Tips & Tricks

Bongkar Rahasia Masak dari Chef Andal. Sudah Tahu Belum?

by Kristal Pancarwengi | May 10, 2021

Bongkar Rahasia Masak dari Chef Andal. Sudah Tahu Belum?
Kamu suka masak atau baking bikin macam-macam kue? Keren... Memasak memang aktivitas yang seru dan nyenengin. Nah, selama memasak pastinya kalian pernah dong mengalami kegagalan. Entah itu masakannya keasinan, overcook, alot, atau yang lainnya. Tenang! Kejadian serupa gak bakal terulang setelah kalian tahu rahasia masak dari chef. Yup, chef atau koki profesional biasanya punya teknik masak khusus yang bikin masakan mereka terasa istimewa. Mulai dari pemilihan bahan dan alat masak, penyimpanan, sampai teknik memasak. Sayangnya, gak banyak orang tahu rahasia masak dari chef semacam ini. Daripada makin penasaran, simak yuk daftarnya berikut!
  1. “Mise en place” itu wajib
Mise en place adalah istilah dalam bahasa Prancis yang artinya semua harus ada di tempatnya. Dalam konteks memasak, kalian wajib memastikan kalau semua bahan memang sudah disiapkan; bawang sudah dipotong, bumbu sudah dibersihkan, daging sudah diiris, dll. Memastikan semuanya mise en place akan menghindarkan kalian dari perasaan tergesa-gesa saat memasak. Jangan sampai minyak di wajan sudah sangat panas tapi kalian masih sibuk iris-iris bawang. Duh, dijamin gagal masakanmu.
  1. Pisau harus tajam
Rahasia masak dari chef yang satu ini mungkin terkesan sepele, tapi sebenernya sangat penting lho. Saat memasak, pastikan kalian menggunakan pisau yang benar-benar tajam. Pisau yang tumpul gak cuma menyulitkanmu dalam memotong bahan makanan, tapi juga (kadang-kadang) mempengaruhi tekstur atau rasa masakan. [caption id="attachment_19525" align="alignnone" width="700"] Chef woman carves a whole chicken carcass on a wooden Board, the view from above.. top view; Shutterstock ID 1303805164; Job (TFH, TOH, RD, BNB, CWM, CM): TOH[/caption]
  1. Gunakan minyak dan mentega
Kalau kalian sedang memasak tumisan atau sesuatu yang digoreng, coba praktikkan rasio 1:1 antara minyak goreng dengan mentega. Minyak akan menghindarkan masakan dari gosong, sedangkan mentega akan menambah cita rasa lezat dan harum pada masakan. Cobain ya!
  1. Rendam ayam dengan garam supaya juicy
Ayam goreng renyah dengan bagian dalam yang masih juicy pastinya jadi favorit banyak orang. Sayangnya gak semua bisa masak sampai menghasilkan tekstur ayam goreng seperti ini. Nah, rahasia masak dari Chef Marcus Samuelsson (seperti dikutip dari Tasty) adalah merendam ayam dalam air garam sebelum dimasak. Tips ini akan membuat ayam lebih lembut dan gurih saat matang nanti.
  1. Minyak zaitun adalah kuncinya
Rahasia masak dari chef yang lainnya adalah membubuhkan sedikit minyak zaitun (olive oil) di atas masakan sesaat sebelum diangkat dari kompor. Entah itu masak daging, pizza, pasta, ikan-ikanan, atau yang lainnya. Trik yang satu ini akan membuat masakan terasa lebih harum dan kaya cita rasa. Yummy... [caption id="attachment_19526" align="alignnone" width="700"] food Fats: set of dairy product and oil on white background; Shutterstock ID 782845624; Job (TFH, TOH, RD, BNB, CWM, CM): TOH[/caption]
  1. Jangan terpaku resep
Salah satu penyebab terjadinya kegagalan saat memasak adalah terlalu tunduk pada resep atau catatan orang lain. Padahal berhasil di orang lain belum tentu berhasil di kamu, lho. Penyebabnya macam-macam, mulai dari perbedaan alat masak sampai jenis dan kualitas bahan makanan yang dipakai. Jadi, jangan takut untuk bereksplorasi sesuai selera ya!
  1. Jika masakan keasinan...
Sudah masak sepenuh hati tapi ternyata kamu kelebihan menambahkan garam hingga rasanya keasinan? Jangan dulu dibuang. Kamu masih bisa “memperbaikinya” kok. Rasa asin bisa dinetralisir dengan rasa manis. Jadi, kamu hanya perlu menambah gula atau madu sampai mendapatkan kembali cita rasa yang diinginkan. Rahasia masak dari chef yang ini sudah terbukti berhasil dan dipraktikkan turun-temurun. [caption id="attachment_19522" align="alignnone" width="700"] Different types of salt. Sea and kitchen salt. Top view on two wooden spoons on black background; Shutterstock ID 1028405644; Job (TFH, TOH, RD, BNB, CWM, CM): TOH[/caption]
  1. Blansir sayuran supaya terlihat cerah
Pernah penasaran gak kenapa sayuran di resto-resto selalu kelihatan lebih segar dan semringah daripada yang kamu lihat di pasar atau supermarket? Itu karena mereka menggunakan teknik blansir. Blansir atau blanching adalah teknik merebus sayuran sebentar kemudian direndam dalam air dingin. Cara ini akan bikin sayuran lebih awet, krispi, dan terlihat cantik. [caption id="attachment_19521" align="alignnone" width="700"] Boiled vegetables, green beans; Shutterstock ID 700602475; Job (TFH, TOH, RD, BNB, CWM, CM): TOH[/caption] Ada banyak rahasia masak dari chef lain yang belum diungkap. Dari kedelapan tips di atas, mana nih yang sudah kamu tahu atau terapkan?