Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Travelingyuk.com

Kuliner Ekstrim dari Berbagai Negara. Berani Coba?

June 7, 20213 min readFoodie Trends

Ada banyak sekali ragam kuliner dari berbagai belahan dunia yang unik dan punya cita rasa lezat. Tapi tahu gak sih? Gak sedikit juga dari makanan tersebut yang bakal terdengar aneh dan bahkan (mungkin menjijikan) di telingamu. Yup, kita sebut aja dengan kuliner ekstrim.

Seperti namanya, kuliner ekstrim adalah jenis hidangan yang dibuat dari bahan-bahan yang gak lazim dikonsumsi. Pernah dengan didih? Yup, itu dia salah satu contohnya. Biar gak makin penasaran, simak yuk apa aja sih kuliner ekstrim dari berbagai negara?

  1. Didih – Indonesia

Didih alias marus wajib banget nih masuk dalam daftar pertama makanan ekstrim di dunia. Kuliner khas Indonesia ini dibuat dari darah kambing atau sapi yang diolah dengan direbus dan diberi garam. Buat kalian yang gak terbiasa, mungkin bakal jijik dengan makanan ini. Tapi di sebagian wilayah di Indonesia, didih justru jadi makanan favorit, lho. Konon rasanya gurih dan mirip hati ayam.

Image: Tokopedia/Barokah Niaga

  1. Balut – Filipina

Pernah gak sih membayangkan makan embrio bebek langsung dari cangkangnya? Hiyy... Kalau kalian penasaran, mungkin wajib coba balut. Kuliner asal Filipina ini dibikin dari telur itik atau ayam yang masih berisi embrio, lalu direbus dan dimakan.

Di Filipina, balut ini termasuk kuliner favorit dan mudah banget ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Selain Filipina, balut atau bah-loot ini juga ada di negara Asia lain seperti Thailand, Vietnam, dan China.

Image: Shankar S

  1. Mata Ikan Tuna – Jepang

Kalau soal kuliner ekstrim, Jepang adalah salah satu surganya. Di negara ini, kalian bahkan bisa menjumpai hidangan aneh yang berasal dari bola mata ikan tuna. Wih... Kebayang gak kayak apa seramnya?

Bola mata ikan tuna yang seukuran bola tenis ini biasa dimakan sebagai snack atau appetizer. Harganya cukup murah dan konon rasanya mirip cumi-cumi. Mata ikan tuna umum disajikan dengan campuran kecap dan minyak wijen. Kalian berani coba?

Image: Reellyfresh

  1. Ulat Sagu – Indonesia

Balik lagi nih ke Indonesia. Kuliner ekstrim lain yang wajib dicoba sekali seumur hidup adalah ulat sagu. Seperti namanya nih, Nibblers, ulat yang satu ini memang hidup di pohon sagu. Bentuknya bulat besar-besar dan punya kandungan protein yang cukup tinggi.

Oleh penduduk lokal, ulat sagu biasa dikonsumsi matang maupun mentah. Saat mentah, ulat ini bertekstur creamy. Sedangkan jika dimasak, ulat sagu konon rasanya mirip daging ayam. Hmm... Gimana nih kalian berani icip-icip?

Image: Shutterstock

  1. Sup Kura-Kura - China

Sup kura-kura? Seperti apa rasanya ya? Kuliner ekstrim yang satu ini ternyata cukup populer di China. Masakan ini dibuat dari daging, kulit, serta jeroan kura-kura bercangkang lunak. Warga China sangat menyukai masakan ini karena konon rasanya sangat lezat dan gurih. Tapi, bukannya kura-kura adalah hewan yang harusnya dilindungi ya?

Image: Sersengturtlesoup

  1. Chaprah – India

Pernah ngerasain gimana rasanya makan semut? Pasti sedikit pedas dan aneh di lidah. Nah, di India kalian bisa lho mencicipi makanan yang dibuat dari semut. Chaprah namanya. Kuliner yang biasa dimakan suku Chhatisgarh ini berbahan dasar semut merah sekaligus telur-telurnya. Nah, penduduk lokal biasanya memasak chaprah dengan campuran bubuk cabai untuk memberi rasa pedas. Duh... Kira-kira gimana ya rasanya?

Image: Times Knowledge

Sebetulnya masih ada banyak lagi kuliner dan hidangan ekstrim lain di berbagai penjuru dunia. Tapi yakin nih masih mau lanjut? Atau jangan-jangan kalian sudah mulai mual-mual bayanginnya? Hihi... Kalau kalian sendiri, pernah coba makan makanan aneh apa nih? Share yuk!

Related Articles

Connect with Nibble