Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pexels

Sejuta Manfaat Pisang untuk Kecantikan Kulit

June 14, 20215 min readLifestyle

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kayaknya gak ada deh yang gak kenal sama buah yang satu ini. Bahkan tanaman pisang bisa tumbuh di halaman atau pekarangan rumah. Selain itu, buahnya juga mudah untuk ditemukan baik di pasar sederhana hingga supermarket perkotaan.

Nah, sudah bukan rahasia lagi kalau buah satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan pola diet harian. Tapi selain itu, banyak juga lho manfaat pisang untuk kecantikan kulit kalian.

Selain menutrisi kulit dari dalam, pisang juga mampu menjadi pilihan skincare alami yang membuat kulit kalian cerah dan bersinar. Ingin tahu apa saja manfaat pisang untuk kecantikan kulit? Yuk simak di bawah ini.

Nutrisi dan Manfaat Pisang untuk Kecantikan

manfaat pisang untuk kecantikan kulit

source: freepik

Buah yang memiliki ciri khas panjang melengkung dengan corak warna kuning ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat. Dilansir dari beberapa sumber seperti healthline, berikut kandungan nutrisi dalam satu buah pisang yang baik untuk kulit:

  • Potassium
  • Kalsium
  • Kalium
  • Fosfor

Selain kandungan mineral tersebut, buah ini juga dilengkapi vitamin lainnya yakni, vitamin A, C, E, B-6 dan beta-karoten. Kandungan-kandungan tersebut dapat bermanfaat baik untuk kecantikan kulit kalian antara lain sebagai berikut:

1.      Menjaga Kelembapan Kulit

pisang bermanfaat untuk kecantikan

source: istockphoto

Pisang dapat menjadi pelembap alami yang paling alami untuk kulit wajah kalian. Kandungan potassium dan vitamin A di dalamnya dapat menghidrasi kulit sekaligus memelembapkannya agar selalu kenyal dan lembut.

Dengan rutin menggunakan pisang, kalian bisa mengurangi penggunaan krim kimia yang berisiko memberikan efek samping pada kulit. Hancurkan satu buah pisang menggunakan garpu, lalu oleskan pada bagian wajah. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bersihkan. Lihat dan rasakan sendiri sensasi kulit kenyal serta halus seperti bayi.

2.      Mengurangi Minyak pada Kulit Wajah

source: istockphoto

Jika kalian memiliki masalah kulit berminyak, cukup gunakan masker wajah dari buah pisang yang dicampur air lemon dan madu. Pisang adalah eksfoliator alami yang dapat membantu menghilangkan minyak berlebih di permukaan kulit. Buah ini mengandung potasium serta vitamin E dan C, yang semuanya bisa membuat kulit kalian nampak bercahaya dan jernih.

Hancurkan satu buah pisang dan campur dengan air perasan lemon serta madu. Oleskan secara merata pada wajah dan tunggu 10 hingga 15 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin. Lihat hasilnya setelah melakukan perawatan kulit ini secara rutin setiap hari selama dua minggu.

3.      Mencegah Penuaan Dini

source: istockphoto

Seiring bertambahnya usia, ketakutan yang dialami yang dialami banyak orang adalah munculnya tanda-tanda penuaan di kulit. Di antaranya yaitu kulit yang mulai mengendur, kulit juga menjadi kusam, muncul flek hitam, dan timbul garis-garis halus atau keriput.

Buah Pisang bisa juga lho membantu melawan berbagai tanda penuaan tersebut, khususnya soal elastisitas kulit dan keriput. Hal itu berkat adanya kandungan vitamin C dan B6 yang luar biasa tinggi dan bersifat anti-aging.

Cukup hancurkan satu buah pisang dengan satu buah alpukat, beri perasaan lemon serta satu sendok yogurt kental. Oleskan secara merata pada wajah, tunggu sekitar 15 hingga 20 menit sampai semua nutrisi meresap. Cuci bersih dan mulai rasakan kekencangan serta elastisitas pada kulit kalian.

4.      Mengatasi Jerawat

source: freepik

Jerawat merupakan satu di antara masalah kulit yang kerap menghampiri banyak orang. Gangguan jerawat sangat menyebalkan karena bikin seseorang jadi nggak percaya diri. Pisang beserta kulitnya juga ternyata bagus lho untuk membantu mengatasi jerawat.

Kalian bisa secara langsung mengoleskan bagian dalam kulit pisang ke benjolan jerawat untuk mengurangi peradangan dan melawan bakterinya. Kalian bisa juga membuat masker dengan campuran daging buah pisang dan madu. Selain mengatasi jerawat, masker tersebut juga bisa merawat kelembapan  serta mencerahkan kulit.

5.      Menyamarkan Mata Panda

source: freepik

Nah, bagi kalian yang sering begadang atau stres karena deadline kerjaan, pasti sering mengalami timbulnya lingkaran hitam di sekitaran mata, atau dikenal sebagai mata panda. Mata panda tentu juga bisa merusak percaya diri karena bikin wajah terlihat sangat lelah. Pisang juga bisa mengurangi dan menyamarkan efek lingkarang hitam tersebut.

Cobalah menggunakan masker dengan cara melumatkan satu buah pisang dan mengoleskannya langsung di area lingkar bawah mata yang menghitam. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas.

6.      Mencerahkan Kulit Wajah

Siapa sih yang gak ingin memiliki tampilan kulit wajah yang cerah mempesona? Pisang juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit kalian, lho! Caranya gampang, cukup membuat sendiri masker alami berbahan dasar pisang. Oh iya, untuk jenis kulit yang berbeda, ada kombinasi berbeda juga yang digunakan.

Bagi jenis kulit berminyak, campurkan satu pisang yang sudah dilumatkan dengan perasan air lemon dan madu secukupnya. Adapun yang memiliki kulit kering, campurkan satu pisang tumbuk dengan alpukat serta minyak zaitun. Oleskan masker tersebut ke wajah lalu diamkan selama 10 menit, kemudian bilas. Setelah dibilas, pasti wajah akan terlihat lebih bercahaya dari sebelumnya.

7.      Menyamarkan Flek Hitam

source: istockphoto

Manfaat menggunakan masker pisang selanjutnya, yaitu dapat membantu menyamarkan flek hitam. Munculnya flek hitam pada wajah umumnya karena seringnya terkena paparan sinar matahari.

Cara mengatasinya cukup campurkan pisang yang telah dilumatkan dengan 1 sendok gula pasir, 2 sendok gandum, dan 1 sendok susu. Setelah menjadi adonan masker, oleskan pada bagian wajah yang terdapat flek-flek hitam. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin. Lakukan ini secara rutin untuk mencapai hasil maksimal.

Itu tadi manfaat pisang untuk kecantikan kulit wajah kalian. Selain nikmat dikonsumsi, ternyata buah ini juga bisa menjadi bahan skincare yang alami yang murah dan tanpa efek samping. Nah, bagi kalian pecinta skincare alami, buah pisang bisa jadi pilihan yang tepat.

Related Articles

Connect with Nibble