Foodies Guide To F&B Industry

Photo by starbucks.com

Kopi Lemon Enak dan Sehat, Benar Gak Sih?

March 31, 20205 min readFoodie Trends

Kopi lemon menjadi salah satu varian kopi yang menjadi tren dari dulu hingga sekarang. Meski sudah berusia cukup tua, kopi ini masih menjadi tren karena termasuk mudah untuk dibuat dan dipercaya memiliki beberapa manfaat bagi tubuh manusia.

Kopi dan lemon memang memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Kopi kaya dengan kafein yang dipercaya menjadi sumber energi sedangkan lemon kaya dengan vitamin C yang baik bagi imun, kulit, hingga mencegah kanker.

Namun, benarkah perpaduan kedua bahan ini memang benar memiliki manfaat bagi tubuh? Atau justru perpaduan keduanya mesti dihindari? Temukan jawabannya dalam artikel yang satu ini!

Tak Ada yang Tahu Pasti Kapan Mulai Dibuat

kopi lemon

Photo source: pexels

Berbeda dengan tren dalgona coffee yang memang baru muncul saat pandemi COVID-19 tengah merebak, kopi lemon sudah sejak dulu dibuat. Meski begitu, tidak ada yang tahu dengan pasti kapan varian kopi satu ini ditemukan.

Satu yang pasti, tren kopi lemon ini pertama kali dibuat di Benua Eropa. Nama lemonade coffee sendiri di beberapa negara Eropa berbeda satu dengan lainnya. Di Italia, kopi lemon akrab disebut dengan istilah espresso romano. Masyarakat Spanyol mengenal kopi ini dengan nama cafe del tiempo. Sedangkan di Swedia kopi lemon diperkenalkan oleh kaffelemonad oleh Da Matteo Cafe.

Meskipun berbeda nama, tetapi semua negara tersebut memiliki kesamaan dalam penyajian dan cara pembuatan kopi lemon ini.

Ada yang menyebut jika tren lemonade coffee dimulai pada masa Perang Dunia II. Pada masa itu, praktik ini dilakukan ketika sebuah cafe di Italia saat Perang Dunia II kekurangan air. Hal ini menyebabkan Barista harus membersihkan kopi bekas espresso dengan kulit lemon. Rasa lemon yang tersisa dalam gelas kopi setelah dicuci itulah yang kemudian disukai banyak orang dan hingga kini berlanjut.

Cerita lain menyebut jika lemonade coffee lahir di Amerika Serikat. Lemon disebut menjadi salah satu cara untuk menutupi rasa kopi yang kurang sempurna. Buah ini dikatakan dapat mengurangi rasa pahit dan kurang sedap karena biji kopi yang digarap kurang sempurna. Lemon juga dianggap bisa meningkatkan rasa manis kopi yang tersimpan di lapisan terbawah rasa kopi.

Legenda paling ekstrem menjelaskan jika kopi lemon merupakan kopi yang paling tua yang pernah dibuat. Lemonade coffee disebut sangat mirip dengan mazagran. Mazagran sendiri adalah salah satu varian kopi yang berasal dari Aljazair. Disebut jika pada masa perang di tahun 1840, pasukan Perancis membuat sebuah minuman yang mencampurkan kopi dengan rum. Minuman ini sangat membantu mereka untuk bertahan melewati malam hari yang panas di Benua Afrika.

Dibuat dengan Cara yang Cukup Mudah

kopi lemon

Photo source: pexels

Mirip dengan dalgona coffee, untuk membuat sebuah sajian kopi lemon pun tidak diperlukan bahan yang banyak. Selain itu, waktu pembuatan yang juga tidak memakan banyak waktu dan rasanya yang sangat menyegarkan membuat minuman satu ini begitu digemari oleh banyak orang.

Disadur dari Delish, berbagai negara memiliki caranya masing-masing dalam membuat varian kopi satu ini. Namun, semuanya memiliki persamaan menggunakan lemon sebagai bahan dasar utamanya selain kopi.

Banyak juga yang menyebut cara pembuatan lemonade coffee dewasa ini sangat terinspirasi dari minuman khas asal Rusia yang bernama kofyeh slimonen. Minuman satu ini begitu dicintai masyarakat Rusia dan mereka meminumnya hampir setiap hari. Negara lain seperti Swedia, Jerman, dan Meksiko mengadaptasi resep dari kofyeh slimonen dan terkadang menambahkan citrus untuk memperkaya rasa.

Sebelum masuk ke kopi, yang paling penting untuk dibuat terlebih dulu adalah sirup lemon. Ya, kunci rasa lemon dalam sajian satu ini bukan hanya hiasan buah lemon yang biasanya diletakkan di bibir gelas untuk mempercantik tampilan. Dibutuhkan juga sirup lemon untuk memperkuat rasanya. 

Membuat sirup lemon ini sangat mudah. Kalian hanya membutuhkan 200 gram gula pasir, 250 ml air putih, dan 1 buah lemon segar yang harus peras. Masukan ketiga bahan ini ke dalam wajan di atas kompor menyala dengan api sedang. Aduk hingga gulanya larut dengan sempurna lalu tiriskan ke dalam wadah lain.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan kopinya. Pilihlah kopi yang tidak mengandung ampas agar tidak mengganggu kalian saat sedang menikmati kopi. Setelah diseduh, dinginkan dulu kopi ini karena lemonade coffee lebih nikmat diminum saat dingin. Setelah dingin barulah campurkan sirup lemon ke dalam kopi bersama dengan es batu. Takaran kopi dan sirup yang dianjurkan adalah 2:2, tetapi jika kalian juga bisa membuatnya sesuai selera.

Benarkah Membawa Efek Menyehatkan Bagi Tubuh?

Photo source: medium.com

Varian kopi satu ini sering disebut begitu digemari karena memiliki beberapa manfaat bagi tubuh manusia. Berikut ini beberapa di antaranya.

Menurunkan Berat Badan

Lemon memang sering dikonsumsi oleh orang yang menjalani program diet karena disebut mampu menurunkan berat badan. Namun, jika dicampur dengan kopi apakah masih berkhasiat? Nyatanya belum ada penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan manfaat yang satu ini.

Akan tetapi, ada penelitian yang menjelaskan jika kopi bisa menjadi minuman yang efektif untuk menurunkan berat badan. Ini dikarenakan kafein dapat menstimulasi jaringan lemak aktif di dalam tubuh manusia.

Dikutip dari DetikFood, ada sebuah penelitian yang dilakukan tahun 1980-an dan 1990-an yang menjelaskan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme  tubuh. Disebut bahwa dengan konsumsi kopi segelas kalian bisa membakar 79-150 kalori tambahan dalam sehari.

Meringankan Sakit Kepala

Kopi memang menjadi salah satu obat pereda sakit kepala yang efektif. Ini dikarenakan kafein dalam kopi memiliki efek vasokonstriktor yang berfungsi untuk mengurangi aliran darah ke otak guna menghilangkan rasa sakit.

Namun, kopi yang dicampur lemon belum tentu bisa menjadi obat yang sama baiknya dengan kopi hitam. Bahkan ada beberapa kasus yang menyebut konsumsi kopi lemon justru memperparah sakit kepala mereka.

Mempercantik Kulit

Memang seperti dua manfaat di atas, manfaat yang satu ini juga belum memiliki penelitian lebih lanjut. Namun, kedua bahan utama dari minuman ini, kopi dan lemon, memang memiliki manfaat untuk merawat kulit manusia.

Pada kopi kandungan CGA dipercaya bisa meningkatkan aliran darah dan menghidrasi kulit dengan baik. Sedangkan kandungan vitamin C pada lemon dapat merangsang tubuh memproduksi kolagen yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Jadi, sebenarnya memang belum ada penelitian lebih lanjut yang menjelaskan apakah lemonade coffee memang memiliki pengaruh bagi tubuh manusia. Untuk itulah, konsumsi kopi lemon ini dalam takaran yang wajar agar tidak terjerumus kecanduan kopi.

Related Articles

Connect with Nibble