Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Shutterstock

10 Makanan Paling Ekstrim yang Pernah Dimakan Manusia

January 2, 20204 min readInside Stories

Setelah beberapa waktu yang lalu kita membahas tentang makanan ekstrim yang ada di Indonesia, kini saatnya berkeliling dunia dan mengeksplor makanan-makanan teraneh yang pernah dimakan oleh manusia.

Yup, dunia ini nggak hanya penuh dengan makanan yang lezat, berbagai makanan ekstrim dari tarantula, telur semut, sampai bola mata ikan tuna juga menjadi santapan favorit orang-orang di belahan dunia tertentu.

Sudah siap uji nyali untuk menyimak berbagai makanan ekstrim tersebut? Yuk simak bahasannya berikut ini.

1. Bola Mata Ikan Tuna

Photo source: Chef Epic

Makanan ekstrim pertama yang akan kita bahas berasal dari Jepang. Agaknya orang Jepang sangat cinta kepada ikan sampai-sampai mereka tidak ingin membuang-buang bagian tubuh dari ikan tuna yang mereka gunakan sebagai sushi. Jika kalian jalan-jalan ke pasar atau supermarket di Jepang, kalian akan menemukan bola mata ikan tuna dijual murah di sana. Biasanya orang Jepang mengolah bola mata tersebut dengan cara merebusnya dan membumbuinya dengan kecap asin serta bawang putih. Lucunya, bola mata ikan ini terasa seperti cumi-cumi yang gurih. Mau coba?

2. Balut

Photo source: explorehanoi

Kalian pasti pernah mendengar makanan ekstrim yang satu ini. Adalnya dari negara tetangga kita, yaitu Filipina. Balut merupakan telur bebek yang berisi embrio bebek yang sedang berkembang di bawah cangkang telur. Telur berisi embrio ini kemudian direbus hidup-hidup, lalu dimakan dengan bumbu garam, cabai, dan cuka. Biasanya orang-orang menikmati makanan ini dengan cara memecah sedikit cangkang di bagian ujung telur, lalu menegak seluruh cairan yang ada di dalam telur, kemudian merasakan sensasi embrio bebek yang sudah memiliki tulang, bulu, dan lainnya.

3. Tarantula

Photo source: Flickr - Igor Prahin

Beralih ke Kamboja, kalian bisa menikmati makan siang lezat dengan tarantula crispy. Makanan ekstrim ini pertama kali disantap oleh orang Kamboja yang mengalami bencana kelaparan saat berada di bawah rezim Khmer. Siapa sangka, makanan aneh ini akhirnya populer dan sering disajikan sebagai cemilan oleh masyarakat lokal. Penasaran dengan rasanya? Banyak yang bilang, tarantula goreng ini terasa seperti kepiting.

4. Telur Semut

Photo source: RoughGuides

Masih dari salah satu negara di kawasan Asia Tenggara, kini ada Laos yang terkenal dengan sup telur semut putihnya. Sup yang sering disebut sebagai Gaeng Kai Mot Daeng ini jelas tidak biasa. Di dalamnya terdapat kombinasi antara telur semut yang berisi embrio semut putih, ditambah setumpuk bayi-bayi semut yang menyumbangkan rasa asam pada sup ini. Jika kalian berani mencicipinya, kalian akan merasakan sensasi rasa yang lezat dan sedikit mirip dengan rasa udang.

5. Telur Seabad

Photo source: Chope

Saat menemukan telur busuk, kita pasti akan otomatis membuang telur tersebut, bukan? Lain halnya dengan masyarakat Tiongkok. Mereka justru sengaja menyimpan telur dalam wadah tanah liat dan menyelimutinya di dalam abu serta garam sampai membusuk berbulan-bulan. Telur ini sering dijuluki ‘telur seabad’ di mana kuning telurnya berubah warna menjadi hijau tua dan aromanya seperti bau belerang.

6. Ulat Sagu

Photo source: Traveloka

Ternyata tak hanya orang Papua saja yang menyantap panganan ulat sagu. Masyarakat dari beberapa negara di Asia Tenggara juga melakukannya. Ulat sagu ini sering dikatakan terasa seperti cream ketika dimakan mentah-mentah, namun terasa meaty layaknya bacon saat dimasak.

7. Shirako

Photo source: sunnysidecircus

Saat mendengar nama makanan yang satu ini, kalian mungkin tidak menyangka kalau ini merupakan makanan ekstrim yang akan membuat kalian bergidik ngeri. Shirako ternyata adalah kantung sperma ikan cod. Shirako ini bertekstur lembut dan creamy. Biasanya shirako disajikan dengan cara dikukus atau digoreng.

8. Casu Marzu alias Keju Busuk

Photo source: AddGoals

Tak hanya negara di Asia yang memiliki deretan makanan ekstrim. Jika kalian ke Italia, ada casu marzu yang merupakan makanan tradisional Sardinian yang terbuat dari keju susu domba. Nah, di dalam keju tersebut, terdapat belatung hidup yang bergerak-gerak menarik perhatian. Untuk orang yang ngeri dengan adanya belatung, mereka biasanya akan membunuh binatang tersebut dengan cara memasukkan keju ke dalam lemari es. Namun, untuk mereka yang punya nyali besar, keju tersebut akan dimakan bersama belatung hidup-hidup.

9. Airag, Bir dari Susu Kuda

Photo source: Mongolia FAQ

Susu kuda mungkin sudah familiar di telinga kita, tapi tidak untuk susu kuda yang difermentasi. Makanan ekstrim ini ternyata sangat normal disajikan di Mongolia. Masyarakat lokal biasanya membuat minuman semacam bir bernama airag yang dibikin dari susu kuda. Susu ini dibiarkan berfermentasi menjadi cairan bersoda, terasa asam, dan mengandung alkohol. Masyarakat lokal menghidangkannya dalam wadah berbentuk mangkuk tradisional.

10. Sannakji, Gurita Hidup dari Korea

Photo source: koogle

Makanan ekstrim lainnya datang dari Korea. Di Korea, terdapat hidangan bernama sannakji yang merupakan bayi gurita hidup yang disantap mentah-mentah dengan bumbu kecap asin. Hati-hati saat mencicipi ini, bayi gurita dapat menempel di tenggorokan kita karena masih hidup.

Bagaimana, apakah kalian makin tertantang untuk mencoba makanan ekstrim di atas atau justru tidak tertarik sama sekali?

Related Articles

Connect with Nibble