Recipe

Resep Buncis Crispy Telur Asin Enak dan Gampang

by Cista Laksono | September 06, 2021

Resep Buncis Crispy Telur Asin Enak dan Gampang
Buncis crispy telur asin – beberapa tahun silam saus telur asin sempat menjadi tren di kalangan pecinta makanan. Beragam menu mulai dari hidangan pembuka, menu utama, sampai snack yang menawarkan rasa telur asin. Pengaplikasian telur asin pada makanan tidaklah sulit, cukup menjadikan kuning telur asin menjadi pasta dan menambahkan bahan utama serta sedikit tambahan garam dan merica. Rasa gurih asin menjadikan saus telur asin bisa dipadukan dengan banyak bahan makanan, salah satunya buncis. Menu buncis crispy telur asin cukup mudah ditemukan di restoran keluarga. Kombinasi sayur buncis dan protein dari telur membuat menu ini juga mudah digemari anak-anak. Selain sebagai pendamping makanan utama, buncis crispy bisa banget jadi alternatif finger food yang kaya tekstur dan padat gizi. Bersiap membuatnya, ini dia resepnya.

Resep Buncis Crispy Telur Asin

Untuk 2 porsi

Bahan:

  • 250 gram baby buncis/buncis manis segar
  • 2 butir kuning telur asin rebus
  • 200 gram tepung bumbu serbaguna siap pakai
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • Secukupnya garam dan merica
  • Secukupnya air
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

Buncis Crispy
  1. Kupas bagian serat samping buncis dengan cara memotong sedikit ujung buncis lalu menariknya searah serat hingga ke ujung lainnya. Lakukan untuk kedua sisi buncis. Buncis yang segar akan mudah terkelupas bagian seratnya. Lalu cuci bersih.
  2. Bagi tepung bumbu menjadi dua bagian. Pada satu bagian tepung, tambah air secukupnya saja agar adonan tidak terlalu encer. Sisihkan. Untuk satu bagian tepung lainnya, biarkan kering. Maka ada dua adonan tepung, basah dan kering.
  3. Masukkan buncis yang telah dibersihkan ke dalam adonan tepung basah, lalu angkat dan masukkan segera ke dalam adonan kering. Guling-gulingkan dan pastikan tepung menempel sempurna.
  4. Segera goreng buncis yang sudah ditepungi ke dalam minyak yang sudah panas. Patikan minyak banyak agar buncis dapat matang sempurna dan crispy. Goreng dengan api sedang. Angkat buncis yang sudah matang, lalu tiriskan.
Saus Telur Asin
  1. Haluskan kuning telur asin hingga tidak ada yang bergerindil, lalu tambahkan 3 sendok makan air. Aduk rata hingga menjadi pasta.
  2. Panaskan 2 sendok makan minyak goreng, tumis bawang putih hingga wangi. Jangan sampai terlalu cokelat dan gosong.
  3. Masukkan pasta kuning telur asin tambahkan sedikit air agar tidak menggumpal. Tambahkan garam, merica bubuk secukupnya. Aduk rata dengan cepat.
  4. Setelah air sedikit menyusut dan saus mengental, masukkan buncis crispy. Aduk rata dan matikan api.
  5. Buncis crispy telur asin siap dinikmati. Bisa jadi lauk atau cemilan.

Tips dan Trik

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan supaya buncis crispy telur asin buatanmu rasanya mantap.
  • Pilih buncis yang segar. Buncis segar memiliki tekstur yang renyah dan padat sehingga saat digoreng kulitnya tidak cepat kisut, rasanya pun manis.
  • Goreng dengan minyak banyak dan panas, pastikan suhunya stabil agar buncis crispy-mu tidak cepat layu juga tidak cepat gosong.
  • Goreng buncis cukup hingga berwarna kuning keemasan. Menggoreng buncis terlalu lama akan menghilangkan rasa manis buncis pula akan mengurangi banyak zat gizinya.
  • Cicipi kuning telur asin lebih dulu untuk tahu tingkat asinnya agar bisa menyesuaikan penambahan garam yang diperlukan.
Gimana nih Nibblers, berniat masak buncis crispy telur asin untuk menu makanmu Selamat mencoba.   Photos by: Cista Laksono, Nibble