Foodies Guide To F&B Industry

Photo by trip.com

8 Spot Staycation dengan Kuliner Enak di Bandung

December 16, 20197 min readFoodie Trends

Libur natal dan tahun baru segera tiba. Kota-kota besar akan segera terasa padat dengan banyaknya wisatawan yang mulai berdatangan. Salah satunya adalah Kota Bandung. Kota yang dikenal karena objek wisata dan ragam kuliner enaknya ini akan semakin macet jelang akhir tahun. Selain sebagai pilihan terdekat dari Jakarta, kuliner enak di Bandung juga gak pernah ada matinya.

Mengakali waktu yang habis di perjalanan, muncul juga konsep staycation. Hanya dengan datang ke satu tempat dan menghabiskan waktu di sana tentunya akan menghemat waktu dan tenaga bagi semua orang yang ingin berlibur.

Ingin berlibur ke Bandung tapi tidak ingin membuang tenaga lebih? Nih, kita punya 8 spot staycation dengan kuliner enak di Bandung berikut ini!

GH Universal Hotel Bandung -- Belle Vue

kuliner bandung

Photo source: foodgallerybdg.com

Hotel yang satu ini merupakan salah satu hotel yang menjadi ikon pariwisata dari Kota Bandung. Bagaimana tidak, desain bangunannya yang menyerupai bangunan megah di Benua Eropa memberikan kesan mewah yang tidak bisa kalian dapatkan di penginapan lain. 

Tempatnya yang berada di jalan utama menuju kawasan Lembang membuat kalian akan lebih senang untuk menghabiskan waktu di kawasan hotel saja. Ini dikarenakan jalan menuju Lembang selalu dipadati oleh kendaraan bermotor dan hanya akan membuang waktu kalian jika memutuskan untuk berwisata.

Beruntung fasilitas di GH Universal Hotel termasuk cukup lengkap. Selain memiliki taman yang sangat luas dan kolam renang, GH universival juga memiliki sebuah restoran yang instagramable.

Restoran yang memiliki nama Belle Vue ini terletak di rooftop GH Universal Hotel. Karena letaknya di lantai paling atas ini membuat pemandangan dari restoran ini juga sangat cantik. Apalagi pemandangan di malam harinya yang membuat kalian bisa melihat langsung lampu-lampu keramaian dari arah Kota Bandung.

Untuk masalah rasa, kalian dijamin akan puas makan di Belle Vue. Memiliki menu makanan yang didominasi oleh makanan Italia dan Prancis, varian pizza dan pasta menjadi andalan dari restoran satu ini.

Lokasi: G.H. Universal Hotel, Jl. Setiabudi No. 376, Cidadap, Bandung.

Kollektive Hotel -- Hara

Photo source: travelingyuk.com

Tumpukan kontainer adalah gambaran dari Kollektive Hotel jika kalian lihat dari luar. Namun, ternyata bagian dalam hotel ini mampu disulap menjadi cantik dengan ragam tanaman hijau yang sengaja digantung di selasar kamar.

Konsep yang sama juga diterapkan di restoran yang dimiliki oleh Kollektive Hotel, Hara. Kembali ke alam tampaknya menjadi salah satu konsep yang diusung salah satu hotel yang punya pilihan kuliner enak di Bandung ini. Desain restoran yang dipenuhi dengan tanaman membuat suasana menjadi segar dan pastinya akan menghilangkan kepenatan yang tengah kalian alami.

Salah satu spot dari Hara yang harus kalian kunjungi adalah rumah kaca. Rumah kaca ini juga dipenuhi oleh tanaman hijau yang digantung di langit-langit ruangan. Selain itu, beberapa bagian lain dari Hara menggunakan konsep open space sehingga akan membuat kalian berinteraksi langsung dengan alam.

Makanan di Hara juga cukup lengkap. Beragam menu International dapat kalian temukan di restoran ini. Juaranya adalah ragam steak yang cukup lengkap. Kalian juga bisa memilih tingkat kematangan dagingnya sesuai keinginan kalian. 

Lokasi: Kollektiv Hotel, Jl. Prof. Dr. Sutami No. 62, Gegerkalong, Bandung.

Trans Luxury Hotel -- The 18th Restaurant & Lounge

Photo source: indonesiatatler.com

Trans Studio Bandung telah menjadi salah satu ikon Bandung selain GH Universal. Banyak orang yang datang ke Bandung untuk merasakan wahana permainan indoor terbesar di Indonesia ini.

Bagi yang malas bepergian di Kota Bandung yang memang dikenal sebagai wilayah paling macet di Indonesia, biasanya mereka menginap di Trans Luxury Hotel yang masih berada di kawasan Trans Studio Mall. Trans Luxury Hotel merupakan salah satu hotel berbintang lima yang menawarkan fasilitas lengkap, salah satunya restoran yang diberi nama The 18th Restaurant & Lounge.

The 18th Restaurant & Lounge memiliki menu Western yang cukup lengkap. Salah satu signature dish mereka adalah tomahawk steak yang memiliki daging lembut. Selain itu, slow cooked lamb shank di sini kami rasa sangat masuk ke dalam pilihan kuliner enak di Bandung ini juga sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: The Trans Luxury Hotel, Jl. Gatot Subroto No. 289, Buahbatu, Bandung.

Dusun Bambu -- Burangrang Dapur Indonesia

kuliner bandung

Photo source: zomato.com

Kembali ke alam dan menikmati suara-suara binatang dari dalam hutan mungkin merupakan salah satu impian dari orang yang beraktivitas sehari-hari di kota besar. Kepenatan akan rutinitas setiap hari yang merupakan perpaduan antara pekerjaan dan kepadatan lalu lintas seakan sirna setelah menyegarkan diri di alam.

Dusun Bambu adalah salah satu tempat di Bandung yang paling cocok jika kalian ingin merasakan suasana alam yang didambakan. Selain menyediakan cottage dengan pemandangan danau, mereka juga menyediakan tempat menginap yang berupa sebuah tenda.

Jangan khawatir akan kelaparan jika kalian berada di Dusun Bambu. Selain dapat membawa sendiri makanan dari luar untuk dimasak, Dusun Bambu juga memiliki restoran yang diberi nama Burangrang Dapur Indonesia. 

Sesuai namanya, menu makanan di sini masuk banget buat jadi kuliner enak di Bandung tapi dengan gaya masakan Indonesia. Beragam menu Indonesia, terutama menu makanan Sunda, tersedia lengkap di Burangrang Dapur Indonesia. 

Yang unik, jika kalian menginap di salah satu cottage milik Dusun Bambu dan memesan makanan di Burangrang Dapur Indonesia, makanan kalian akan diantarkan menuju cottage menggunakan perahu. Ini digunakan karena untuk menuju ke cottage harus menyebrangi danau terlebih dahulu.

Lokasi: Dusun Bambu, Jl. Kolonel Masturi KM 11, Sersan Bajuri, Bandung.

Padma Hotel -- The Restaurant

Photo source: bisnishotel.com

Modern di tengah alam tampaknya menjadi konsep dari hotel yang satu ini. Jika biasanya bangunan yang berada di tengah-tengah hutan identik dengan bangunan tradisional, hal sebaliknya akan kalian temukan di Padma Hotel. Hotel yang satu ini berdiri megah di tengah hutan dengan konsep kekiniannya.

Fasilitas yang dimiliki Padma Hotel ini juga cukup lengkap. Tersedia playground untuk anak, kolam renang, meeting room dengan latar hutan, serta pastinya restoran dengan konsep open space yang langsung menghadap ke hijaunya pepohonan.

Restoran yang diberi nama The Restaurant ini memiliki ragam menu International yang lengkap, mulai dari steak, pasta, dan sushi. Juaranya The Restaurant adalah ragam dessert yang lengkap sehingga pastinya memanjakan kalian pecinta makanan manis!

Lokasi: Jl. Rancabentang No. 56-58, Ciumbuleuit, Bandung.

The Valley -- Bistro Cafe

kuliner bandung

Photo source: pergikuliner.com

Seperti GH Universal, The Valley sesuai namanya berada di sebuah lembah yang terletak lebih tinggi dari Kota Bandung. Ini membuat Kota Bandung terlihat jelas dari The Valley dan menjadi sebuah pemandangan unik.

Fasilitas The Valley juga sangat lengkap. Selain memiliki kolam renang, tempat bermain anak, ataupun restoran, The Valley bahkan memiliki sebuah driving range! Tentunya fasilitas yang lengkap ini akan membuat kalian betah untuk tetap berada di area The Valley dibandingkan harus menembus kemacetan Kota Bandung.

Restoran di The Valley sendiri diberi nama Bistro Cafe. Seperti namanya, restoran ini memiliki beragam menu yang menggunakan daging sebagai bahan dasar utamanya. Selain aneka daging, menu zuppa soup menjadi menu yang paling dicari di restoran ini sejak belasan tahun lalu!

Lokasi: Jl. Lembah Pakar Timur No. 28, Dago Pakar, Bandung.

Imah Seniman -- Imah Seniman Cafe & Resto

Photo source: agoda.com

Penginapan yang satu ini mirip dengan Dusun Bambu. Namun, bedanya adalah jika Dusun Bambu memiliki danau buatan, Imah Seniman berada di tepi danau alami. Bahkan, di dekat Imah Seniman juga terdapat sungai yang mengalir karena berada di tengah hutan.

Sesuai namanya, Imah Seniman merupakan sebuah rumah bagi Seniman. Banyak seniman yang memanfaatkan Imah Seniman sebagai tempat untuk mencari inspirasi. Ketenangan menjadi alasan utama banyaknya Seniman datang ke tempat ini.

Kuliner enak di Bandung seperti ayam bakar, sambal, dan bandrek bisa kalian pesan di Imah Seniman Cafe & Resto. Pengalaman makan dikelilingi hutan tentunya akan menjadi sebuah hal yang tidak bisa kalian lupakan dengan cepat!

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No. 8, Sersan Bajuri, Bandung.

Summerbird Hotel -- Summerbird Bed & Brasserie

Photo source: summerbirdhotel.com

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Stasiun Bandung menjadi salah satu nilai lebih dari hotel ini. Konsepnya sendiri cukup sendiri, karena merupakan sebuah penginapan yang bertempat di rumah. 

Meski begitu, karena berada di rumah, maka ambiance yang sangat homey akan kalian dapatkan di tempat ini. Hal yang sama juga bisa kalian rasakan di restoran milik mereka, yaitu Summerbird Bed & Brasserie.

Kuliner Bandung ini memang menyajikan menu International, tetapi tidak ada menu aneh yang mereka tawarkan. Setiap makanannya terasa seperti makanan yang dimasak di rumah kalian masing-masing. 

Letaknya yang berada di tengah kota tentunya membuat kalian tidak perlu udah bepergian jauh, walaupun sebenarnya dengan berdiam diri di Summerbird Hotel saja sudah cukup membuat kalian sedang berlibur di Bandung!

Lokasi: Jl. Kesatriaan No. 11, Cicendo, Bandung.

Jika tidak ingin staycation kalian juga bisa hanya sekedar liburan PP ke Bandung dan hunting tempat-tempat yang Instagenic di sini. Apapun pilihan liburannya, Bandung pasti akan selalu ngangenin kok. Selamat liburan!

Related Articles

Connect with Nibble