Recipe

Resep Churros Renyah Saus Cokelat

by Cista Laksono | November 20, 2021

Resep Churros Renyah Saus Cokelat

Resep churros – Entah kenapa kalau ngemil makanan yang gurih lalu diselingi dengan rasa manis bikin nagih terus. Persis deh kalau lagi ngemil jajanan yang satu ini, churros – adonan pastry yang gurih lalu ditaburi gula dan dicelup ke cokelat. Sensasinya, paripurna!

Churros adalah street food yang awalnya popular di Spanyol. Dijuluki sebagai Spanish donuts, meskipun bentuknya gak bulat dan berlubang. Churros banyak dijual sebagai makanan ringan dengan taburan gula dan kayu manis. Bentuknya panjang dengan guratan memanjang sangat khas dan mudah dikenali.

Kini churros udah jadi kegemaran masyarakat Indonesia juga. Tak hanya digoreng, tapi juga disajikan dengan dipping sauce maupun filling yang beragam. Churros banyak dijajakan di pusat perbelanjaan, kafe, hingga kantin sekolah. Rasanya gurih dan manis, memang gampang bersahabat dengan lidah siapapun.

Resep Churros

Buat churros sendiri di rumah, kuy. Nibble punya resep lengkap dengan cara bikin churros yang gampang, anti gagal, dan jelasnya sih enak banget. Bahannya pun umumnya selalu tersedia di dapur.

untuk 2 porsi besar

Bahan:

• 150 ml air

• 20 gram gula pasir

• 40 gram mentega

• 110 gram tepung terigu serbaguna

• 2 butir telur

• Minyak goreng secukupnya

• 75 gram gula kastor

• 1 sdm bubuk kayu manis

Cara membuat:

  1. Rebus air, gula, dan mentega hingga benar-benar mendidih.
  2. Kecilkan api lalu masukkan tepung terigu. Aduk hingga tepung tidak menggumpal dan jika bagian dasar panci mulai muncul kerak, tandanya adonan siap. Matikan api. resep-churros-01.jpeg

  3. Tunggu hingga uap panas adonan hilang, masukkan telur secara bertahap satu per satu. resep-churros-02.jpeg

  4. Aduk-aduk hingga telur menyatu dan adonan menjadi homogen. Tekstur adonan padat tapi lembut dan mengalir perlahan jika diangkat dari spatula. resep-churros-03.jpeg

  5. Siapkan 2 piping bags dan spuit bintang seperti pada foto. Gunting ujung piping bag lalu pasang spuit. Masukkan adonan ke dalam piping bag satunya, lalu gunting ujungnya dan masukkan ke dalam piping bag yang ber-spuit. Cara ini agar piping bagmu tidak pecah saat kamu mendorong adonan keluar. resep-churros-04.jpeg

  6. Panaskan minyak cukup banyak, tekan perlahan piping bag di atas wajan dan gunting adonan. Sesuaikan panjang adonan dengan seleramu dan besarnya wajan. resep-churros-05.jpeg

  7. Goreng churros hingga cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan. resep-churros-06.jpeg

  8. Campurkan gula kastor dan bubuk kayu manis. Jika tak punya gula kastor, kamu bisa memakai gula pasir biasa atau gula halus.

  9. Gulingkan churros yang masih hangat ke dalam campuran gula kastor dan bubuk kayu manis.
  10. Churros siap disantap sebagai teman ngopi.

Menikmati churros rasanya akan makin lengkap dengan dipping sauce. Kamu bisa memakai aneka rasa saus kesukaanmu, seperti vanilla, hazelnut, coklat, karamel, blueberry, atau strawberry.

Saus yang paling umum jadi favorit adalah saus cokelat. Di pasaran dijual beragam merk saus cokelat yang bisa kamu pakai, atau kalau kamu mau membuat sendiri? Boleh banget! Nih, Nibble bagi resep gampang saus cokelatnya.

resep-churros-07.jpeg

Saus Cokelat

Bahan:

• 50 gram compound chocolate

• 50 ml susu cair hangat

Cara membuat:

  1. Potong atau serut coklat. Letakkan coklat di wadah logam atau kaca.
  2. Panaskan air hingga mendidih lalu taruh wadah berisi coklat di atasnya. Biarkan hingga coklat meleleh.
  3. Angkat coklat dan tambahkan susu cair hangat. Aduk rata.
  4. Selesai, saus coklatmu siap digunakan.

Membuat churros di rumah ternyata mudah kan. Bisa jadi alternatif menu snackmu dan keluarga. Selamat mencoba.

Photos by: Cista Laksono, Nibble