Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

Alasan Buah Gampang Busuk dan Cara Penyimpanannya

June 14, 20214 min readFood

Untuk menunjang gaya hidup sehat, asupan makanan harus tetap bergizi agar tubuh tetap bugar dan stamina kita terjaga. Oleh karena itu, penting untuk selalu konsumsi buah-buahan setiap hari demi memenuhi kebutuhan serat dan vitamin. Tapi beberapa buah gampang busuk sehingga sulit untuk menyimpannya dalam jumlah banyak sebagai stok.

Menyimpan stok buah segar di rumah jadi sia-sia ketika justru malah menjadi busuk dan gak layak dimakan. Memangnya apa saja sih alasan buah gampang busuk yang lazim ditemui dan apa aja jenisnya? Berikut ulasannya.

Alasan Buah Gampang Busuk

buah gampang busuk banget

source: freepik

Proses pembusukan buah bahkan bisa terjadi segera setelah buah tersebut dipetik atau dicabut dari tanah. Dikutip dari Live Strong,  hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat umum terjadi. Buah-buahan mengandung 90% air di dalamnya dan ketika mencabutnya sama saja kita menghentikan pasokan air dari tanaman ke buah tersebut. Hasilnya buah menjadi kering dan gak segar lagi.

Selain itu, pembusukan juga terjadi karena adanya organisme mikroskopis yang berpesta di dalam buah yang tanpa pengawasan. Seperti yang sudah disebutkan, kandungan utama buah adalah air, dan air adalah medium utama perkembang-biakan organisme bakteri dan jamur. Ketika bakteri sudah bertumbuh di dalam cairan buah, maka mereka akan menghasilkan enzim yang mempercepat pembusukan.

Penyimpanan di kulkas atau lemari pendingin sering dijadikan opsi untuk menghambat pembusukan buah. Beberapa jenis bakteri memang terhambat perkembang-biakannya di lingkungan yang dingin. Akan tetapi, kulkas justru membuat beberapa jenis buah mengalami percepatan pembusukan dan penurunan kualitas.

Jenis Buah Gampang Busuk

Setelah membahas alasan dan penyebab mengapa buah gampang busuk. Berikut ini adalah jenis-jenis buah yang harus kalian perhatikan proses penyimpanannya supaya nggak cepat busuk. Buah-buahan tersebut antara lain:

1.      Pisang

source: freepik

Dikutip dari Eat This, sebetulnya pisang bisa bertahan dua hingga lima hari di udara dengan suhu ruangan. Penting juga untuk memisahkan antara pisang dengan buah-buahan lain dalam satu wadah atau tempat. Hal tersebut karena pisang akan melepaskan etilen atau gas yang mempercepat pematangan buah lainnya. Cara lainnya adalah kalian bisa membeli pisang mentah dan membiarkannya matang di rumah dengan sendirinya.

Pisang juga nggak boleh disimpan dalam kulkas, ruangan kedap udara; seperti lemari, kantong plastik, atau tas belanja. Hal tersebut juga akan membuat pisang cepat membusuk.

2.      Alpukat

source: pexels

Jangan simpan alpukat yang masih mentah di dalam kulkas ya. Hal tersebut justru akan menghambat proses pematangannya dan malah akan membuatnya menjadi busuk.

Untuk penyimpanan yang optimal, simpan alpukat mentah di atas meja ruang makan sampai buah tersebut matang dan siap untuk dimakan. Alpukat yang sudah matang baru boleh disimpan di kulkas supaya sedikit lebih tahan lama. Alpukat matang bisa bertahan hingga empat hari ke depan jika disimpan di lemari pendingin.

3.      Beri-Berian

source: pexels

Jenis buah beri-berian seperti stroberi, rasberi, blueberi, dsb. dikenal sebagai buah yang paling gampang membusuk. Teksturnya yang lunak dan berair membuat umurnya lebih pendek dibandingkan buah yang dilapisi kulit. Setelah beberapa hari, mereka cenderung berjamur, berubah warna dan basah.

Jika menemukan buah beri sudah berjamur dan berubah warna, buang saja dan jangan sekali-kali untuk nekat mengonsumsinya. Agar sedikit tahan lama, buah beri-berian bisa kok disimpan di dalam kulkas.

4.      Tomat

source: pixabay

Tomat adalah buah yang unik karena lebih menyukai udara hangat dibanding udara dingin. Oleh karena itu, jangan menyimpan tomat di dalam kulkas karena akan mempercepat pembusukan.

Cukup simpan tomat di ruangan terbuka seperti di atas meja makan sampai siap untuk disantap. Menyimpannya di ruangan terbuka dengan suhu ruang justru bikin tomat bertahan hingga seminggu lho.

5.      Melon dan Semangka

source: pexels

Melon dan semangka bisa bertahan ditaruh di suhu ruang selama 3-4 hari. Tetapi buah yang sudah matang sebaiknya disimpan dalam kulkas dalam bentuk utuh dan tidak dipotong-potong.

Jika kalian sudah terlanjur membeli melon atau semangka yang sudah dipotong setengah, kemaslah dengan plastic wrap, baru dimasukkan ke dalam kulkas. Buah tersebut bisa bertahan selama 7 hingga 10 hari di dalam kulkas.

6.      Apel

source: pexels

Buah ini sebetulnya bisa bertahan hingga 3-4 minggu jika disimpan dalam kulkas, sementara di suhu ruang cuma mencapai 4 hari saja. Jika ditaruh dalam kulkas, akan lebih baik jika dimasukkan terlebih dahulu ke dalam plastik. Saat hendak dimakan, pilih yang paling besar terlebih dulu karena umumnya lebih cepat busuk.

7.      Anggur

source: pexels

Anggur sebenarnya buah yang tahan lama jika disimpan dengan benar. Cara menyimpan anggur yang baik adalah dengan kantong plastik tanpa dicuci. Hal tersebut dapat mengurangi kelembapannya sehingga anggur nggak cepat busuk. Setelah itu baru simpan anggur di dalam kulkas. Anggur dapat bertahan selama 1-2 minggu di dalam kulkas. Baru cuci saat hendak dikonsumsi, ya.

Nah itu tadi Nibblers, penyebab buah gampang busuk beserta tips-tips untuk menghindarinya. Semoga dengan ini bisa mengurangi jumlah sampah makanan atau food waste akibat salah menyimpan produk buah-buahan ya!

Related Articles

Connect with Nibble