Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Jr.

Berbelanja Sambil Berburu Streetfood Pasar Modern BSD

March 6, 20206 min readReviews

Daerah Bumi Serpong Damai (BSD) saat ini menjelma menjadi salah satu daerah penyangga utama ibu kota Indonesia. Banyak perumahan yang akhirnya dibangun di daerah BSD ini. Guna semakin memperkuat daerah ini, dibangun pula Pasar Modern pada tahun 2004.

Berbeda dengan pasar kebanyakan, konsep dari pasar modern ini adalah pasar yang jauh lebih bersih dan teratur dibandingkan dengan pasar biasanya. Pasar yang identik dengan kesan kumuh seakan ingin dihapus dengan hadirnya pasar modern ini. 

Demi memperlancar berbagai keinginan ini, dibangun juga kios-kios yang diperuntukan khusus bagi pedagang kaki lima untuk berjualan. Pedagang kaki lima ini tidak hanya menjajakan barang-barang kebutuhan dapur, tetapi juga tempat makan yang dijamin kebersihannya.

Pasar Modern di Tengah Kawasan Modern

Lingkungan Bumi Serpong Damai memang dikenal sebagai kawasan elit di pinggiran Jakarta. Perumahan yang dibangun pun memiliki kelas di atas perumahan lain di kawasan tetangga BSD, seperti Pamulang, Ciater, ataupun Serpong. Untuk menunjang hal itulah diperlukan kehadiran pasar modern di tengah-tengah masyarakat.

Pasar modern BSD ditata dengan sangat rapi. Setiap bloknya jelas diperuntukkan untuk menjual bahan dagangan apa sehingga calon pembeli tidak perlu kebingungan ketika mencari sesuatu. Selain itu, bau khas pasar yang sumpek pun seakan tidak terasa karena sistem sirkulasi udara yang sangat baik di pasar satu ini.

Meski begitu, ada satu hal yang tetap tak bisa dihilangkan dari image pasar, yaitu pengunjung yang berdesakan. Meleng sedikit saja sudah pasti membuat pundak kalian bersenggolan dengan pengunjung lain. Salah satu penyebabnya adalah orang-orang yang suka berhenti mendadak ketika tertarik melihat sesuatu tanpa menghiraukan orang di belakangnya. 

Namun, apakah pantas sebuah pasar disebut pasar jika sepi pengunjung? Apa enaknya berbelanja di tempat yang sepi? Saran kami, mari kita nikmati saja toh setelah capek berbelanja ada streetfood pasar modern BSD yang siap mengembalikan mood kalian yang mulai hilang.

Streetfood Legendaris di Pasar

Siapa yang bakal nyangka, di tengah pasar kawasan BSD kalian bakal bisa nemuin makanan yang justru sudah menjadi legenda. Tak cuma satu, ada beberapa streetfood legendaris yang membuka cabangnya di pasar modern BSD.  Sebut saja Pisang Kaya Suka Hati asal Pontianak yang sudah mulai berjualan sejak tahun 1972 atau Roti Nogat yang pada akhir pekan antreannya bisa membuat kalian menunggu 1,5 jam.

Lantas, apakah kedai-kedai tersebut memang memiliki makanan yang sangat memanjakan perut hingga bisa disebut legendaris? Yuk cari tahu dalam review kami berikut ini.

Roti Nogat

streetfood pasar modern bsd

Pada awal kemunculannya salah satu streetfood pasar modern BSD ini membuat heboh dan banyak orang penasaran. Ke-kepo-an orang-orang ini membuat antrean di akhir pekan bahkan bisa mencapai 1,5 jam. Tentu saja ini menimbulkan pertanyaan, apa yang membedakan roti di kedai ini dibandingkan dengan roti di kedai lain.

Ketika kami datang ke kedai Roti Nogat, kami baru mengerti mengapa roti satu ini begitu digilai oleh banyak orang. Jawabannya adalah topping unik yang dipadukan dengan roti bertekstur lembut.

Saat kami bertanya kepada pegawai kedai menu apa yang paling sering dipesan, pegawai tersebut langsung menyebut kombinasi nogat dan meijses adalah andalan mereka. Nogat? Apa itu? Nogat adalah perpaduan antara kacang yang dihaluskan, bubuk susu, dan gula. Rasanya gimana? Yang pasti meskipun ada perpaduan antara gula dan bubuk susu, rasanya tidak terlalu manis. Kacang mampu menetralkan rasa manis ini sehingga masih nyaman ketika digigit.

Rotinya sendiri memiliki ukuran yang cukup besar dan tebal. Meskipun tebal, rotinya sangat lembut. Terlihat sekilas jika roti yang digunakan merupakan roti gandum sehingga bisa lebih menyehatkan tubuh meskipun dipadukan dengan topping yang kaya akan rasa manis.

Untuk menu kombinasi nogat dan meijses ini kami harus membayar Rp30.000. Harga ini menurut kami masih cukup sepadan dengan porsi yang didapat. Jika kalian takut terlalu kekenyangan, Roti Nogat juga memiliki pilihan ¼ dan ½ roti dengan harga yang pastinya di bawah 1 porsi roti.

Pisang Kaya Suka Hati

Kedai pisang yang satu ini sudah lebih dulu terkenal di Pontianak , Kalimantan Barat. Mereka sudah mulai berjualan sejak tahun 1972 di sana. Tak lama setelah pasar modern BSD dibuka, Suka Hati memutuskan untuk membuka cabangnya di kawasan ini.

Nama Pisang Kaya sudah menunjukkan menu apa yang paling spesial di kedai satu ini. Ya, menu pisang dengan isian srikaya khas Pontianak menjadi andalan dari Pisang Kaya Suka Hati. Setiap pisang goreng isi srikaya dan mentega dijual dengan harga Rp6000 per buah. Tidak suka srikaya? Tenang saja, ada juga menu pisang goreng original dengan harga Rp5000 per buah.

Yang paling kami suka dari streetfood pasar modern BSD ini adalah penggunaan pisang yang memiliki tekstur empuk. Selain itu, serat-serat pisang yang biasanya tertinggal di gigi atau dinding mulut ketika dimakan juga tidak kami temukan. Ukuran tiap pisangnya juga cukup besar. 

Pisang dari Pisang Kaya Suka Hati ini tidak memiliki rasa yang terlalu manis. Rasa yang manis justru dihasilkan oleh srikaya yang menjadi pendamping sempurna menu satu ini. Percaya pada kami, pesan dua atau tiga buah pisang dijamin tidak akan memuaskan dahaga kalian!

Pisang Tahu (PiHu)

streetfood pasar modern bsd

Tahu di kedai PiHu sering direkomendasikan oleh banyak orang kepada kami untuk di-review. Kami lantas bertanya, apa sih yang membuat tahu di PiHu berbeda dengan tempat lain? Bukankah rasa tahu cuma kayak gitu doang? Ketika mencobanya langsung, kami akhirnya menemukan jawabannya.

Tahu yang digunakan oleh PiHu adalah jenis tahu susu. Tahu yang satu ini dikenal memiliki tekstur yang lembut dan memiliki rasa yang cenderung manis tanpa ditambahkan apapun. Saking lembutnya, banyak yang menyebut tahu susu bisa lumer di mulut. Ya memang sih tahu di PiHu tidak terasa lumer di mulut, tetapi teksturnya tetap saja terasa lembut.

Juaranya bagi kami adalah bumbunya. Bumbunya terasa seperti petis, tetapi mampu diracik sehingga memiliki rasa yang unik ketika dimakan. Rasanya ketika pertama kali dicicip lidah akan terasa pedas, tetapi pedasnya langsung menghilang ketika tahu masuk ke dalam tenggorokan. Bumbu yang satu ini juga terasa agak manis karena tambahan kecap dalam racikannya. Pokoknya juara deh!

PiHu memiliki beberapa paket tahu yang dijual dengan harga Rp10.000 untuk isi 5 tahu hingga Rp90.000 untuk 50 tahu.

Rekomendasi Kami

Bagi kami, berbelanja di pasar modern BSD bisa menjadi salah satu alternatif bagi kalian ketika bosan dengan pasar yang itu-itu saja. Pasar modern BSD ini tergolong paket lengkap karena tempatnya yang rapi dan bersih serta memiliki kuliner-kuliner ajib yang sayang untuk dilewatkan.

Beberapa makanan mungkin memiliki harga yang cukup mahal mengingat makanan ini masuk dalam kategori streetfood. Namun, kembali lagi tempat yang cukup bersih ditambah dengan kalian bisa sekalian berbelanja membuat semuanya masih memiliki harga yang masuk akal buat kami. 

Apakah cuma 3 streetfood pasar modern BSD itu saja yang kami rekomendasikan? Tentu saja tidak. Temukan rekomendasi lainnya dalam 7 tempat makan di pasar modern BSD yang bikin ketagihan.

Related Articles

Connect with Nibble