Foodies Guide To F&B Industry

Photo by blog.queensland.com

11 Restoran Seafood Murah Tapi Enak di Jakarta

October 3, 20196 min readFoodie Trends

Sebagai bangsa yang memiliki kaitan erat dengan laut, masyarakat Indonesia begitu menggemari beragam makanan yang berasal dari lautan. Tak heran jika begitu banyak restoran seafood dibuka di semua wilayah di negeri ini. Bahkan, Menteri Kelautan dan Perikanan RI sudah mewanti-wanti agar masyarakat lebih banyak lagi mengonsumsi makanan olahan laut.

Mulai dari kedai yang berada di pinggir jalan, hingga restoran bintang lima yang berada di dalam mall atau gedung sendiri seakan bersaing menawaekan hasil olahan laut terbaik mereka.

Lagi pengen makan seafood hari ini tapi dompet lagi nangis? Tenang, berikut ini kami berikan 11 restoran seafood dengan harga dibawah Rp100.000 per orang!

Seafood City by Bandar Djakarta

Photo source: Seafood City

Restoran yang satu ini sering disebut sebagai anak dari Bandar Djakarta. Satu hal yang pasti, harga menu makanan di Seafood City tidak semahal Bandar Djakarta. Di restoran seafood satu ini, setiap hidangan dihitung berdasarkan berat per 100 gram. Salah satu menu andalannya adalah kepiting. Kepiting di Seafood City dikenal memiliki daging yang sangat empuk.

Di restoran ini, view adalah andalannya. Kalian langsung bisa melihat laut dari Seafood City. Ini dikarenakan restoran ini memang bertempat di mall yang tepat berada di pinggir pantai utara Jakarta.

Lokasi: Seafood City by Bandar Djakarta, Bay Walk Mall, Ground Floor, Jl. Pluit Karang Ayu, Pluit.

Kerang Kiloan Pak Rudi

Photo source: @kerangpakrudi

Sesuai namanya, restoran seafood yang satu ini menjadikan kerang sebagai menu andalan. Beragam jenis kerang dapat kalian temukan di sini, mulai dari kerang hijau, dara, bulu, hingga salju.

Tersedia juga 2 macam paket yang bisa kalian pilih jika datang tidak sendirian ke Kerang Kiloan Pak Rudi. Ada paket berdua A dan B dengan harga Rp50.000 dan Rp55.000 untuk berdua atau paket rame-rame dengan harga Rp155.000 untuk 3 kg kerang. 

Lokasi: Kerang Kiloan Pak Rudi, Teras Agogo, Jl. Patiunus No. 9, Blok M.

Fish Village Restaurant

Photo source: @fish_village.id

Jika kalian datang ke Fish Village siap-siap untuk antre ya. Bahkan di kala weekend, waiting list bisa mencapai 30 menit. Keramaian restoran yang satu ini sudah menunjukkan bahwa setiap makanannya sangat wajib untuk dicoba. Tapi tenang saja, selama menunggu kalian bisa menikmati infused water sehingga tidak akan kehausan.

Menu andalan dari Fish Village adalah Fish Village Special. Menu yang satu ini berisi gabungan sea food, seperti udang, kerang batik, bakso ikan, kulit ikan, dan daging ikan, yang disajikan bersama dengan bihun kasar. Kuah sajian ini adalah juara! Rasanya sangat ringan dan akan membuat kalian ketagihan untuk menyeruputnya!

Lokasi: Fish Village Restaurant, Jl. Pluit Permai Raya No. 37, Pluit.

Pondok Mutiara 68

Photo source: @pondokmutiara68

Tidak seperti tipikal kedai makan pinggir jalan, Pondok Mutiara 68 sudah mulai berjualan pada pukul 11:00 dan tutup pada pukul 22:00. Tempatnya yang bersih dan luas menjadi nilai plus dari kedai ini.

Semakin malam semakai ramai pula kedai yang satu ini dikunjungi. Saus padang menjadi salah satu andalan dari Pondok Mutiara 68. Dengan harga yang cukup murah kalian sudah bisa mendapatkan porsi makanan yang sangat mengenyangkan.

Lokasi: Pondok Mutiara 68, Jl. Tebet Barat Dalam Raya No. 50, Tebet.

Fish Streat

Photo source: @fishstreat

Lagi mencari fish & chips yang murah tapi enak? Yuk datang ke Fish Streat. Restoran seafood yang satu ini sudah lama menjadi pilihan ketika dompet sudah mulai menipis tetapi nafsu kulineran masih menggebu. 

Yang unik, tersedia saus jamur seperti saus yang sering dipakai dalam pasta. Ini dikarenakan Fish Streat memiliki menu pasta yang dipadukan dengan ikan. Ternyata paduan antara pasta dan 

Lokasi: Fish Streat, Jl. Kesehatan Raya No. 28, Sektor 1, Bintaro.

Indah Seafood 94

Photo source: iborntobite.com

Indah Seafood 94 memiliki tempat yang strategis dan luas sehingga cukup nyaman untuk dijadikan tempat berkumpul bersama teman ataupun keluarga.

Cumi goreng tepung menjadi menu andalan dari kedai ini. Bagian kulit luar yang crunchy tapi empuk di dagingnya membuatnya begitu dicari oleh banyak orang. Selain itu, ikan-ikan di Indah Seafood 94 juga dikenal memiliki ukuran yang cukup besar.

Lokasi: Indah Seafood 94, Jl. Hidup Baru, Gunung Sahari.

Kerang Kiloan Cipete

Photo source: Kerang Kiloan Cipete

Berbeda dengan restoran kebanyakan, di restoran yang masuk dalam daftar restoran seafood paling menggoda di selatan Jakarta ini kalian akan direkomendasikan untuk melakukan take away bukan makan di tempat. Ini dikarenakan restoran yang satu ini memiliki kedai yang cukup kecil dan selalu ramai didatangi, terlebih di weekend.

Pilihan paket dengan harga miring menjadi alasan utama banyak pengunjung datang ke restoran seafood ini. Dengan harga Rp160.000 kalian sudah bisa mendapatkan 1 ekor kepiting, 1 ekor lobster, dan 2 jenis kerang. Selain itu, di sini kalian juga bisa merasakan saus karamel pedas yang masih jarang dipakai di restoran seafood lain.

Lokasi: Kerang Kiloan Cipete, Jl. Cipete Raya No. 13, Fatmawati.

O! Fish

Photo source: @ofishid

Sejak pertama kali dibuka pada awal tahun 2016, restoran seafood yang satu ini tidak pernah sepi dikunjungi pengunjung. Selain karena memang dimiliki oleh salah satu artis ternama, O! Fish memang memiliki beragam menu seafood yang menggugah selera.

Terdapat 2 cara memasak yang bisa kalian pilih di restoran ini, yaitu fry dan pan sear. Aneka ikan yang tersedia juga memiliki range harga yang tidak terlalu mahal, yaitu antara Rp60.000 hingga Rp110.000. Tempatnya yang luas dan memiliki ambiance yang homey akan membuat kalian betah berlama-lama.

Lokasi: O! Fish, Ruko Graha Boulevard, Blok A No. 18, Jl. Boulevard Gading Serpong, Serpong Utara.

Seafood Ayu

Photo source: DetikFood

Biarpun bertempat di kaki lima, tetapi soal rasa kedai yang satu ini bisa diadu dengan restoran bintang lima. Untuk kawasan Kelapa Gading, Seafood Ayu adalah tempat makan seafood yang paling ramai.

Rasa bumbu saus padang di Seafood Ayu dikenal pedas dan nendang, cocok untuk dinikmati oleh penggila makanan pedas. Sayangnya, kalian harus bersabar jika memesan makanan di kedai yang satu ini. Ramainya tempat ini terkadang membuat pelayanan akan melambat.

Lokasi: Seafood Ayu, Ruko Inkopal, Blok A, Jl. Boulevard Barat, Kelapa Gading.

Wiro Sableng 212

Photo source: @mayofooddiary

Seperti nama tokoh pahlawan super yang menjadi legenda, restoran seafood yang satu ini juga merupakan sebuah legenda di kawasan utara Jakarta. Tidak salah jika kami memasukkan ke daftar restoran seafood terenak di Jakarta.

Sesuai namanya, rasa setiap makanan di Wiro Sableng memang benar-benar sableng. Banyak pilihan olahan laut yang bisa kalian pilih dan bisa dikatakan salah satu restoran seafood yang paling lengkap. Setiap bumbu dalam makanannya, baik kepiting, kerang, hingga ikan terasa hingga ke bagian daging terdalam. Kalian harus mencoba menu 

Lokasi: Wiro Sableng, Jl. Boulevard Raya Blok QH 3 No. 2 - 3, Kelapa Gading.

Kepiting Nyinyir

Photo source: pigeonidn.blogspot.com

Restoran seafood yang satu ini sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan foodies ketika kemunculan pertama kali beberapa saat lalu. Hingga saat ini restoran satu ini masih menjadi tujuan utama bagi orang-orang yang sedang mencari kepiting.

Memiliki 3 kedai yang tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan, Kepiting Nyinyir terkenal karena tidak menyediakan tempat untuk makan di kedainya. Kalian hanya bisa memesan untuk dibawa pulang atau lewat ojek online. Namun, jangan khawatir kepitingnya akan kurang segar ketika sampai di rumah karena kemasan dari Kepiting Nyinyir sudah didesain agar menjaga kehangatan dari makanan.

Lokasi: Kepiting Nyiyir, Jl. Yudistira, Blok B3 No. 24, Klender.

Siap untuk berburu seafood hari ini?

Related Articles

Connect with Nibble