Foodies Guide To F&B Industry

Photo by instagram @ririen_kurniawan

Bocoran Resep Salad HokBen. 99% Mirip!

June 22, 20213 min readRecipe

Nibblers, kalian penasaran nggak nih sama resep salad HokBen yang rasanya gurih segar dan jadi favorit banyak orang? Salad ini memang menjadi ciri khas dan salah satu menu yang paling ngangenin dari restoran makanan Jepang satu ini. Apalagi kalau kalian menyantapnya bareng menu HokBen lain seperti egg roll, chicken katsu, dan teriyaki, ditambah nasi putih hangat yang pulen, rasanya pasti mantap banget.

resep salad hokben rumahan

source: @foodbuddies.id

Sebetulnya resep salad HokBen tersebut simpel dan mudah banget lho untuk kalian buat sendiri di rumah. Terlebih sang jawara MasterChef Season 3, William Gozali sudah membocorkan resepnya dalam channel YouTube miliknya yakni Willgoz Kitchen.

Nah, dengan resep tersebut kan jadi lumayan kalau kalian kangen menu salad ala HokBen, gak perlu jauh-jauh mengunjungi restonya atau order pesanan online. Cukup meracik sendiri aja di rumah masing-masing.

Cuss.. langsung aja kita pelajari resep salad HokBen berikut;

Persiapkan Bahan-Bahan

Bahan untuk Salad

  • ½ Bagian Kubis atau Sayur Kol.
  • 1 Wortel ukuran besar, potong bentuk korek api.
  • ½ Bagian lobak putih, bentuk dalam potongan korek api.

Air untuk Rendaman

  • 3 sendok makan cuka.
  • 150 ml air dingin.
  • 2 sendok makan gula.
  • ½ sendok teh garam.

Dressing Salad

  • 3 sendok makan mayones.
  • 1 sendok makan saus tomat.
  • ½ sendok teh garam.

Cara Membuat Salad ala HokBen

Mempersiapkan sayuran salad

source: bosmeal

  1. Siapkan kubis atau sayur kol yang sudah diiris tipis-tips. Lalu rendam irisan tersebut dalam air dingin atau air es yang telah dicampur garam. Hal tersebut untuk mengurangi oksidasi pada kol dan mencegahnya menjadi hitam atau coklat.
  2. Di wadah yang lain, campurkan 3 sendok makan cuka dengan 2 sendok makan gula dan ½ sendok teh garam. Aduk hingga menyatu dan tambahkan air dingin.
  3. Siapkan wortel dan lobak putih yang sebelumnya sudah dipotong bentuk korek api. Lalu rendam keduanya di dalam larutan cuka tersebut.
  4. Semua bahan rendaman bisa disimpan dahulu di dalam kulkas selama satu jam supaya lebih dingin dan renyah.

Membuat Dressing Salad

source: @yuliusarafat

  1. Sembari menunggu sayurannya disimpan, kalian bisa mempersiapkan dressingnya. Sediakan mayones, saus tomat, dan garam secukupnya.
  2. Campurkan mayones dengan saus tomat dalam wadah. Gunakan selalu prinsip 3:1 di mana mayones harus lebih banyak tiga kali jumlahnya.
  3. Setelah tercampur rata, beri sedikit garam untuk menambah rasa.
  4. Jika kalian menyukai rasa yang agak pedas, seperti umumnya selera orang Indonesia, kalian bisa menambahkan sedikit saus sambal atau lada hitam sedikit ke dalamnya.

Persiapkan Semua Bahan dan Sajikan

source: Youtube Willgoz Kitchen

Terakhir tinggal kalian persiapkan semua bahan saladnya tersebut untuk ditata dan disajikan. Keluarkan rendaman irisan kubis atau sayur kol beserta wortel dan lobaknya dari dalam kulkas. Setelah itu tiriskan hingga airnya terbuang dan bersih, lalu atur di atas piring saji.

Untuk menata tampilannya, kalian bisa mencampurkannya sekaligus ketiga jenis sayuran tersebut. Namun bisa juga ketiga sayuran tersebut ditata terpisah berdasarkan jenisnya masing-masing.

Setelah sayuran salad ditata sesuai yang kalian inginkan. Langkah selanjutnya tinggal menambahkan saus dressing berbahan mayones yang memiliki rasa gurih lezat tersebut. Sama seperti penataan sayurannya, kalian bisa memilih untuk langsung menaruh saus dressing di atas salad sayurnya, atau disajikan terpisah di pinggiran piring saji.

Dan salad HokBen pun siap disajikan untuk menemani santapan makanan kalian. Nah, itu tadi Nibblers resep salad HokBen yang sangat mudah dan praktis untuk dibuat. Selamat mencoba di rumah ya!

Related Articles

Connect with Nibble