Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram @rachelviann

10 Bakmi Jawa di Jakarta yang Enaknya Pol

August 18, 20215 min readFoodie Trends

Bakmi Jawa di Jakarta lebih banyak dijual di tenda kaki lima. Tapi, justru sensasi itu yang ngangenin. Apalagi, sebagian bakmi Jawa bisa dibilang legendaris karena sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Dengan kuah kental, bumbu khas, serta cara masaknya yang masih pakai arang menjadikan bakmi Jawa beda dengan bakmi daerah lainnya.

1. Bakmi Jawa Pak Haji Minto 1964

Photo source: Instagram/aditadudiarahman

Berada dekat dengan Pintu Selatan Stasiun Gondangdia, Bakmi Jawa Pak Haji Minto sudah berdiri sejak tahun 1964. Bahkan, sudah banyak orang terkenal dan pejabat yang mampir dan menjadikan bakmi Jawa ini favoritnya. Kuah kental dengan bumbu bawang putih bukan cuma nikmat, tapi juga menghangatkan badan. Apalagi, tempat makan ini baru buka pukul 18.00 jadi cocok untuk cuaca sore hari.

Alamat: Jl. Cut Mutia No.1, RT.5/RW.9, Kb. Sirih, Kec. Menteng

2. Bakmi Jawa Jogjakarta

Photo source: Instagram/bakmijawajogjakarta

Masih terjangkau dari kawasan Jakarta Selatan, Bakmi Jawa Jogjakarta berpusat di Bintaro. Saat ini, mereka hanya melayani pesan antar atau bungkus bawa pulang. Terdiri dari menu bakmi, nasi, dan bihun yang dimasak dengan cara a la bakmi Jawa, kamu pasti akan menemukan makanan untuk setiap orang saat memesan bersama.

Alamat: Pertigaan Pondok Pucung

3. Jap Mebo

Photo source: Instagram/japmebomiejawa

Jap Mebo di Tebet terkenal dengan mi godog Jawanya yang pedas. Berada di dekat SMA 26 Tebet, tempat ini selalu ramai walaupun tempatnya tergolong sederhana. Selain mi rebus dengan cabe rawit yang pedas, kamu juga bisa pesan mi gorengnya yang disajikan dengan bawang goreng yang melimpah. Saat ini, mereka melayani pesan antar, bawa pulang, dan makan di mobil untuk menghindari kerumunan di warung.

Alamat: Jl. Tebet Barat Dalam II no. 52

4. Bakmi Jawa Mas Anto Arteri

Photo source: Instagram/bakmijawamasantoarteri

Berada di tenda pinggir jalan, Bakmi Jawa Mas Anto Arteri cukup ramai pengunjung. Cita rasa kuah yang ditawarkan oleh Mas Anto memang gurih dan nikmat apalagi kalau kamu penyuka pedas. Tempat bakmi Jawa di Jakarta ini juga nggak pelit kalau memasukkan sayur ke dalam masakan, jadi rasanya lengkap makan mi bersama serat. Dengan kemasan yang cukup modern, sekarang Bakmi Jawa Mas Anto Arteri bisa dipesan secara online.

Alamat: Jl. Sultan  Iskandar Muda No. 79, Jakarta Selatan

5. Bakmi Jawa Jape Methe

Photo source: Instagram/haryanto.wibowo69

Ada yang tahu artinya Jape Methe? Jape Methe adalah bahasa terbalik yang populer di Yogyakarta. Kalau disusuri, artinya adalah "Cahe Dewe" yang berarti "Teman Sendiri" dalam bahasa Indonesia. Bakmi Jawa yang ditawarkan oleh Jape Methe memiliki kuah bening dilengkapi dengan telur, sayur, dan suwiran ayam yang cukup istimewa.

Alamat: Jl. Raya Pasar Minggu No.9, Kota Jakarta Selatan

6. Bakmi Djogja Mas Tok

Photo source: Instagram/ekanantajj

Bakmi Djogja Mas Tok adalah pilihan bakmi Jawa di Jakarta yang pas untuk kamu yang tinggal di Pancoran dan sekitarnya. Bakmi Jawa ini menawarkan topping berupa potongan ayam yang bisa kamu pilih sendiri. Tapi, tanpa topping pun, sudah ada banyak suwiran ayam di dalam mi nyemek yang gurih tersebut. Di meja, disediakan cabe rawit yang bisa kamu sesuaikan dengan selera pedasmu.

Alamat: Jl. Warung Buncit Raya No.448,  Pancoran, Jakarta Selatan

7. Bakmi Djogja Mbah Surip

Photo source: Instagram/rachelviann

Bakmi Djogja Mbah Surip dimasak masih menggunakan anglo dan arang sehingga aromanya berbeda dari mi godog lainnya. Selain pilihan mi, ada juga bihun rebus dan mi goreng dengan bumbu yang sama gurihnya. Ditambah dengan beberapa butir cabe rawit dan segelas teh panas, Bakmi Djogja Mbah Surip pas dimakan pada malam hari.

Alamat: Jl. Tanjung Barat Lama, Jagakarsa, Jakarta Selatan

8. Omah Sendok

Photo source: Instagram/omahsendok

Omah Sendok pada dasarnya adalah restoran di Senopati yang menawarkan segala macam menu Jawa dan Indonesia. Maka dari itu, nggak heran kalau mereka juga punya menu mi rebus dan mi goreng a la Jawa. Dengan tempat yang nyaman dan ruangan yang semi terbuka, kamu bisa membawa seluruh keluarga ke sini untuk bernostalgia dengan makanan khas Jawa yang tradisional.

Alamat: Jl. Taman MPU Sendok No.45, Kota Jakarta Selatan

9. Bale Soto

Photo source: Instagram/balesoto

Bale Soto dulu ada di Senopati, tapi sekarang bisa ditemukan juga di Mal Alam Sutra. Sesuai namanya, resto ini memang menawarkan berbagai soto Indonesia yang banyak jenisnya. Di antara menu sotonya, mereka punya menu mi godog Jawa dengan rasa yang nggak kalah enaknya. Kuahnya kental sedikit pedas dengan tambahan sayuran sawi hijau dan tomat yang menambah segarnya bakmi.

Alamat: Mal Alam Sutra Lantai 2, Jalan Jalur Sutera Barat Kav. 16, Tangerang

10. Bakmi Jowo Anglo Pakde To

Photo source: Instagram/_bakmijowoanglopakdeto_

Dimasak di atas anglo dan menggunakan bahan asli ayam kampung, Bakmi Jowo Anglo Pakde To memang bisa mengobati kerinduan terhadap bakmi asli Jawa. Tempat ini punya menu mi rebus, mi goreng, bihun, hingga makanan lain seperti ayam rica dam soto sapi asli Boyolali. Namun, terkadang pembuatannya cukup lama karena dibuat dari awal setiap kali pelanggan memesan. Tapi, asli rasanya nggak akan membuat kamu menyesal menunggu.

Alamat: Jl. Binamarga no.41F, Cipayung

Bakmi Jawa di Jakarta bisa ditemukan di tenda makanan pinggir jalan atau resto di mal. Semuanya menawarkan variasi bakmi jawa dengan kuah gurih yang kental dan dilengkapi dengan sayuran pelengkap nutrisi. Bayangkan memakan sepiring mi godog dengan teh tubruk panas, rasanya hangat sampai ke hati!

Related Articles

Connect with Nibble