Recipe

Resep Wedang Ronde Jahe Hangat Super Simpel

by Cista Laksono | September 10, 2021

Resep Wedang Ronde Jahe Hangat Super Simpel
Resep wedang ronde--Ronde adalah makanan berbentuk bola yang terbuat dari tepung ketan yang direbus sehingga bertekstur kenyal. Sementara wedang di dalam bahasa Jawa berarti minuman hangat. Maka secara harfiah wedang ronde adalah minuman hangat dengan ronde. Wedang ronde biasanya jadi jajanan favorit di kawasan wisata yang bersuhu dingin. Ada yang menyebut wedang ronde berasal dari Bandung, karena karakteristiknya yang kenyal-seperti selera kebanyakan masyarakat di sana. Ada pula yang menyebut asalnya dari Jawa/Yogyakarta, sesuai dengan pemakaian nama 'wedang' yang lazim dipakai di Jawa.

Wedang Ronde Asalnya dari China

Dari banyak versi tentang ronde, tahukah kamu kalau ternyata wedang ronde ternyata merupakan makanan asli China? Bernama asli tangyuan, ronde menjadi makanan yang lekat dengan budaya China. Setiap tahunnya bersamaan dengan dirayakannya Festival Lampion, tangyuan menjadi makanan yang wajib ada. Selain itu, bentuknya yang menyerupai bola dan disajikan di mangkok bundar digambarkan sebagai relasi di dalam keluarga. Ronde memiliki banyak kemiripan dengan tangyuan, hanya saja sudah disesuaikan dengan budaya dan selera masyarakat lokal. Misalnya penggunaan gula merah/gula kelapa sebagai pemanis kuah dan penambahan isian lain seperti roti, kolang-kaling, agar/jelly, dan lain-lain. Untuk ronde sendiri ada dua jenisnya, yang berisi dan tanpa isian. Lazimnya ronde diisi dengan kacang tanah tumbuk yang diberi gula.

Resep Wedang Ronde

Dalam resep berikut, Nibble mau mengajak kalian membuat wedang ronde yang istimewa. Seperti apa? Simak langkah-langkah berikut.

Bahan

Ronde
  • 100 gr tepung ketan
  • 20 gr tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gr kacang tanah yang sudah disangrai dan dikupas
  • 1 sdm wijen sangrai
  • 1-2 sdm gula pasir (sesuaikan selera manis)
  • 2 sdm air putih matang
  • Air secukupnya untuk merebus
Kuah
  • 100 gr jahe merah yang sudah dibersihkan, memarkan
  • 1 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 1 batang serai, memarkan
  • 150 gr gula merah
  • 1 liter air

Cara membuat

Ronde
  1. Giling kacang tanah dan wijen dengan menggunakan blender/food processor/tumbukan manual.
  2. Tambahkan gula dan 1 sdm air matang. Aduk rata. Jika kacang masih bertekstur bubuk, tambahkan 1 sdm air lagi dan aduk. Penambahan air diperlukan untuk membuat tekstur kacang menyatu sehingga lebih mudah dipulung.
  3. Ambil kurang lebih 1 sdt bagian kacang lalu padat dan bulatkan. Lakukan hingga adonan kacang habis. Sisihkan.
  4. Untuk membuat kulitnya, siapkan tepung ketan, tepung beras, dan garam. aduk jadi satu di dalam wadah.
  5. Tambahkan 50 ml air hangat, aduk perlahan dan ratakan. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan, sambil diuleni hingga adonan menjadi kalis. Konsistensi yang diinginkan adalah adonan yang lembab tetapi tidak lengket di tangan saat di sentuh.
  6. Ambil sebagian adonan kulit, pipihkan di telapak tangan dan cekungkan bagian tengahnya. Taruh isian kacang kemudian tutup dan bulatkan adonan. Kamu juga bisa membuat ronde versi tanpa isian. Cukup bulatkan adonan saja.
  7. Rebus ronde di dalam air yang mendidih. Biarkan hingga ronde mengapung dan tunggu 1-2 menit, setelah itu angkat. Jangan merebus terlalu banyak ronde sekaligus agar ronde tidak lengket satu sama lain. Perhatikan juga air rebusan, jika sudah mengental ganti air rebusan.
  8. Masukkan ronde yang sudah matang ke dalam wadah berisi air matang. Langkah ini untuk mencegah ronde saling lengket dan berubah bentuk.
Tips : jika ingin membuat variasi warna, tambahkan pewarna makanan ke dalam air, lalu campurkan ke tepung dan uleni. Sebab penambahan pewarna setelah pengulenan akan membuat warna tidak dapat menyatu dengan baik. Kuah Jahe
  1. Rebus air hingga mendidih
  2. Masukkan jahe, pandan, dan batang serai
  3. Masukkan gula merah yang sudah diserut/diiris kecil. Aduk dan tunggu hingga mendidih.
Untuk penyajian, ambil beberapa bola ronde ke dalam mangkok lalu siram dengan kuah jahe yang panas. Kamu bisa juga menambahkan potongan roti, kolang-kaling, dan taburan kacang supaya wedang rondemu semakin rame. Sensasi kenyal kulitnya dengan kejutan gurih kacang akan berpadu sempurna di dalam kuah jahe yang manis. Wedang ronde jahe sudah pasti bisa jadi penghangat badan dan hatimu. Selamat mencoba.   Photos by: Cista Laksono, Nibble