Nibble'S Guide

10 Roti Bakar Bandung Enak di Tengah Dinginnya Kota Kembang

by Danang Lukmana | September 21, 2021

10 Roti Bakar Bandung Enak di Tengah Dinginnya Kota Kembang
Siapa yang gak bakal tergoda melihat sajian roti bakar Bandung yang begitu menggugah selera? Berbeda dari sandwich dan roti panggang (toast) untuk sarapan, roti bakar Bandung biasanya dibuat menggunakan roti yang tebal berbentuk kotak atau balok. Isiannya beragam dari yang manis seperti cokelat, pisang, atau selai, hingga yang gurih seperti sosis, telur, dan kornet. Yuk kita sama-sama berburu roti bakar di Bandung, dengan menyimak rekomendasi dari Nibble berikut ini!

1.      Roti Gempol

Kedai roti yang satu ini sudah sangat legend lho karena konon sudah buka sejak 1958. Nama Roti Gempol sendiri diambil dari nama jalan tempat mereka berjualan yakni Jalan Gempol Wetan.  Jenis roti di sini berbentuk kotak dan gendut tebal dengan pilihan roti polos putih atau roti gandum. Kalau untuk pilihan rasanya hanya tersedia dua jenis, yaitu asin dan manis. Nah, kalau varian manisnya bisa dipilih jadi mix 3 jenis seperti cokelat, susu, kacang atau nanas, sarikaya, stroberi.

Source: @infobdgcom

Alamat: Jl. Gempol Wetan No. 14, Trunojoyo, Bandung.

2.      Warung Kopi Purnama

Salah satu kedai kopi jadul yang masih mempertahankan gaya old school-nya hingga kini adalah Warung Kopi Purnama. Warung kopi ini  sudah ada sejak tahun 1930 dengan nama Chang Chong Se, lalu diganti menjadi Purnama tahun 1966. Roti bakar yang menjadi menu favorit adalah roti bakar selai srikaya dan roti bakar mentega gula. Selai srikaya-nya juga mereka buat sendiri lho. Manisnya pas dan gak bikin enek.

Source: @warungkopipurnama

Alamat: Jl. Alkateri No.22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

3.      Roti Bakar Cari Rasa

Terletak di bilangan Pasar Kosambi, Jalan Ahmad Yani, kedai Roti Bakar Cari Rasa sudah ada sejak 1960 lho! Meskipun sudah puluhan tahun tapi cita rasanya masih bertahan hingga saat ini. Di sini menawarkan lima varian menu, mulai dari roti bakar bumbu biasa, cokelat, campuran keju, corned beef, dan keju murni. Rasa favorit di sini adalah roti bakar dengan cokelat yang dikombinasikan keju.

Source: @kulineran_aja

Alamat: Pasar Kosambi, Jl. Jendral Ahmad Yani No.149, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

4.      Roti Bakar 234 Gang Kote

Sesuai namanya, Roti Bakar 234 Gang Kote berlokasi di Gang Kote, Karanganyar, Jalan Sudirman, Kota Bandung. Orang-orang juga sering hanya menyebutnya sebagai roti bakar Gang Kote saja. Cara membakarnya yang tradisional dengan arang kayu membuat roti bakar ini memiliki cita rasa khas karena ada gosongnya. Selain itu roti yang digunakan juga bikinan sendiri dan punya tekstur tebal namun lembut. Tersedia berbagai pilihan isian dari stroberi, keju susu, kacang cokelat hingga corned yang enaknya juara.

Source: @inafooddocs

Alamat: Gg. Kote, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Jalan Sudirman, Kota Bandung.

5.      Roti Bakar Duti

Duti sendiri merupakan kedai yang menyediakan aneka bubur, pisang bakar, dan juga roti bakar. Kedai ini terletak di Gardujati, yang mana merupakan jalan yang gak pernah sepi dan sepanjang malam berjejer penjaja makanan di sini. Seperti tempat makan roti lainnya, di sini tersedia pilihan asin dan manis untuk isiannya. Namun untuk yang pilihan rasa asin, lebih baik tanyakan dulu halal atau nggaknya. Karena ada pilihan isian daging ham untuk varian asin tersebut.

Source: @tigatigagembul

Alamat: Jl. Gardujati No. 14, Gardujati, Bandung.

6.      Roti Bakar Panjo

Meskipun bukan legendaris dan terhitung baru, tapi roti bakar Panjo layak diadu dengan roti bakar Bandung yang lain. Roti Bakar Panjo ini bisa dikatakan roti bakar kekinian yang unik karena selainya. Rotinya juga berbeda dengan di tempat lainnya, karena menggunakan roti premium yang lembut. Roti bakar tuna mozarella dan cokelat kacang jadi pilihan favorit di sini dan wajib banget dicoba.

Source: @rotibakarpanjo

Alamat: Jl. Teuku Umar (Seberang Ganbatte BBQ & Suki), Dipatiukur, Bandung.

7.      Roti Bakar Yunus

Pilihan roti bakar Bandung yang enak selanjutnya adalah Roti Bakar Yunus. Ini juga merupakan kedai roti yang terbilang baru dan kekinian, namun sangat enak untuk kamu coba. Rotinya yang lembut dipanggang hingga garing menggunakan butter kualitas premium. Isiannya juga mengikuti selera kekinian seperti bischoff+keju, greentea keju+nutella, tiramisu+stroberi dll.

Source: @diarykokozhang

Alamat: Jl. Moch. Yunus Jl. Pajajaran No.173/6b, Pasir Kaliki, Kota Bandung.

8.      Roti Bakar Aneka Sari

Bandung memang terkenal akan roti bakarnya dan juga beberapa sangatlah legendaris. Nah, salah satu roti bakar yang cukup legendaris berikutnya adalah Roti Bakar Aneka Sari. Roti Bakar Aneka Sari ini sudah ada sejak 1967 dan terkenal dengan rotinya yang lembut. Ada rasa tiramisu dan blueberry yang jadi favorit di varian manis. Sedangkan untuk varian gurih ada isian kornet yang lezat.

Source: @roti_aneka_sari

Alamat: Jl. Jamika No.9, Jamika, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung.

9.      Cafe Madtari

Cafe Madtari adalah sebuah kedai 24 jam yang terkenal dengan kejunya di mana setiap menu makanan akan diberi taburan keju berlimpah. Bahkan makanan yang kamu pesan sampai nggak kelihatan karena tertutup parutan keju. Kedai yang juga menjual roti bakar ini juga terkenal sebagai tempat nongkrongnya anak muda dan mahasiswa. Mereka memang banyak memilih lokasi di sekitaran kampus dan saat ini kurang lebihnya ada 4 cabang di kota Bandung.

Source: @foodgallerybdg

Alamat: Jl. Ranggagading No.1a, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

10.    Bolu Bakar Tunggal

Varian terbaru dari jajanan dan oleh-oleh Kota Bandung yang sekarang cukup hits adalah Bolu Bakar Tunggal. Ya ini adalah bolu yang dipanggang atau bakar, namun secara tampilan benar-benar mirip dengan roti bakar. Karena terbuat dari adonan bolu, maka teksturnya sangat lembut di mulut. Isiannya pun beragam dari mulai keju, cokelat, roombutter, kelapa susu, hingga durian musang king yang terkenal enaknya.

Source: @bolubakartunggal_

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.570-574, Dungus Cariang, Kec. Andir, Kota Bandung. Itu dia pilihan roti bakar Bandung yang terkenal enak di Kota Kembang. Baik yang kekinian ataupun yang sudah sangat legendaris, semuanya lezat menggugah selera. Roti bakar hangat enak banget dimakan saat malam-malam, apalagi kalau sedang turun hujan. Lebih pas lagi kalau didampingi dengan kopi/teh/susu hangat.