Foodies Guide To F&B Industry

Photo by IG @bipangambawang

Lezatnya Bipang Ambawang yang Diendorse Presiden Jokowi

May 11, 20213 min readFoodie Trends

Kalau kalian mengamati linimasa medsos beberapa waktu terakhir, pasti gak kelewat sama tren “bipang Ambawang”. Kuliner khas Kalimantan Barat ini kian viral dan jadi bahan pembicaraan publik setelah di-endorse Presiden Jokowi melalui salah satu pidatonya.

Dalam pidato tersebut, Presiden Jokowi menyarankan masyarakat Indonesia untuk membeli kuliner-kuliner khas kampung halaman secara online sebagai “pengganti” mudik di tengah aturan PSBB. Lalu, apa sih bipang Ambawang itu?

Lezatnya Bipang Ambawang, Makanan Tradisional Khas Kalimantan Barat

Bipang sendiri merupakan akronim dari “babi panggang”. Sedangkan Ambawang adalah nama sebuah daerah di Provinsi Kalimantan Barat. Seperti namanya, kuliner khas ini memang dimasak dengan cara dipanggang.

Eits, gak seperti bipang pada umumnya, babi panggang Ambawang ini punya ciri khas yang bikin cita rasanya lezat lho. Bipang Ambawang ini dibuat dari daging babi kampung yang usianya baru 3-5 bulan. Beratnya sendiri sekitar 10 sampai 20 kg. Di usia ini, daging babi memang bakal terasa lebih empuk dan nikmat.

Cara memasak bipang Ambawang ini juga khas banget, lho. Yakni dipanggang di atas bara api sampai menghasilkan tekstur daging yang empuk, sedikit lemak, tapi berkulit garing dan krispi. Yumm... Kebayang kan lezatnya?

Gak cuma itu, kuliner nonhalal khas Ambawang jadi makin nikmat karena disajikan dengan bumbu yang diracik khusus. Sambal antuha namanya. Sambal ini dibikin dari cabe dan terasi khusus yang beraroma menggoda. Ada juga cocolan kit iu yang rasanya mirip seperti sambal asam manis.

Membayangkan sajian bipang Ambawang untuk makan siang atau makan malam pasti bikin lidahmu berkucur. Masakan tradisional Nusantara ini memang gak pernah sepi peminat.

Oh ya, tenang aja kalau kalian penasaran pengen mencoba tapi belum berkesempatan untuk datang langsung ke Kalimantan. Sebab sekarang banyak resto atau tempat makan di berbagai daerah yang menyajikan menu lezat yang satu ini. Alternatif lainnya adalah membeli bipang Ambawang secara online. Banyak kok di marketplace dengan harga dan merek beragam.

Resep Babi Panggang Ambawang Lezat dan Praktis

Nah, buat kalian putra Kalimantan yang sudah lama tak pulang kampung dan rindu mencicipi kuliner yang satu ini, coba deh sesekali membuatnya sendiri. Mudah banget, kok. Ini dia resepnya.

Bahan:

  • 2 kg daging babi bagian perut
  • 4 sdm cuka putih
  • 3 sdt bubuk ngohiong
  • 4 sdm arak masak
  • Garam secukupnya

Bahan saus:

  • 8 sdm saus hoisin
  • 2 sendok teh gula
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Pertama, rebus daging babi di air mendidih selama 10 menit. Bagian kulit harus menghadap ke bawah untuk menjaga kerenyahannya.
  • Setelah 10 menit, balik dagingnya dan rebus kembali. Lalu tiriskan.
  • Tusuk bagian kulit babi dengan garpu. Selanjutnya, iris-iris sesuai selera.
  • Pastikan irisan gak sampai tembus ke lemak ya biar bumbunya meresap sempurna.
  • Dalam wadah terpisah, campurkan bumbu saus yang sudah disiapkan. Bumbu inilah yang bakal dipakai sebagai bahan marinasi.
  • Oles seluruh permukaan daging dengan bumbu saus marinasi.
  • Bungkus pakai aluminium foil, tapi hati-hati jangan sampai kulitnya basah ya!
  • Oles kulit babi dengan cairan cuka dan garam. Lalu keringkan. Lakukan langkah ini sampai 3 kali ya biar kulitnya makin krispi.
  • Masukkan ke kulkas dan diamkan semalaman.
  • Ambil daging dari kulkas dan taburi bagian kulit dengan garam.
  • Panggang daging dengan suhu sekitar 200 derajat selama kurang lebih 30 menit.
  • Kalau sudah, angkat daging dari oven. Buang garam dan singkirkan aluminium foilnya.
  • Panggang kembali selama 20 menit dengan suhu 250 derajat.
  • Selesai! Bipang Ambawang siap dipotong-potong dan dinikmati.

Nah, gimana. Gampang banget kan cara bikinnya? Kalian juga pasti bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Related Articles

Connect with Nibble