Foodies Guide To F&B Industry

Photo by @kulinerkotajakarta

10 Sei Sapi Jakarta yang Paling Nggak Bisa Dilupain Rasanya

October 23, 20196 min readFoodie Trends

Kepopuleran sei sapi semakin melambung dewasa ini. Sajian ini berasal dari Nusa Tenggara Timur, tepatnya diciptakan oleh suku Rote. Se'i sebenarnya tidak hanya merujuk pada daging sapi saja. Di tempat asalnya, daging se'i bisa dibuat dari berbagai macam sumber protein, seperti daging sapi, daging babi, daging ayam, bahkan awalnya menu ini mulai dibikin dengan daging rusa.

Se'i ini diambil dari bahasa rote yang artinya ‘dipotong memanjang’. Ya, daging yang digunakan untuk menu ini memang diiris panjang dengan lebar sekitar 2-3cm. Potongan daging tersebut kemudian dimarinasi menggunakan garam serta rempah-rempah, sebelum akhirnya  dimasak dengan cara diasap pakai kayu kosambi.

Jenis kayu inilah yang membuat sei sapi beraroma wangi dan terasa unik. Tak heran jika bumbu dan wanginya sangat menyerap ke dalam daging, proses pemasakannya saja memakan waktu sampai 9 jam lho.

Kini jika mau mencicipi sei sapi, kalian tak perlu lagi harus ke Nusa Tenggara Timur karena di Jakarta ada sejumlah tempat makan sei sapi yang recommended untuk dicicipi. Mau tahu di mana saja? Simak yuk guidenya berikut ini.

Daging Asap Sambal Se'i Sapi

Photo source: @agakenyang

Restoran sei sapi di Jakarta ini menawarkan berbagai macam daging se'i yang enak-enak. Tak hanya bisa menemukan sei sapi, Daging Asap Sambal Se'i Sapi juga menawarkan sei ayam, sei sapi low fat, dan sei lidah sapi. Semua ditawarkan dalam porsi small, regular, large, dan platter.

Asiknya lagi, kalian bisa menikmati daging se'i dengan beberapa macam sambal yang tersedia, seperti sambal matah, sambal rica yang level kepedasannya paling tinggi, sambal ijo, lada hitam, dan sambal lu’at. Jangan lupa untuk pesan sayur daun singkong ya agar sesi makan se'i makin berkesan.

Lokasi: Jl. Tanjung Duren Utara 4 No. 228, Tanjung Duren, Jakarta

Se'ilera Sei Sapi

Photo source: @_erosuke

Untuk kalian yang berada di daerah Bintaro atau BSD, mari melipir ke Se’ilera Sei Sapi. Se'i di sini sangat spesial karena disajikan di atas wadah kayu sehingga terlihat elegan. Menu yang paling banyak diincar di sini adalah Se’i Sapi. Menu ini menggunakan daging asap US Angus yang disajikan dengan pilihan sambal, rumpu rampe, dan kuah kaldu yang gurih. Urusan sambal, kami merekomendasikan sambal lu’at yang rasanya tidak terlalu pedas, tapi membekas di hati.

Lokasi: Jl. Kesehatan Raya No. 30, Bintaro, Jakarta

Se'i Sapi Narama

Photo source: @jktfoodbang

Restoran sei sapi di Jakarta ini berlokasi di dalam Moss Cafe Lebak Bulus. Mereka terkenal punya olahan daging se’i yang rasanya bikin jatuh cinta. Kalau butuh bukti, pesan saja Jumbo Se’i Sapi Sambal Matah yang dijual dengan harga sekitar Rp45.000 saja. Dagingnya cukup banyak, rasa dagingnya sangat khas, dan sambalnya yummy abis.

Lokasi: Moss Cafe, Jl. Lebak Bulus 1 No. 59, Lebak Bulus, Jakarta

Koka Sikka Se'i Sapi

Photo source: @helloimmaru

Jika kalian menginginkan sensasi makan sei sapi di pasar, datanglah ke Koka Sikka Se'i sapi di Pasar Santa. Rasa se'i sapinya sangat smokey dengan tekstur daging yang cukup empuk. Saat dikombinasikan dengan cita rasa sambal lu’at yang pedas dan segar, kalian akan merasakan aroma yang gurih dan menggigit. Kuah kaldu yang tersedia pun terasa pas untuk cuci mulut setelah usai menyantap habis hidangan sei sapi yang berlemak.

Lokasi: Pasar Santa, Lantai 1, Jl Cipaku I, Senopati, Jakarta

Se'i Kesambi

Photo source: @foodiekeliling

Se'i Kesambi menjadi destinasi utama pecinta daging se'i di Kelapa Gading untuk memuaskan hasratnya. Sebenarnya Se'i kesambi merupakan spesialis se'i babi. Rasa daging babi asap di sini tidak perlu ditanya, enak banget. Apalagi saat dicocol dengan sambal lu’at yang super pedas. Buat yang tidak bisa makan babi, tak perlu khawatir karena Se'i Kesambi juga punya sei sapi yang tidak kalah nikmat. Makanlah dengan nasi hangat, sayur bunga pepaya singkong yang tidak pahit, serta telur goreng dan sambal lu’at.

Lokasi: Jl. Boulevard Raya, Blok WD 2 No. 3A, Kelapa Gading, Jakarta

Sei'ra - Makanan Khas NTT

Photo source: @seira_sei

Green Ville juga punya tempat makan daging se'i andalan yang wajib kalian cicipi, yaitu Se’ira. Tempat makan ini adalah jagoannya se'i babi. Yang suka pedas, wajib mencoba NC Se'i Pedas yang terdiri dari nasi putih hangat, se'i babi, se'i babi pedas, sate, daun singkong, bunga pepaya, dan kuah bakut. Rasa gurih pada daging sangat mendominasi, bumbunya pun meresap ke dalam daging. Siap-siap kekenyangan karena porsi yang disediakan tidak pelit.

Lokasi: Jl. Taman Ratu Kemuning, Blok F8 No. 3A, Taman Ratu, Green Ville, Jakarta

Se'i Kupang 88

Photo source: @aaron.handajani

Pamor restoran sangat terkenal di kalangan penyuka se'i daging. Memang tidak ada se'i sapi yang disediakan di sini, tapi se'i babinya layak mendapat acungan jempol. Menu andalan mereka adalah se'i samcan yang isinya samcan semua. Rasanya gurih dan kriuk-kriuk.

Uniknya lagi, daging se'i di sini juga dikombinasikan dengan mie hitam dan nasi goreng. Jangan lupa juga untuk mencicipi sup kacang merah yang rasanya segar dan seperti makanan rumahan yang ngangenin.

Lokasi: Jl. K.H. Moh. Mansyur No. 44A, Gajah Mada, Jakarta

Se'i & Co

Photo source: @kakefoodie

Nama Se’i & Co memang masih baru dalam dunia per se’i-an, tapi jangan salah, daging se'i yang dihidangkan sangat juara. Jika restoran lain hanya memberikan satu pilihan sambal saja, kalian bisa menikmati tiga jenis sambal yang berbeda saat memesan paket  BBQ Se'i Sapi Reguler. Isi daging dalam paket ini sebanyak 80 gram dan dilengkapi dengan tumis daun singkong serta kuah yang gurih.

Lokasi: Live Yard, Jl. Tanjung Duren Raya No.61, Tanjung Duren, Jakarta

Se.Ko.Tak

Photo source: @foodinrupiah

Siapa yang hobi memesan GOFOOD saat lapar mendera, tapi tubuh mager untuk pergi ke restoran? Kalian bisa pesan Se.Ko.Tak untuk menyantap daging se'i di rumah. Meski belum ada restoran resminya, nama Se.Ko.Tak sudah dikenal di jagat maya.

Semua sei sapi yang ditawarkan 100% halal karena hanya terbuat dari daging sapi dan daging ayam. Meski halal, rasa juicynya seenak daging non halal. Wangi asapnya begitu menggoda saat kotak dibuka. Dagingnya terasa gurih dan enak, meski belum disantap bersama sambal.

Lokasi: Pulomas, Jakarta Timur (Instagram: @se.ko.tak)

Kedai Mini Tapi Se'i Sapi

Photo source: @kedaitapimini

Kalau lagi jalan-jalan ke daerah Kuningan, kalian bisa mampir di Kedai Mini Tapi Se’i Sapi untuk menikmati seporsi se'i daging di sini. Harganya murah meriah, hanya dengan Rp.25.000 saja, kalian akan dipuaskan dengan seporsi daging asap dan sayuran. Istimewanya lagi, mereka juga punya pilihan se'i ayam untuk kalian yang sedang diet.

Lokasi: Rasuna Garden Street Food, Jl. Epicentrum Tengah No. 3, Kuningan, Jakarta.

Ternyata seterkenal itu daging se'i khas Nusa tenggara Timur di Jakarta. Jadi, yang mana daging se'i kesukaan kalian?

Related Articles

Connect with Nibble