tahu yang bagian tengahnya diiris dan diisi sayuran seperti tauge dan irisan wortel. Kalian bisa menemukan makanan sebagai lauk pauk maupun jajanan, baik di rumah makan maupun kaki lima. Bagi yang suka pedas, bisa dinikmati menggunakan cabe rawit mentah.
  1. Bakwan

source: IG @dapurbekal

Makanan satu ini terdiri dari adonan tepung yang dibumbui yang digoreng dengan isian sayur-sayuran. Sayur yang menjadi isinya antara lain kol, wortel dan tauge. Bisa dibilang makanan ini termasuk jajanan gorengan paling lazim di Indonesia ya. Penyebutannya pun beragam, di Jakarta disebut bakwan, Bala-bala untuk Bandung, Ote-ote untuk Surabaya, dan Weci untuk daerah Malang. Wow.
  1. Toge/Tauge Goreng

source: IG @kuliner_bekasi

Kuliner satu ini merupakan kuliner khas kota Bogor, Jawa Barat. Mana nih yang anak Bogor? Oh iya, gak seperti namanya, menu makanan ini gak digoreng menggunakan minyak sama sekali. Cara membuatnya adalah tauge segar yang sudah direbus ditambahkan ketupat, tahu kuning, dan mie kuning. Terakhir barulah disirami bumbu tauco yang gurih manis.
  1. Rawon

source: IG @the.lucky.belly

Rawon merupakan sup daging sapi khas Jawa Timur. Ciri khas makanan ini adalah kuahnya yang berwarna hitam karena telah dicampur oleh kluwak. Rawon akan semakin lengkap jika disantap bersama sambal, telur bebek asin, dan taburan tauge yang berasal dari kecambah kacang kedelai. Pokoknya maknyus pol deh! Nah, itu tadi 7 ragam olahan tauge yang dapat kalian temui dalam khazanah perkulineran Indonesia. Ada yang jadi favorit kalian nggak nih?