Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istockphoto

Catat! Ini 10 Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas

October 7, 20215 min readHealthy Foodie

Nibblers, kalian harus cermat nih kalau ada jenis-jenis buah yang tidak boleh masuk kulkas. Memang, kulkas atau lemari pendingin sangat membantu dalam menyimpan dan membuat makanan jadi lebih tahan lama. Hanya saja, ada jenis buah yang lebih baik disimpan di luar kulkas. Menyimpannya di temperatur dingin kulkas justru akan merusak kualitasnya dan membuatnya cepat busuk.

Dilansir dari Eatthis, berikut ini daftar buah yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas.

1.      Pisang

source: istockphoto

Buah pertama yang sebaiknya jangan disimpan di kulkas adalah pisang. Buah ini merupakan jenis buah tropis yang terkenal sensitif terhadap suhu dingin. Pisang yang belum matang jika dimasukkan dalam suhu dingin kulkas justru malah menghentikan proses pematangannya. Sebaliknya jika pisang sudah matang, udara dingin justru akan membuatnya cepat menjadi cokelat dan busuk.

Akan lebih baik simpan pisang di suhu ruangan sekitar 15-20 derajat Celcius. Kalian hanya perlu menaruhnya saja di atas meja makan hingga pisang tersebut matang. Jauhkan juga dari paparan sinar matahari langsung.

2.      Alpukat

source: freepik

Sama halnya dengan pisang, temperatur dingin dalam kulkas justru akan merusak proses pematangan dari alpukat. Jika kalian membeli alpukat yang masih mentah, cukup simpan saja di suhu ruangan sampai matang dan lunak. Memasukkannya dalam kulkas justru membuatnya lebih lama matang dan kalian kurang enak untuk dimakan.

Jika alpukat sudah matang yang ditandai dengan teksturnya yang mulai lunak, barulah bisa disimpan dalam kulkas. Alpukat matang memang bagus untuk disimpan di dalam lemari pendingin jika kalian gak ada rencana menghabiskannya dalam waktu dekat. Jadi lebih teliti lagi ya memilah buah alpukat yang matang dan belum!

3.      Jeruk dan Citrus

source: istockphoto

Buah berwarna oren ini juga termasuk buah yang sebaiknya tidak perlu dimasukkan dalam kulkas. Jeruk dan jenis buah citrus lain seperti jeruk bali, lemon, jeruk nipis, serta limau akan lebih baik disimpan pada suhu ruang. Suhu ruang yang tidak kelewat dingin akan tetap menjaga kesegaran buah dan membuatnya lebih kaya rasa.

Justru jika disimpan dalam suhu dingin kulkas, akan membuat kulitnya jadi kering mengeras. Selain itu kandungan air dalam jeruk juga akan menyusut sehingga cita rasanya jadi kurang fresh.

4.      Tomat

source: pixabay

Tomat termasuk buah atau sayur ya? Entah kategori buah atau sayur, yang pasti tomat disarankan untuk tidak perlu disimpan dalam kulkas. Penyimpanan dalam temperatur dingin justru akan merusak membran tomat dan membuatnya cepat lembek serta membusuk. Menyimpan tomat di dalam kulkas juga akan mengurangi rasanya secara permanen.

Sebaiknya simpan tomat di tempat yang sirkulasi udaranya baik seperti di atas meja makan. Jika takut terkena serangan serangga, cukup tutup dengan tudung saji dan jauhkan dari paparan sinar matahari.

5.      Semangka

source: istockphoto

Berikutnya, buah yang lebih baik disimpan di luar kulkas adalah semangka. Buah yang tinggi kandungan air ini mempunyai kandungan antikanker yang disebut likopen. Nah, kandungan baik tersebut justru lebih optimal saat berada di suhu ruangan.

Suhu dingin dalam kulkas juga bisa membuat kandungan airnya menyusut bahkan membeku, hal tersebut justru mengurangi kenikmatan buahnya. Lagi pula ukuran buah semangka cukup besar dan akan membuat kulkas kalian jadi terlalu penuh.

6.      Melon

source: istockphoto

Serupa dengan semangka, buah melon juga akan lebih baik disimpan dalam suhu ruangan. Tentu saja buah melon utuh yang belum dikupas dan dipotong akan memakan tempat di kulkas. Penyimpanan di suhu ruang akan lebih baik demi menjaga kandungan antioksidan di dalamnya tetap terjaga.

Kupas dan potong-potong dahulu daging buah melonnya jika kalian ingin tetap menyimpannya dalam kulkas. Namun tetap jangan biarkan melon terlalu lama disimpan dalam kulkas. Temperatur dingin akan membuatnya berkeriput dan kurang sedap dimakan.

7.      Mangga

source: istockphoto

Mangga juga termasuk buah yang paling baik disimpan di suhu ruangan. Gak cumya mangga saja, tapi jenis buah-buahan tropis lain seperti pepaya dan nanas juga sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Hal tersebut karena memang buah tropis tidak didesain untuk tahan terhadap temperature dingin.

Menyimpannya dalam suhu dingin akan membuat tekstur daging buahnya rusak dan kurang lembut saat dimakan. Namun, jika tetap ingin menyimpannya dalam kulkas sebaiknya kupas dahulu dan potong buah, lalu taruh di wadah yang tertutup rapat.

8.      Apel

source: istockphoto

Sebetulnya apel akan tetap baik-baik saja tanpa harus disimpan dalam lemari pendingin. Menyimpannya di kulkas memang bisa membuatnya renyah lebih lama, tapi kandungan etilen di kulitnya (bahan pematangan) bisa membuat produk lain di sekitarnya lebih cepat rusak.

Jika kamu benar-benar ingin apel dingin, pertama-tama masukkan ke dalam wadah kedap udara agar gak merusak makanan lain di kulkasmu.

9.      Peach

source: istockphoto

Ternyata, buah peach termasuk buah yang bisa tahan lama tanpa kulkas, terutama yang belum matang atau sedang proses pematangan. Buah berkulit tipis, seperti peach, rentan berubah rasa jika disimpan di dalam kulkas. Saat dikonsumsi dalam keadaan dingin justru membuatnya kehilangan ciri khas berupa rasa renyah seperti tepung cokelat.

Pastikan buah peach harus matang dan beraroma harum terlebih dulu baru disimpan dalam kulkas. Setelah itu kalian bisa menyimpannya di kulkas, tapi hanya untuk 1 sampai 2 hari.

10.   Buah Beraroma Tajam

source: istockphoto

Terakhir adalah buah yang mempunyai aroma tajam seperti durian dan nangka, lebih baik disimpan di ruangan terbuka. Menyimpannya di kulkas justru membuat seisi kulkas jadi beraroma tajam menyengat. Apalagi kulit buah durian dan nangka yang keras dan tajam bisa merusak interior lemari pendingin yang kamu punya.

Nah, itu dia deretan buah yang sebaiknya tidak boleh masuk kulkas. Semoga kalian lebih cermat lagi dalam memilah dan memilih jenis buah beserta cara penyimpanannya. Jika semua buah disimpan secara baik, maka akan mengurangi kemungkinan buah terbuang sia-sia.

Related Articles

Connect with Nibble