Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

7 Kesalahan Diet Pemula yang Sering Banget Kejadian

December 26, 20194 min readHealthy Foodie

Diet dan menurunkan berat badan sering sekali menjadi resolusi tahun baru banyak orang. Apakah kalian salah satunya? Apakah resolusi tersebut tercapai di tahun ini? Kalau masih gagal, jangan-jangan kalian melakukan kesalahan diet yang sering dilakukan pemula.

Yup, diet itu ada caranya agar efektif. Jika salah melakukan diet, hasilnya tidak akan maksimal. Nah, buat yang masih semangat untuk menetapkan ‘diet’ sebagai  resolusi di tahun depan, simak dulu yuk beberapa kesalahan diet yang harus kalian hindari.

Hanya Berfokus Pada Angka di Timbangan

Photo source: Freepik

Sudah capek-capek olahraga dan tersiksa karena tidak bisa makan enak, tapi kok angka di timbangan segitu-segitu aja? Nah, pemikiran ini harus kalian ubah.

Angka di timbangan hanya menunjukkan angka perubahan berat badan. Padahal berat badan itu sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti naik turunnya kadar cairan dan makanan yang tersisa dalam tubuh kita.

Berat badan bisa naik turun sampai 1,8 kg saat malam setelah kita mengonsumsi semua makanan dan minuman sepanjang hari. Selain itu, perubahan hormon yang biasanya terjadi pada perempuan juga menyebabkan penyerapan air besar-besaran dalam tubuh sehingga membuat berat badan bertambah.

Nah, kalau kita rutin berolahraga, angka pada timbangan juga bisa menunjukkan berat massa otot kita, sedangkan lemak dalam tubuh sebenarnya sudah mulai menghilang. Intinya, jangan terlalu terpaku pada angka di timbangan ya saat sedang program diet.

Tidak Sarapan

Photo source: Freepik

Melewatkan sarapan kelihatannya menjadi cara mudah untuk membatasi jumlah kalori yang masuk ke tubuh, sayangnya cara ini bisa membuat kita kelaparan sepanjang hari. Alhasil, kita akan ngemil selama kerja, makan dengan porsi lebih banyak saat makan siang, dan membuat jumlah kalori yang dikonsumsi jadi lebih banyak dari yang diperkirakan.

Agar diet efektif, kalian bisa memulai hari dengan asupan sarapan yang tinggi protein dan serat. Selalu ingat pula, banyak penelitian yang membuktikan kalau orang yang selalu sarapan di pagi hari dapat menjaga berat badan lebih baik.

Tidak Memikirkan Asupan Kalori dari Snack

Photo source: Freepik

Saat diet, kita mungkin sangat menghitung jumlah kalori dari makanan utama yang kita santap, tapi bagaimana dengan makanan ringan yang kita cemil sepanjang hari? Sebungkus kue kering di laci meja kantor, sepotong cake saat ada teman yang berulang tahun, atau sisa ice cream yang tidak habis dimakan anak, jika itu semua dijumlah, asupan kalori yang kita makan ternyata sangat banyak.

Nah, kalau kalian serius ingin menjalani program diet, kalian bisa mengunduh aplikasi yang dapat mencatat jumlah kalori dari semua makanan yang kalian makan. Agar kalian tahu seberapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Jika kalian penasaran dengan makanan seperti apa saja yang tetap aman untuk diet kalian, ini dia list ragam jajanan street food yang bagus untuk diet.

Tidak Ngemil Sama Sekali

Photo source: Freepik

Kebanyakan ngemil bisa bikin diet gagal, tidak ngemil sama sekali juga menjadi kesalahan diet yang sering dilakukan banyak orang. Ternyata, orang-orang yang terbiasa makan dengan porsi sedikit dan ngemil sepanjang hari terbukti bisa mengontrol rasa laparnya lebih baik dan menurunkan berat badannya lebih cepat.

Ngemil membuat sistem metabolisme dalam tubuh kita terus bekerja, apalagi jika kita ngemil makanan kaya protein, seperti kacang. Menurut penelitian, orang yang suka ngemil kacang cenderung punya berat badan yang ideal daripada yang tidak suka kacang.

Tidak Banyak Minum Air Putih

Photo source: Freepik

Ini dia kesalahan diet yang harus segera kita perbaiki. Air putih sangat penting untuk membakar kalori. Jika kita mengalami dehidrasi, proses metabolisme dalam tubuh kita akan terpengaruh, dan ini membuat proses penurunan berat badan berjalan lebih lambat. Agar ini tidak terjadi, biasakan minum segelas air putih setiap sedang ngemil atau makan.

Menhindari Susu dan Produk Turunannya

Photo source: Freepik

Orang yang sedang diet biasanya akan menghindari susu full-cream, keju, atau ice cream. Tapi tahu nggak, ternyata hal ini sangat kontras lho dengan niat kita untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh membakar lebih banyak lemak saat mendapatkan kalsium yang cukup. Hal yang lebih mengejutkan, tubuh kita ternyata dapat memproduksi banyak lemak saat kita kekurangan kalsium.

Kalian mungkin akan berpikir untuk mengonsumsi suplemen kalsium saja, tapi ternyata efeknya tidak sama seperti yang ditimbulkan oleh produk susu dan turunannya. Jadi jangan hindari sepenuhnya ya, pilih saja alternatif produk susu yang rendah lemak.

Melupakan Kalori dalam Minuman

Photo source: Freepik

 Saat menghitung kalori, kita pasti sering mengabaikan kandungan kalori dalam minuman. Ini dia kesalahan terbesar yang sering dilakukan para pediet pemula. Kalori dalam minuman berkafein, seperti kopi dan teh, minuman beralkohol, jus buah, terlebih boba bisa memiliki lebih dari 500 kalori per sekali minum.

Kalau dipikir-pikir, ternyata banyak juga ya kesalahan diet yang tidak kita sadari. Untuk menyambut resolusi di tahun baru, sebisa mungkin jangan ulangi lagi ya kesalahan-kesalahan di atas.

Related Articles

Connect with Nibble