Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Jr.

The Roots Kemang, Salad Bar Dog Friendly di Jakarta Selatan

January 2, 20205 min readReviews

Mencari salad bar beberapa tahun belakangan memang terasa cukup mudah. Kesadaran pola makan sehat dan menyebarnya ide-ide diet modern membuat salad semakin populer. Namun, pernah terbayang gak sih kalau kita bisa menemukan salad bar yang dog friendly? Yes, ada The Roots Kemang yang merupakan satu-satunya salad bar di Jakarta yang bisa jadi tempat hang out kalian dan anjing kesayangan.

Selain karena konsep dasar mereka, alasan The Roots Kemang bisa menjadi salad bar yang dog friendly juga adalah karena letaknya yang berada di dalam Como Park, Kemang Timur. Como Park adalah community space yang sudah cukup dikenal sebagai lokasi nongkrong para dog lovers.

Penasaran dengan rasa salad di The Roots, kami akhirnnya meminta rekomendasi dari Co-Founder The Roots, Bianca Lily Yanuar. Dirinya merekomendasikan dua menu best seller di The Roots yakni, Smokey Southwest dan Tikka Tikka Tempe. Seperti apa serunya mencoba salad di The Roots Kemang? Berikut ini ceritanya.

Ambiance

Untuk kalian yang pertama kali datang ke Como Park mungkin akan agak kecarian dengan lokasi The Roots. Wajar, karena The Roots ada di bagian kanan terdalam di area Como Park. Tapi tenang, banyak penunjuk arah yang jelas di dalam Como Park serta logo The Roots yang begitu besar di depan bar akan memudahkan pencarian kalian.

Masuk ke dalam, bentuk desain minimalis dengan dominan warna putih serta aksen kayu memberikan kesan natural. Tone ambiance semacam ini memang cocok untuk restoran-restoran salad yang wajib memberikan kesan fresh dan tenang. Uniknya banyak sekali material yang digunakan untuk membangun The Roots dari reclaimed material. Jadi, nilai eco-nya benar-benar digarap serius di sini.

Space yang tersedia untuk makan di lokasi memang tidak terlalu luas, tapi memang Bianca mengakui jika menu The Roots lumayan banyak diserap oleh pesanan online melalui aplikasi GoJek dan Grab. Untuk kami luas ruangan di The Roots menjadi tidak masalah karena memang semuanya ditata dengan baik.

“Memang orderan online jumlahnya lebih banyak daripada yang makan di tempat, dan itu membantu banget sih. Selain itu juga kita punya catering service yang bisa dipesan daily atau mingguan,” ungkap Bianca.

Smokey Southwest

Menu pertama yang kami coba adalah Smokey Southwest. Menu ini bisa menjadi salad untuk kalian yang masih latihan untuk menyukai sayuran. Karena porsi crispy chicken yang ada di atas tumpukan sayurnya akan membuat suapan tiap sayur kalian tidak terlalu melelahkan.

Campuran dari romaine lettuce, black beans, charred corn, carrot, cucumber, purple cabbage, dan red paprika udah paling basic deh buat kalian yang mau latihan jadi jagoan salad. Kami suka banget dengan dressing sausnya yang bikin rasa salad ini semakin ringan dan lezat.

Dengan hanya Rp65.000, semangkuk besar Smokey Southwest terasa sangat mengenyangkan.

Tikka-Tikka Tempe

Nah menu berikutnya ini adalah menu untuk kalian yang suka dengan kuliner India. Semuanya benar-benar relate dengan menu chicken tikka tapi lantaran bentuknya berubah menjadi salad maka banyak sekali sayurnya.

Selain itu, karena kami ingin salah satu menu yang dicoba adalah pure vegan, jadilah ayamnya diganti dengan tempe. Campuran dari romaine lettuce, mint, purple cabbage, carrot, red paprika, cilantro, roti naan dari chia seed, tempe tikka, dan tentunya dressing dengan saus khas tikka.

Menu ini unik dengan rasa yang khas. Menurut kami, menu ini akan cocok dengan kalian yang ingin naik ke tahap selanjutnya untuk mengenal menu vegan. Harganya juga worth it di Rp65.000.

Drinks

Minuman yang ada di The Roots Kemang juga tak kalah sehat. Kalian bisa memilih mulai dari infused water, iced rosella, matcha, iced matcha latte, cold brew coffee, dan cold brew latte. Pilihan susunya pun sudah diganti dengan almond atau oat milk untuk kalian yang pure vegan.

Ingin lebih ekonomis? Ada pilihan BYOT. Bring your own tumbler adalah pillihan di mana kalian bisa refill air putih dengan membawa tumbler kalian sendiri.

Silakan Bawa Doggy Kalian

Satu hal ini yang menjadi nilai lebih The Roots dibandingkan dengan salad bar lainnya di Jakarta. Semua pemilik anjing bisa membawa doggy-nya ke dalam The Roots karena memang salad bar ini ramah anjing.

Selain itu kalian juga bisa mengajak anjing kalian bermain di Como Park yang punya lapangan rumput untuk doggy. Ditambah kalian akan lebih mudah bertemu dengan komunitas dog lovers di sini. Asyik bukan?

Rekomendasi Kami

The Roots Kemang adalah pilihan terbaik untuk kalian yang ingin mencoba menu salad dengan suasana yang lebih homey. Lokasinya yang sedikit tersembunyi justru menjadi nilai lebih di mana akhirnya tak ada crowd berlebih di sini.

Tambahan lain adalah meet-nya harga dan rasa yang ditawarkan The Roots. Menurut kami, kualitas rasa dan porsinya sangat worth it. Untuk ukuran Kemang, Jakarta Selatan sekalipun The Roots terasa sangat ramah kantong.

Selain itu build restoran yang didominasi oleh konsep berkelanjutan menjadi nilai lebih tersendiri. Untuk kalian yang belum tahu, membuat restoran dengan konsep hijau itu punya banyak aturan main dan sulit. Jadi rekomendasi kami untuk kalian yang kepingin banget makan salad enak di Kemang, Cuma The Roots jawabannya.

Kalian bisa main ke lokasinya di Como Park, Jl. Kemang Timur No. 998, Kemang, Jakarta Selatan.

Related Articles

Connect with Nibble