Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Dok. Nibble by whattocooktoday.com

15 Kue Sus alias Choux yang Paling Meleleh di Lidah

October 29, 20198 min readFoodie Trends

Dulu mungkin kita mengenal kue sus sebagai jajanan tradisional yang bentuknya agak bulat dan berisi cream custard rasa vanila. Jika kalian mengira kue sus berasal dari Indonesia, kalian salah! Kue sus atau lebih dikenal dengan sebutan choux ternyata berasal dari Perancis. Adalah Catherine de Medici of Florence yang menjadi orang pertama pembuat adonan choux di tahun 1540.

Istilan choux sebenarnya merujuk pada adonan kue yang bertekstur renyah. Diberikan nama choux yang dalam bahasa Perancis berarti kol karena bentuk adonan ini saat sudah jadi seperti kol yang tidak beraturan. Selain renyah, karakter utama dari choux adalah adanya rongga di dalam adonan. Ini tidak berasal dari pengembang makanan, tapi dari tekanan uap.

Adonan choux kemudian digunakan untuk membuat berbagai macam pastry enak, seperti eclairs, buns, cream puff atau yang sering kita sebut kue sus, profiteroles, crullers, beignets, churros, funnel cakes dan masih banyak lagi.

Berhubung orang Indonesia sering mengasosiasikan choux secara spesifik sebagai kue sus, kali ini kita akan membahas tentang kue tersebut secara khusus. Seperti yang kalian tahu, kue sus klasik terkenal dengan cream puff atau vla berwarna putih yang terasa manis. Dewasa ini, penampilan dan isi kue sus semakin inovatif.

Bahkan di Jakarta ada beberapa gerai penjual choux yang berasal dari negara lain. Tentunya, choux yang ditawarkan memiliki keunikan tersendiri yang tak bisa kita dapatkan di Indonesia. Choux jaman sekarang menawarkan filling yang melimpah dan meleleh. Tak hanya terbatas pada bentuk bulat saja, ada juga kue sus yang bentuknya panjang seperti eclairs.

Buat kalian yang lagi mencari cemilan sore, simak yuk beberapa tempat untuk mencicipi kue sus alias choux terbaik di Jakarta.

Mihimihi

Photo source: @buncitfoodies

Gerai choux yang satu ini berasal dari Korea. Mihimihi masih hangat diperbincangkan para foodies karena outlet-nya baru saja buka awal Oktober lalu. Apa yang spesial dari kue sus ala MIhimihi? Seperti yang kalian lihat, tampilannya tidak bulat, tapi berbentuk lonjong.

Pemukaan adonannya pun tidak dibiarkan begitu saja. Terdapat taburan kacang yang crunchy. Warna adonan di permukaannya pun mengikuti varian rasanya. Untuk filling green tea berwarna hijau, dan strawberry berwarna pink.

Kenikmatan filling-nya tak perlu diragukan, custard-nya kental dan meleleh di mulut. Ada varian rasa Original, Chocolate, Matcha, Strawberry, Mango Ice Cream, dan Durian Ice Cream. Harganya sekitar Rp24.000 per pcs.

Lokasi: Mall Taman Anggrek Lt. G, Jl. Letjen S. Parman No.28, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Baked Magic

Photo source: @jktfoodseeker

Kalau tadi kita membahas choux ala Korea, sekarang ada Baked Magic yang spesialis menyajikan choux ala Jepang. Isian choux di sini sudah pasti unik khas cemilan Jepang yang lainnya. Tak hanya menawarkan varian original, kalian bisa mencoba rasa lain seperti matcha, coklat, pisang dan caramel. Kue sus di sini paling enak disantap dalam keadaan dingin agar kesegaran krimnya langsung terasa di lidah.

Lokasi: Gandaria City Mall, Lantai Lower Ground, Jl. Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Jakarta.

Namelaka

Photo source: @mic.84

Meramaikan deretan restoran di Shophaus, Namelaka hadir menawarkan kue sus kekinian dengan warna-warna ciamik yang sangat memanjakan mata. Layaknya seperti gerai donat, Namelaka punya begitu banyak varian rasa choux. Warnanya juga tidak terpaku pada adonan choux yang berwara coklat.

Di Namelaka, kalian akan menemukan choux warna warni, mulai dari warna merah, cokelat, hitam, atau orange, ada semua. Salah satu ragam rasa yang paling pecah di mulut adalah rasa Thai milk tea. Rasa choux sangat lembut dan sedikit crunchy. Bagian filling seperti saus kental yang akan luber seketika saat kalian membelah choux ini.

Lokasi: Shophaus, Lantai 1, Jl. Teuku Cik Ditiro No. 36, Menteng, Jakarta.

Choux Cream

Photo source: @chouxcreamjakarta

Jika kalian pecinta kue sus klasik, kalian pasti akan suka dengan choux cream. Bentuknya seperti kue sus pada umumnya, namun hadir dalam ukuran yang lebih besar. Banyak yang suka dengan filling rhum saat mencoba choux di sini. Lelehan krim rasa rhum terasa nikmat di lidah, ditambah porsi krimnya yang sangat banyak.

Lokasi: Living World, Lantai 1, Jl. Alam Sutera Boulevard, Serpong Utara, Tangerang.

Châteraisé

Photo source: @makanbiarsenang

Châteraisé mengusung konsep bakery khas Jepang di mana semua bahan pembuatnya diimpor langsung dari Jepang. Hasilnya, kalian akan merasakan pastry dengan kelezatan yang terjamin. Choux menjadi salah satu menu andalan Châteraisé. Apalagi yang rasa matcha, pasti selalu laris manis. Tak heran banyak yang jatuh cinta dengan choux di sini, teksturnya memang lembut dan manisnya pas. Filling-nya pun nggak pelit, tapi nggak bikin eneg.

Lokasi: Senayan City, Lantai Lower Ground, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta.

Beard Papa's

Photo source: @snapshotsoffood

Nama kue sus buatan Jepang yang satu ini tak hanya terkenal di Jakarta, tapi juga bisa ditemukan di Surabaya serta negara-negara lain dengan total 300 stores di seluruh dunia. Pamornya tentu membuat banyak orang penasaran untuk mencoba. Di setiap tokonya, Beard Papa’s hanya khusus menjual choux saja yang bisa dibeli secara lusin atau satuan.

Ragam rasa yang bisa dicoba cukup banyak, seperti vanilla, cocoa, cappuccino, green tea, durian, kurma, keju, milk tea, pisang, strawberry, dan masih banyak lagi. Tak hanya kue sus saja, kalian juga bisa mencicipi eclair serta mini puff yang tak kalah enak.

Lokasi: Pacific Place Mall, Lantai Lower Ground, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta.

Mr. Puff

Photo source: @mrpuffindo

Jajaran choux montok yang terlihat di etalase Mr.Puff sangat menarik perhatian. Tempat ini selalu jadi destinasi foodies saat ngidam kue sus atau sekedar butuh cemilan. Breagam racikan rasa filling choux bisa kalian dapatkan dengan harga yang bersahabat. Beberapa rasa yang sering mendapatkan pujian antara lain rasa rhum, green tea, dan chocolate.

Lokasi: Grand Indonesia Mall, Lantai Lower Ground, West Mall, Food Hall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta.

Hokkaido Ice Cream Puff

Photo source: @bandungfoodies

Siapa yang tidak kenal dengan popularitas Hokkaido Ice Cream Puff? Tempat dessert ini dikenal punya choux isi ice cream yang menyegarkan. Tekstur choux cukup renyah, dan ice creamnya pun melimpah. Kalian bisa merasakan choux dengan isi ice cream rasa rum & raisins, matcha, durian, black sesame, choco lovers, atau sweet caffeine. Hanya perlu modal Rp35.000 saja untuk mencicipi salah satunya.

Lokasi: PIK Avenue Mall, Lantai 2, Foodtown Dotonburi, Jl. Pantai Indah Kapuk, Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

AMKC Atelier

Photo source: @joyfultummy.id

Persepsi kalian tentang choux atau kue sus harus memiliki filling manis akan diubah oleh AMKC Atelier. Restoran ini tampil beda dengan menghadirkan Black Truffle Choux. Di dalam adonan choux, terdapat filling black truffle sauce. Rasanya seperti mushroom soup, sangat unik, dan lebih enak dimakan selagi hangat.

Lokasi: Plaza Indonesia, Lantai 1, Jl. MH. Thamrin, Thamrin, Jakarta.

Ann’s Bakehouse

Photo source: @annsbakehouse

Buat penggemar berat kue sus, rugi banget kalau tidak mencoba Profiteroles buatan Ann’s Bakehouse. Choux di sini ditata seperti menara, setelah itu disiram dengan saus coklat yang luber, manis, dan memanjakan lidah. Tak cukup sampai di situ, di dalam choux tersebut juga ada krim vla yang manisnya pas menjadi hidangan penutup sesi makan atau dessert untuk santai sore.

Lokasi: Jl. Sungai Sambas 3 No. 12, Melawai, Jakarta.

Moreau Chocolatier's Cafe

Photo source: @aksomoz_

Kamu pasti setuju kalau dessert di Moreau Chocolatier's Cafe nggak pernah gagal bikin perut happy? Semua dessert berlapis saus cokelat, tak terkecuali hidangan kue sus di sini. Hadir dalam ukuran yang cukup besar, choux di Moreau berisikan cream vla yang cukup banyak. Rasanya makin nendang saat disiram dengan secangkir saus cokelat sebagai toppingnya.

Lokasi: Jl. Kemang Raya No. 24, Kemang, Jakarta.

Garcon

Photo source: @bistrogarcon

Kurang afdol rasanya jika tidak mencicipi choux di restoran Perancis. Jika ingin menikmati choux autentik dari negara asalnya, kalian bisa mampir di Garcon. Choux bernama Religieuses au Chocolat menjadi dessert signature yang legendaris dari restoran ini. Bentuknya super cantik dengan tekstur garing di luar dan empuk di dalam. Isian coklat di dalamnya juga menambah kenikmatan kue sus yang satu ini.

Lokasi: Plaza Senayan, Lantai 4, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta.

Pand’Or

Photo source: @pandorcakes

Tampilan cantik dari choux khas Pand’Or sangat mempresentasikan atmosfer restoran yang elegan sehingga sering menjadi venue acara-acara spesial. Profiteroles di sini perfect untuk menjadi hidangan pencuci mulut sehabis manyantap hidangan utama. Dalam satu porsi, kalian akan dimanjakan dengan tiga buah choux berisi cream dengan rasa yang berbeda-beda.

Lokasi: Jl. Wijaya 1 No. 60, Dharmawangsa, Jakarta.

Tous Les Jours

Photo source: @bingung_makan_apa

Choux mini dengan isian coklat yang manis dari Tous Les Jours bisa diandalkan saat kalian ngidam kue sus. Rasanya unik, tidak terlalu manis, dan ukurannya pun kecil-kecil. Kue istimewa ini dibanderol dengan harga sekitar Rp6.000 saja per buah.

Lokasi: Senayan City, Lantai 5, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta.

Maison Weiner Bakery

Photo source: @dini_irianto

Sebagai pecinta pastry, kalian wajib mengunjungi Maison Weiner Bakery. Toko ini merupakan bakery tertua di Jakarta yang sudah ada sejak tahun 1936. Mereka tentunya punya sajian kue sus yang fenomenal. Tak banyak inovasi, kue sus di sini disajikan apa adanya seperti pada umumnya. Tapi jangan remehkan rasanya, kualitasnya sangat terjaga sehingga terasa enak sekali. Wajar saja, rasa kue sus di sini sudah teruji sejak puluhan tahun yang lalu.

Lokasi: Jl. Kramat II No.2, RT.6/RW.7, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat.

Sangat menggoda ya pilihan kue sus atau choux yang ada di Jakarta? Untuk yang sudah tidak sabar mencoba, kalian bisa langsung meluncur ke tempat-tempat recommended tersebut sekarang juga!

Related Articles

Connect with Nibble