Tips & Tricks

Tips Masak Pare untuk Hilangkan Rasa Pahit. Dijamin Efektif!

by Annisa Indah | May 12, 2021

Tips Masak Pare untuk Hilangkan Rasa Pahit. Dijamin Efektif!
Karena rasanya yang pahit, sebagian besar orang tidak suka makan pare, padahal ada tips masak pare untuk menghilangkan rasa getirnya. Pare merupakan buah yang sering dimasak sebagai lauk makan. Buah panjang dan bertekstur salur ini mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A dan C. Dilansir dari Healthline, pare juga memiliki senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, pare juga mengandung folat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Ditambah lagi pare juga memiliki sedikit jumlah potasium, zinc, dan zat besi. Dilihat dari kandungannya, pare termasuk sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi sayang, karena rasanya yang pahit, banyak orang lebih memilih sayuran lain ketimbang pare. Ternyata, pare bisa dihilangkan rasa pahitnya saat dimasak lho. Berikut ini kita bahas tips masak pare supaya rasa pahitnya hilang. Simak, yuk!

1. Hilangkan Bagian Tengah Pare

[caption id="attachment_19590" align="alignnone" width="1140"]tips masak pare Photo by Pittsburg Post-Gazzete[/caption] Salah satu bagian yang menyumbang rasa pahit adalah bagian tengah pare. Dilansir dari The Spurce, cara menghilangkannya adalah dengan membelah pare menjadi dua bagian. Kemudian, ambil sendok dan parut dengan ujung sendok sampai biji dan bagian tengahnya hilang. Jika bagian berwarna putih pare masih ada, terus kerok sampai terlihat bagian warna hijau. Kemudian, kamu bisa langsung iris-iris pare atau potong sesuai selera.

2. Rebus Terlebih Dahulu dengan Air Garam

[caption id="attachment_19589" align="alignnone" width="940"] Photo by Shun GATE[/caption] Tips masak pare yang kedua adalah dengan merebus pare terlebih dahulu dengan air garam. Cara ini cukup populer digunakan untuk menghilangkan rasa pahit dari pare. Tapi jangan terlalu lama merebusnya ya, Nibblers. Kalau terlalu lama bisa-bisa kandungan gizi dari pare bisa hilang. Selain direbus, ada juga yang hanya merendamnya dengan air garam selama 15 menit. Kamu bisa pilih salah satu cara untuk menghilangkan rasa pahit dari pare.

3. Pilih Jenis Pare yang Tidak Pahit

[caption id="attachment_19587" align="alignnone" width="1320"] Photo by South China Morning Post[/caption] Emangnya ada pare yang tidak pahit? Tentu ada dong. Kalau kamu belanja sayur, ada 3 jenis pare yang paling umum. Yaitu pare gajih atau pare putih (bentuknya panjang), pare hijau (rasanya pahit dan daging buahnya tipis), dan pare ular (berbentuk bulat panjang agak melengkung dengan warna kulit hijau keputihan). Jenis pare ular yang memiliki rasa yang tidak terlalu pahit. Nah, kamu bisa pilih jenis pare ini, ya.

 4. Rebus Bersama Daun Jambu Biji

[caption id="attachment_19586" align="alignnone" width="1000"] Photo by Pexels[/caption] Tips masak pare supaya tidak pahit lainnya yaitu merebus dengan daun jambu biji. Selain menjadi obat untuk diare, rasa kesat dari daun jambu biji juga dapat mengurangi rasa getir dari pare, lho. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan merebus pare yang sudah dipotong bersama dengan beberapa helai daun jambu biji selama 5 menit.  

5. Rebus dengan Tanah Liat

[caption id="attachment_19585" align="alignnone" width="1000"] Photo by Pexels[/caption] Teknik merebus dengan tanah liat biasanya digunakan untuk menghilangkan pahit di daun pepaya, tapi kamu juga bisa menggunakan teknik ini pada pare. Caranya cukup mengambil sedikit tanah liat untuk direbus bersama pare yang sudah biji dan selaput putihnya.

6.  Kombinasikan dengan makanan lain

[caption id="attachment_19584" align="alignnone" width="1000"] Photo by Pexels[/caption] Setelah menggunakan beberapa teknik di atas namun belum berhasil juga, kamu bisa menggunakan tips masak pare dengan mengombinasikan dengan makanan lain. Misalnya ditumis dengan ikan asin, ditumis dengan bumbu yang sudah kamu siapkan, dicelup bumbu kacang, atau diolah dengan telur kocok. Cara ini efektif untuk menetralkan rasa pahitnya yang tajam.   Itulah tadi tips masak pare agar rasa pahitnya hilang. Coba sendiri di rumah, yuk!