Food

Bedanya Cocktail dan Mocktail, Jangan Ketukar!

by Danang Lukmana | June 30, 2021

Bedanya Cocktail dan Mocktail, Jangan Ketukar!
Sering nggak nih kalian menemukan pilihan minuman antara cocktail dan mocktail dalam daftar menu di restoran, bar, atau hotel? Sudah tahu belum nih perbedaan di antara kedua jenis minuman ini? Wah... Padahal keduanya gak sama lho. Mengenali perbedaan jenis minuman segar yang sering disajikan di sebuah bar, restoran dan hotel itu sangat penting. Kalian nggak mau kan salah membeli minuman saat kumpul bareng orang-orang terdekat? Terlebih tentang pilihan menu minuman yang nama beserta tampilannya saja, sangat mirip satu sama lain seperti cocktail dan mocktail ini. Selain sebagai konsumen, bagi kalian yang menjalani bisnis di bidang food and beverage juga wajib tahu nih perbedaan antara kedua jenis minuman ini. Jangan sampai kalian salah menyajikannya kepada pelanggan karena bisa menjadi masalah tersendiri nantinya. Nah, supaya jangan sampai salah membedakan, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1.      Ada yang Mengandung Alkohol

cocktail dan mocktail

source: Pixabay

Bagi kalian yang nggak mengonsumsi minuman beralkohol, penting banget nih untuk mengetahui kedua jenis minuman ini. Jangan sampai kan kalian salah pesan dan melanggar apa yang jadi keyakinan kalian. Bagi kalian pelaku bisnis FnB, penting juga untuk tahu supaya nggak salah menyajikan pada pelanggan yang gak mengonsumsi alkohol. Mana sih yang mengandung alkohol? Jawabannya adalah Cocktail. Dikutip dari The Spruce Eats, cocktail adalah minuman hasil campuran seperti wine, es batu, dan beberapa jenis minuman alkohol jenis liquor. Berdasarkan sejarahnya, minuman ini tercipta dari kebiasaan orang-orang zaman dahulu untuk mencampur bermacam jenis minuman termasuk yang beralkohol. Campuran aneka macam rasa dan jenis minuman tersebut menciptakan tampilan yang warna-warni seperti bulu ekor ayam jago atau “cock tail”. Sedangkan mocktail berasal dari kata bahasa Inggris “mock” yang artinya salinan atau tiruan. Yang mana minuman ini adalah tiruan dari cocktail namun versi tanpa alkohol. Jadi bagi kalian yang nggak mengonsumsi alkohol, pilih saja mocktail ya.

2.      Bahan Dasar dan Cara Pembuatannya Berbeda

mixologist untuk cocktail

source: Istockphoto

Cara pembuatan keduanya sama-sama hasil percampuran beberapa jenis minuman. Cocktail punya bahan utama dari minuman beralkohol jenis liquor seperti whisky, tequila, gin, brandy dan rum. Selain itu ia juga dicampurkan dengan wine atau sari-sari buah lainnya untuk menambah sensasi rasa. Karena mencampur beragam jenis minuman alkohol dan non-alkohol, maka pembuatan cocktail akan lebih rumit. Untuk bisa mencampurkan semua bahan tersebut, seorang bartender dalam hal ini perlu memahami ilmu mixology dan dijuluki mixologist. Kalau untuk mocktail, pembuatannya lebih mudah dan nggak terlalu rumit. Bahkan kalian sendiri bisa membuatnya di rumah. Cukup pakai shaker, blender, atau sendok untuk mengaduk, campurkan saja beberapa sari buah, sirup, dan air soda.

3.      Bahan yang Berbeda Membuat Cita Rasa yang Berbeda Pula

cocktail dan mocktail beda rasa

source: Istockphoto

Seperti yang sempat disebutkan di atas, cocktail dan mocktail memiliki perbedaan dasar dari bahan baku pembuatannya. Oleh karena itu, cita rasa keduanya juga sangat mudah untuk dibedakan. Kandungan alkohol yang ada di dalam cocktail membuatnya jadi terasa lebih pahit dan asam. Sedangkan mocktail memiliki cita rasa manis dan menyegarkan karena menggunakan sirup serta sari buah sebagai bahan utamanya. Ada juga sih yang asam atau pahit, tergantung pilihan sari buahnya.

4.      Harga Jual dan Lokasi Penjualannya Juga Beda

source: Pixabay

Untuk menghasilkan cocktail yang berkualitas, para bartender atau mixologist akan menggunakan bahan-bahan premium, termasuk pilihan minuman beralkoholnya. Minuman liquor seperti whisky, tequila, dan rum punya harga yang terkenal lebih mahal. Apalagi di Indonesia, minuman alkohol akan dikenakan pajak lebih, sehingga harga satu cocktail bisa setara dengan 10 hingga 15 gelas mocktail. Jauh banget ya. Kandungan alkoholnya tersebut juga membuat cocktail hanya bisa dijual di tempat-tempat khusus yang mendapat izin dari pemerintah. Sedangkan mocktail bisa kalian dapat di mana-mana bahkan di swalayan sekalipun. Itulah tadi Nibblers, perbedaan mendasar antara cocktail dan mocktail yang harus kalian ketahui. Terlebih bagi kalian yang pantang minum minuman beralkohol, wajib banget nih untuk diperhatikan.