Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istockphoto

Bikin Infused Water Lemon Yuk! Manfaatnya Banyak lho

July 2, 20213 min readHealthy Foodie

Bikin infused water lemon gampang banget, lho. Infused water sendiri merupakan minuman dari campuran air putih dan potongan buah-buahan yang direndam selama beberapa jam atau dibiarkan semalaman di kulkas. Selain menyehatkan dan memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit tubuh, minuman ini juga bisa mencegah dehidrasi dibanding air putih biasa.

Tapi kadang jenis infused water lemon menyisakan rasa pahit di lidah yang bikin kurang nyaman untuk diminum. Nah, berikut ini tips mudah membuat minuman infused water lemon yang rasanya nggak pahit;

Membuat Infused Water Lemon Anti Pahit

source: pexels

Untuk membuat infused water lemon yang gak pahit, pertama-tama siapkan dulu 2 buah lemon yang masih segar. Bersihkan lemon dengan air mengalir, lalu gosok-gosok kulitnya supaya debu, bakteri, maupun pestisida yang menempel hilang.

Potong-potong buah secara perlahan, tapi jangan sampai bijinya terpotong karena akan meninggalkan rasa pahit. Setelah itu buang biji tersebut yang masih keadaan utuh.

Masukkan potongan lemon ke dalam 1 liter air putih. Silakan berkreasi dengan menambahkan irisan buah lain seperti jeruk, kiwi, stroberi, dan daun mint untuk menambah variasi rasa serta manfaatnya. Tapi pastikan tambahan lainnya tersebut sudah dicuci bersih juga ya.

Jika resep sudah selesai dibuat, lalu diamkan saja air yang sudah dicampur irisan buah selama 2 hingga 4 jam di dalam kulkas. Biasanya, rasa infused water yang siap diminum akan mulai terasa asam mengikuti rasa buah tersebut.

Manfaat Infused Water Lemon Bagi Tubuh

Banyak klaim manfaat kesehatan dari infused water lemon untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi secara valid memang belum bisa dibuktikan. Kebanyakan penelitian masih menelaah manfaat air putih dan lemon secara terpisah.

Meskipun begitu, dikutip dari Healthline, kira-kira ini manfaat yang bisa kalian rasakan dari minum air putih bersama lemon;

1.      Mengandung Vitamin C yang Tinggi

source: pexels

Sudah gak perlu diragukan lagi kalau buah-buahan jenis sitrus seperti jeruk maupun lemon, merupakan buah yang tinggi kandungan vitamin C. Vitamin C sendiri adalah antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah radikal bebas. Kandungan ini juga bisa membantu tubuh merawat kesehatan bagi yang mulai terserang pilek atau flu.

Air perasan dari satu buah lemon mengandung 18,6 miligram vitamin C. Vitamin tersebut juga dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan menjaga tekanan darah.

2.      Merawat Kesehatan Kulit

Selain untuk merawat kesehatan, kandungan antioksidan dari vitamin C dipercaya juga sangat ampuh untuk kesehatan kulit. Vitamin ini bisa membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan akibat sinar matahari.

Kandungan vitamin C pada lemon dipercaya bisa membantu merangsang tubuh memproduksi kolagen yang sangat bermanfaat bagi kulit manusia. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lanjutan.

source: istockphoto

3.      Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan kalau antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon secara signifikan mengurangi penambahan berat badan. Senyawa antioksidan juga mengimbangi efek negatif dari kadar glukosa darah. Selain itu juga bisa meningkatkan resistensi insulin yang menjadi faktor utama perkembangan diabetes tipe 2.

4.      Menghidrasi Tubuh

Rata-rata perempuan membutuhkan sekitar 2,6 liter air per hari, sedangkan laki-laki memerlukan 3,6 liter air per hari. Akan tetapi, banyak orang yang kurang selera kalau hanya minum dengan air putih tawar. Itulah sebabnya, mencampurkan lemon di air putih dipercaya bisa menggugah selera untuk meminum lebih banyak. Sehingga hidrasi tubuh tetap terjaga dengan baik.

source: pexels

5.      Mencegah Batu Ginjal

Kondisi tubuh yang terhidrasi dengan baik juga bisa merawat kesehatan dan mengurangi kemungkinan terbentuknya batu ginjal. Kandungan sitrat dalam lemon juga dipercaya bisa mengurangi kadar asam dalam urine dan mencegah terciptanya kristal dalam saluran kencing.

Itu tadi deretan manfaat yang mungkin bisa kalian rasakan jika rutin meminum infused water lemon. Cara membuatnya juga mudah sekali kan, dan nggak membutuhkan biaya yang banyak. Jadi mulai saat ini, bisa kreasikan minuman air putih biasa kalian dengan tambahan irisan buah termasuk lemon.

Related Articles

Connect with Nibble