Tips & Tricks

Cara Memilih Telur yang Baik dan Layak Konsumsi

by Kristal Pancarwengi | May 15, 2021

Cara Memilih Telur yang Baik dan Layak Konsumsi
Siapa hobi mengonsumsi telur? Bahan makanan ini kerap disebut superfood karena punya kandungan gizi tinggi yang diperlukan tubuh, salah satunya protein. Telur bisa dimakan sebagai lauk atau dipake untuk campuran membuat kue. Namun, pastikan kalian tahu cara memilih telur yang baik dan segar ya. Sebab kualitas telur bakal memengaruhi hasil akhir masakan. Mengetahui cara memilih telur yang baik akan menghindarkan kalian dari insiden gagal saat masak atau kejadian gak sengaja makan telur tak layak konsumsi. Ini dia beberapa poin yang wajib diingat saat grocery shopping.
  1. Pilih telur yang cangkangnya utuh

Ciri-ciri telur berkualitas baik yang pertama bisa dilihat dari tampilan luarnya, yaitu cangkang. Pastikan kamu memilih telur yang cangkangnya utuh sempurna dan gak ada retak sedikit pun. Retakan sekecil apa pun pada cangkang bisa jadi celah masuknya udara ke dalam telur, lho. Akibatnya, telur jadi gampang kemasukan bakteri dan lebih cepat busuk. Pastikan juga cangkang telur dalam keadaan bersih dan bebas dari sisa-sisa kotoran unggas dari peternakan. Kotoran unggas yang menempel di cangkang bisa jadi sumber bakteri yang berbahaya buat pencernaanmu, lho.
  1. Kocok telur perlahan

Cara memilih telur yang baik dan segar juga bisa dilakukan dengan mengocok atau mengguncangnya. Telur yang berkualitas bagus pasti gak akan menimbulkan bunyi “koclak” waktu diguncang. Begitu juga sebaliknya. Telur yang berkualitas jelek pasti akan mengikuti gerak kamu saat diguncang.
  1. Cek aroma telur

Aroma telur juga bisa jadi indikasi untuk menentukan bagus nggaknya kualitas sebuah telur, lho. Biasanya telur yang sudah gak segar akan menimbulkan bau-bau aneh seperti aroma sulfur atau apek saat masih bercangkang. Nah, saat dipecahkan, telur yang sudah lama atau berkualitas rendah pasti akan mengeluarkan bau busuk.
  1. Soroti dengan cahaya

Cahaya ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk memilih telur berkualitas bagus saat belanja di supermarket, lho. Cara memilih telur yang baik yaitu dengan mendekatkan telur ke sumber cahaya (misalnya lampu). Cek apakah bagian dalam telur kelihatan jernih dan terang? Apakah bagian kuningnya konstan di tengah dan gak bergerak-gerak? Kalau jawabannya iya, berarti telur tersebut berkualitas baik dan masih segar.
  1. Cek tanggal pengemasan

Cara memilih telur yang baik juga bisa dilakukan dengan mengecek tanggal pengemasan atau tanggal kedaluwarsa. Biasanya kemudahan ini bisa kalian dapat kalau belanja telur di supermarket. Menurut Sauder’s Eggs, telur idealnya dijual nggak lebih dari 30 hari sejak tanggal pengemasan. Kalau lebih dari itu, dikhawatirkan kualitasnya sudah menurun dan telur gak layak dikonsumsi lagi.
  1. Tes dengan direndam di air

Buat kalian yang sudah telanjur beli telur dan masih kurang yakin apakah telur tersebut berkualitas bagus atau tidak, coba deh lakukan tes dengan air. Telur yang berkualitas bagus biasanya akan tenggelam di dasar air. Sebaliknya, telur yang sudah hampir busuk akan mengapung di bagian atas.
  1. Pastikan kuning dan putih telur gak tercampur

Cara memilih telur yang baik juga bisa dilakukan dengan mengecek bagian kuning dan putihnya. Untuk mencoba tips ini, tentu saja kamu perlu memecahkan telur sebelumnya. Telur yang masih segar dan berkualitas baik punya bagian kuning yang bulat sempurna. Selain itu, pastikan bagian kuning dan putihnya juga gak tercampur ya! Nah, kalau sudah tahu tips memilih telur yang baik, dijamin deh kalian gak bakal salah lagi atau kecele saat belanja di swalayan atau supermarket. Share biar yang lain juga tahu ya!