Foodies Guide To F&B Industry

Photo by the-metaphor

10 Food Court di Jakarta yang Punya Konsep Unik

October 16, 20196 min readReviews

Tempat makan di Jakarta itu nggak ada habisnya. Selalu ada tempat seru untuk dijelajahi. Buat kalian yang selalu pergi rame-rame, food court di Jakarta bisa menjadi destinasi kulineran terbaik. Alasan utamanya adalah karena biasanya di food court itu ada banyak pilihan makanan dan restoran sehingga bisa memuaskan selera setiap orang yang mungkin berbeda.

Tapi ada nggak ya food court di Jakarta yang berkonsep unik dan instagramable? Tenang, kali ini, kami akan merangkum 10 food court unik yang nggak akan bikin kalian bosan. Biar makin hits, yuk simak rekomendasinya berikut ini.

PHX

Photo source: @venijulianti

Ini dia food court di Jakarta andalannya warga Grogol, PHX. Hadir dengan konsep yang anak muda banget, PHX selalu ramai setiap saat. Tenant makanan silih berganti mengisi ruang di PHX. Saat ini tercatat ada lebih dari 10 tenant yang akan memuaskan perutmu saat nongkrong di sana. Kalau mencari makanan Indonesia, kalian bisa memesan Bebek Goreng dari Bebek Kaleyo. Ada pula Daebak Korean BBQ dan Jikasei Sushi & Ricebowl untuk pecinta makanan Asia.

Nah, makanan yang paling laris manis, unik, dan cuma ada di PHX Grogol adalah hotdog dari Dogkyo. Dogkyo Magnitude yang mengawinkan American dan Japanese style menjadi menu andalan tempat ini. Dalam hotdog ini terdapat beef sausage yang juicy, tonkatsu sauce, buttered corn, Japanese mayo dan taburan katsuobushi yang berlimpah.

Buat yang nggak tinggal dekat Grogol jangan khawatir! PHX juga membuka cabang di Permata Hijau serta Bintaro.

Lokasi: Jl. Dr. Susilo Raya No.342, RT.5/RW.5, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Warung Wakaka

Photo source: detikfood

Jika diperhatikan sekilas, konsep Warung Wakaka ini seperti food court di Jakarta. Namun, jika kalian menelusuri lebih lanjut, semua tenant yang ada di dalamnya sebenarnya milik Warung Wakaka. Tempatnya enak, cukup luas, dan dihiasi dengan ornamen kekinian. Jadi nggak perlu heran kalau antriannya selalu panjang.

Makanan yang ditawarkan nggak jauh-jauh dari comfort food kesukaan orang Indonesia, seperti Indomie goreng, sate taichan, nasi goreng, atau grilled cheese sandwich.

Lokasi: Jl. Pluit Karang Barat P2, RT.3/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara.

Food Lab

Photo source: mylittlecolorbox

Kalau jalan-jalan ke Mampang, kalian bisa mampir ke Food Lab. Dari luar, food court di Jakarta yang satu ini tampak gemerlap. Hal lain yang bikin tempat ini beda dan diminati foodies adalah tampilannya yang warna-warni.

Restoran yang mengisi space di Food Lab cukup beragam. Ada Kopi Kanto, Sushi Miya8i, Martabak Bro, atau Let’s Toast yang bisa menjadi pilihan tepat saat perut keroncongan.

Lokasi: Jl. Kapten Tendean No.41, RT.2/RW.3, Kuningan Barat, Jakarta Selatan.

M Bloc Space

Photo source: @foodirectory

Jakarta Selatan punya tempat nongkrong kece yang masih baru banget. Namanya M Bloc Space yang menempati bangunan mangkrak milik Peruri di daerah Blok M. Banyak yang memprediksi, tempat ini akan jadi hype karena konsepnya yang unik.

Saat masuk ke dalam M Bloc Space, kesan jadul akan langsung terasa karena bangunan tuanya tidak mengalami perombakan yang signifikan. Di sana terdapat deretan restoran yang konsepnya seperti food court di Jakarta. Beberapa tenant yang sudah buka di sana, antara lain Suwe ora Jamu, Tjikini, Titik Temu Coffee, Chickro, dan masih banyak lagi.

Serunya lagi, tempat ini juga punya venue yang rutin dijadikan gig untuk band-band indie yang ciamik.

Lokasi: Jl Sisingamangaraja 37 AH, RT.1/RW.1, Melawai, Jakarta Selatan.

XYZ District

Photo source: Traveloka

Beralih ke daerah Green Ville, kalian bisa hang out di XYZ District saat mencari food court di Jakarta ya kece. Di sini kalian bisa makan di area outdoor atau indoor. Mau nge-beer atau ngopi, pilihannya cukup lengkap. Untuk urusan perut, kalian bisa mengandalkan Fat Boys Warung Wagyu untuk mencicipi Wagyu Don. Pork Knuckle dari Hoghock juga patut dicoba kenikmatannya.

Lokasi: Sunrise, Jl. Surya Wijaya Raya, Jl. Taman Ratu Indah No.8, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

OTW Food Street

Photo source: @foodirectory

Nama OTW Food Street harus selalu ada saat membahas food court di Jakarta. Keberadaannya bisa dibilang mencetus ide banyak orang untuk menghadirkan food court dengan konsep modern dan menyediakan makanan beragam yang lagi hits.

Dengan begitu banyaknya pilihan menu di OTW, kalian mungkin bingung untuk memutuskan mau makan apa. Sekedar informasi, Long John Bread menjadi salah satu menu yang paling banyak dipesan di sini. Setangkup roti panjang berisi beef paste, egg, dan veggies ini bisa dimakan oleh dua orang lho karena porsinya yang besar.

Tak hanya itu, nasi uduk, steak, bakso, hingga kue cubit juga bisa kamu temukan di food court ini.

Lokasi: Jl. Raya Kelapa Kopyor Blok BA 2 No.1, RT.2/RW.9, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Crumble Crew

Photo source: Manual

Food court di Jakarta kekinian ini berlokasi di Senopati. Crumble Crew terkenal dengan tempatnya yang cozy dan ramah bagi para pesepeda atau pelari. Hal ini terlihat dari adanya Cyclo Coffee & Apparel yang akan menyambut kalian begitu masuk ke dalam Crumble Crew. Tempat ini menjual perlengkapan cyclist lho.

Jika menelusurinya lebih jauh, terdapat tenant lain yang bisa kamu pilih untuk mengisi perut. Salah satunya adalah Big Bowl & Co yang merupakan spesialisnya healthy bowl. Selain itu, ada Kookie.do untuk kalian yang nggak bisa lepas dari dessert.

Lokasi: Jl. Tulodong Bawah No 1A, SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

ShopHaus

Photo source: Manual

Siapa sih yang nggak tau food court di Jakarta yang satu ini? Adalah ShopHaus yang menjadi rumah untuk beberapa restoran hits. Lokasinya cukup strategis, yaitu di Menteng. Cocok bukan untuk menjadi pemberhentian selepas pulang kerja?

Konsepnya sebenarnya lebih ke lifestyle joint karena tak hanya tenant makanan saja yang ada di sini, tapi juga ada barbershop dan butik sambung bulu mata. Interiornya didesain sangat nyaman, banyak spot Instagramable pula, dan makanannya juga bikin betah berlama-lama.

Di sini kalian bisa mencoba Gelato Secrets, smoothie bowl dari Berrywell, ngopi di Pigeonhole Coffee, dan mencoba choux pastry hits kebanggaan Namelaka.

Lokasi: Jl. Teuku Cik Ditiro No.36, RT.10/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat.

Senayan City – Delicae

Photo source: Food Steps Journal

Setelah membahas food court di Jakarta yang berada di luar mall, kali ini kita akan mengajak kamu mencoba makanan yang ada di food court Delicae, Senayan City. Delicae merupakan konsep rebranding dari Food Studio yang ada di Senayan City sejak mall ini berdiri. Mengusung konsep yang berbeda, Delicae menciptakan suasana upscale yang mewah, ini terlihat juga dari tagline yang diusungnya, “A Kitchen with a Soul”.

Di dalamnya terdapat sekitar 21 restoran favorit yang bisa kamu pilih, seperti Bakmi GM, Bakso A Fung, Bebek Bengil Express, Chapayom, D'Crepes, Golden Lamian, Gyoza Bar Express, Just One Bite, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Senayan City Lt. 5, Jl. Asia Afrika, Jakarta Selatan.

Grand Indonesia – FoodPrint

Photo source: the-metaphor

Masih ingat dengan Food Louver yang ada di Grand Indonesia? Awal tahun lalu, food court di Jakarta ini berubah wajah menjadi FoodPrint. Konsepnya tentu lebih ciamik dengan area yang 30% lebih luas. Interiornya ditata minimalis, namun perabotan yang terbuat dari bahan kayu dan stainless steel membuat food court ini tampak Instagramable.

Untuk tenant yang mengisi di FoodPrint tak perlu ditanya. Jumlahnya banyak dan varian makannya lengkap. Beberapa di antaranya adalah Halal Guys, Sushi Go, Sophie Authentique, The Good Stuffs, dan lain-lain.

Lokasi: Grand Indonesia, West Mall Lantai 5, Jalan M.H. Thamrin No. 1, Jakarta Pusat.

Seru banget kan rekomendasi food court di Jakarta yang barusan kita bahas? Menurut kalian food court mana yang paling hits dan wajib disambangi?

Related Articles

Connect with Nibble