Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Purwono NA - Traveltoday

8 Indikasi Crispynya Gorengan Pakai Plastik

January 23, 20204 min readHealthy Foodie

Semua orang Indonesia pasti suka banget sama yang namanya gorengan. Kudapan favorit ini memang tidak ada duanya. Teksturnya yang renyah bikin kita nggak bisa berhenti mengunyah. Kandungan kalorinya yang padat seakan bisa mengganjal perut kita sehingga sering dijadikan pilihan di sela-sela waktu makan besar.

Jenisnya pun sangat beragam, mulai dari yang gurih seperti tempe mendoan, bakwan, risol, dan tahu isi, yang kadang bisa berperan juga menjadi lauk temannya nasi. Dan ada juga gorengan bercita rasa manis, seperti bola ubi atau pisang goreng yang bikin kenyang. Cocok banget kan untuk memenuhi selera semua orang? Selain faktor-faktor tersebut, harganya yang murah meriah dan kemudahan untuk didapatkan juga bikin banyak orang nggak bisa lepas dari gorengan.

Fenomena Gorengan Pakai Plastik

gorengan pakai plastik

Photo source: @omahdjowo

Di balik kenikmatan gorengan, ternyata kita harus hati-hati banget karena tidak semua gorengan itu sehat. Kalian pasti pernah dengar tentang kasus gorengan yang mengandung plastik, kan? Kasus tesebut ternyata kerap dipraktikkan oleh penjual gorengan kaki lima karena dianggap menguntungkan mereka.

Para penjual gorengan yang nakal ini biasanya menggoreng bahan yang akan jadi gorengan dengan minyak yang juga dicampur plastik. Hasil gorengan memang tampak menggiurkan, tapi tentu saja, efek saat kita mengonsumsi gorengan pakai plastik ini tidak baik untuk tubuh.

Terlalu banyak makan gorengan saja bisa menimbulkan banyak efek negatif buat tubuh, apalagi makan gorengan pakai plastik. Proses metabolisme pada tubuh bisa terganggu, bahkan risiko kanker bisa saja kita alami dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, kita sebagai konsumen harus cerdas membedakan antara gorengan asli dan gorengan pakai plastik. Jangan sampai kesehatan kita menjadi taruhan hanya demi menyantap gorengan semata.

Terus bagaimana cara mengetahui gorengan pakai plastik? Simak yuk tipsnya berikut ini.

1. Penampilannya Cantik

gorengan pakai plastik

Photo source: @nomdicted

Pasti kalian pernah menemukan gorengan dengan warna mengilap yang cantik banget? Kilap pada gorengan sebenarnya merupakan hal yang wajar karena ini disebabkan oleh minyak yang masih menempel. Tapi kalau kilapnya berlebihan apalagi ketika gorengan sudah mulai dingin, kalian patut curiga, jangan-jangan kilap tersebut terjadi karena ada kandungan plastik yang digunakan untuk memasak gorengan tersebut.

2. Teksturnya Kriuk Meski Sudah Dingin

gorengan pakai plastik

Photo source: @koh_aming

Kalau kalian perhatikan, tekstur gorengan biasanya hanya renyah selama suhunya masih panas dan baru keluar dari penggorengan. Seiring dengan menurunnya suhu, tekstur gorengan pun turut berubah menjadi lebih lembek dan kerenyahannya pun hilang.

Nah, kalau kalian menemukan gorengan yang sudah dingin masih memiliki tekstur crunchy, lebih baik segera hindari. Itu adalah tanda gorengan pakai plastik. Kandungan plastik yang digunakan dalam minyak membuat kerenyahan gorengan awet sepanjang hari.

3. Ada Bercak Putih

Photo source: @kualihelena

Gorengan berplastik juga bisa dikenali dari munculnya bercak putih pada gorengan setelah suhunya dingin. Plastik yang ikut digoreng dalam proses pembuatannya tidak larut dalam minyak, tapi meleleh. Nah, kalau suhunya sudah dingin, plastik tersebut akan mengeras lagi dan bisa terlihat dari bercak putih yang muncul pada gorengan.

4. Aromanya Seperti Bau Gosong

Photo source: @the.lucky.belly

Aroma gorengan pakai plastik itu khas. Tidak seperti gorengan pada umumnya, kalian akan mencium aroma gosong atau aroma plastik terbakar pada gorengan tersebut. Tidak terlalu keras, namun jika dihirup dengan saksama kalian akan menemukan aroma tersebut.

5. Rasanya Agak Pahit

Photo source: @hungryfever

Tak hanya terlihat beda dari penampilannya saja, rasa gorengan pakai plastik juga tidak sama dengan gorengan biasa. Kalau kalian jeli, akan terasa sensasi pahit saat kalian mengonsumsi gorengan ini.

6. Meleleh Saat Dibakar

Photo source: @danaanjani

Kalau lagi iseng dan banyak waktu luang, kalian bisa mengecek apakah gorengan yang kalian beli mengandung plastik atau tidak dengan cara membakarnya. Saat gorengan pakai plastik terbakar, teksturnya akan meleleh. Apinya pun cenderung lebih besar, sama seperti plastik yang sedang dibakar. Jika ini terjadi, bisa dipastikan kalau gorengan tersebut pakai plastik.

7. Minyak Gorengan Terasa Lengket

Photo source: @the.lucky.belly

Kandungan minyak biasanya membuat gorengan terasa licin saat baru diangkat dari penggorengan. Tapi hal tersebut tidak terjadi pada gorengan pakai plastik. Kandungan plastik di dalam gorengan justru membuat tekstur minyak terasa lengket saat dipegang, persis seperti lelehan plastik dalam suhu tinggi.

8. Harganya Sangat Murah

Photo source: @the.lucky.belly

Ini dia indikasi yang paling mudah dideteksi, harga gorengan berplastik biasanya murah meriah dari penjual gorengan lainnya. Harganya bisa ditekan karena gorengan pakai plastik mampu mempertahankan kerenyahannya selama berhari-hari, sehingga gorengan yang tidak laku hari ini akan dijual kembali di keesokan harinya.

Tidak sulit bukan membedakan gorengan asli dan gorengan berplastik? Yuk lebih cermat lagi saat memilih gorengan agar tidak tertipu dan membahayakan kesehatan tubuh sendiri. Kalau kalian lagi mencari gorengan yang sudah terjamin aman, kalian bisa pilih 7 Jenis Gorengan di Jakarta yang Paling Laris berikut ini.

Related Articles

Connect with Nibble