Tips & Tricks

Tips Merawat Blender Supaya Awet dan Tahan Lama

by Danang Lukmana | June 07, 2021

Tips Merawat Blender Supaya Awet dan Tahan Lama
Saat ini, blender menjadi alat pengolah makanan elektronik yang penting dan seakan wajib ada di dapur rumah. Kehadirannya bisa semakin mempermudah kalian dalam berkreasi di dapur. Mulai dari membuat jus dan smoothie untuk sarapan, bahkan hingga membuat santan dan menghaluskan bumbu bagi yang malas mengulek. Banyaknya jasa blender dalam kehidupan perdapuran masa kini maka penting juga upaya perawatannya. Rajin merawat blender juga memastikan alat tersebut awet untuk dipakai dalam jangka waku lama supaya kalian juga gaperlu sering gonta-ganti. Nah, bagaimana saja sih merawatnya supaya awet dan tahan lama? Yuk simak tips merawat blender di bawah ini.

Tips Merawat Blender Berdasarkan Penggunaannya

Ada beberapa tips merawat blender yang bisa kalian praktikkan agar alat yang kalian miliki di rumah senantiasa awet dan tahan lama. Tips-tips tersebut antara lain,

1. Pilih Blender yang Berkualitas

tips merawat blender berkualitas

source: freepik

Nibblers, saat ini ada banyak jenis blender yang dijual di pasaran dan toko-toko elektronik. Nah, kalau kalian ingin blender yang bisa awet dan lebih lama, akan lebih baik membeli produk dari merek yang sudah terbukti dari kualitasnya. Kalian bisa mencari informasinya di internet atau bertanya dengan yang pengalaman dan ahli di bidangnya. Memang pada umumnya harganya akan sedikit mahal, tetapi barang yang berkualitas tentu lebih awet. Terlebih juga barang yang sudah memiliki brand atau merek ternama akan memberikan jaminan garansi dan kemudahan dalam service. Hal tersebut tentu lebih baik kan dibandingkan jika kalian membeli blender yang murah tapi kualitasnya belum terjamin dan cepat rusak.

2. Perhatikan Volume Penggunaannya

Tips merawat blender selanjutnya adalah perhatikan selalu volume bahan yang kalian masukkan ke dalam tabungnya. Demi menjaganya supaya selalu awet, usahakan untuk nggak mengisi tabungnya sampai kelewat penuh ya. Kalian cukup mengisinya setengah atau bahkan seperempat tabung saja.

source: freepik

Memblender terlalu banyak akan membuat mesinnya menjadi panas karena bekerja terlalu keras untuk menghaluskan bahan makanan yang kalian masukkan. Lama-kelamaan hal tersebut justru membuat blender yang kalian punya jadi cepat rusak. Sayang kan?

3. Jangan Menyalakan Terlalu Lama

Kebiasaan ini juga yang paling sering bikin blender kalian jadi nggak awet dan cepat rusak. Karena ingin dapat hasil makanan yang sehalus mungkin, kalian jadi menyalakan mesinnya terlalu lama. Menyalakan blender sampai batas waktu maksimalnya hanya akan bikin mesin di dalamnya panas dan jadi cepat rusak deh. Umumnya kalian hanya butuh 1-30 menit saja kok untuk menghaluskan bahan, tergantung jenis bahannya dan kualitas blendernya sendiri ya. Untuk memastikan batas waktu penggunaannya, kalian bisa baca dulu di buku panduannya. Jika makanan kalian masih belum cukup halus, bisa diulangi proses memblendernya beberapa kali gak perlu dalam satu kali pengerjaan.

4. Potong-potong Bahan Sebelum Dimasukkan

source: freepik

Fungsi utama blender memang untuk menghaluskan makanan, tapi bukan berarti kalian bisa seenaknya memasukkan bahan makanan utuh ke dalam tabungnya. Menurut Fimela, potong-potong dulu bahan makanannya menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dimasukkan. Selain membuat kerja mesin jadi lebih ringan, makanan yang kalian blender akan lebih cepat halus.

Tips Mencuci Blender

Selain tips merawat blender dengan cara memperhatikan aspek dalam penggunaannya, menjaganya untuk selalu bersih juga menjadi cara ampuh untuk menjaga alat ini tetap awet. Selain menjaga keawetan barang, dengan merawat kebersihannya juga memastikan alat bisa beroperasi secara optimal. Nah berikut tips mencuci blender yang benar:

1. Segera Cuci Setelah Digunakan

Pastikan untuk langsung mencuci blender sesaat setelah kalian menggunakannya ya! Kadang karena sibuknya dan terburu-buru, kalian jadi malas dan menunda untuk membersihkan blender yang habis kalian gunakan. Padahal itu bisa membuat blender kalian jadi bau akibat sisa-sisa bahan yang masih menempel. Sisa-sisa bahan yang menempel kalau gak kalian bersihkan akan menghambat kinerja mesin untuk dipakai selanjutnya. Cara membersihkannya sangat mudah kok. Kalian cuma perlu memasukkan air seperempat sampai setengah tabung lalu nyalakan mesin motornya selama beberapa saat. Bisa ditambahkan beberapa iris jeruk nipis dan sabun jika blender berbau amis. Hal tersebut bertujuan agar air bisa menjangkau seluruh bagian blender dan membersihkan bagian pisaunya.

2. Cuci Tabungnya dengan Sabun dan Air Mengalir

Setelah proses permbersihan pertama selesai, lepas tabung blender dari mesinnya dan bersihkan dengan sabun bagian luarnya. Selanjutnya tinggal kalian bilas dengan air mengalir sampai hilang sisa-sisa sabun tersebut. Khusus untuk mesin blender, kalian cukup mengelapnya menggunakan kain basah ke seluruh bagiannya. Jangan lupa pastikan dulu bahwa kabelnya gak sedang tercolok ke sumber listrik, ya!

3. Keringkan dan Simpan Blender di Tempat Bersih

source: freepik

Setelah blender dicuci sampai bersih, segera lap sampai kering dan simpan dalam posisi tertutup di tempat yang kering supaya nggak mudah kotor. Kotoran dan debu yang menumpuk akan membuat bagian pisaunya menjadi mudah tumpul. Selain itu, ruangan yang lembab akan menjadi sarang bakteri, jamur, dah kotoran lainnya menempel dan mengurangi kualitas blender kalian. Nah itu tadi tips-tips merawat blender di rumah kalian agar selalu awet dan tahan lama. Gak susah kan merawatnya selama kalian berhati-hati dan selalu memperhatikan panduan penggunaannya secara seksama.