Nibble'S Guide

10 Kuliner Malam di Surabaya yang Enak. Jangan Buru-Buru Tidur

by Danang Lukmana | October 07, 2021

10 Kuliner Malam di Surabaya yang Enak. Jangan Buru-Buru Tidur
Kuliner malam di Surabaya memang terkenal banyak pilihannya. Dari mulai warung makan, kedai pinggir jalan, sampai tenda gerobak juga bisa kamu pilih. Apalagi Surabaya terkenal dengan cuaca panasnya di siang hari, sehingga saat malam dijadikan pelampiasan untuk kulineran keluar rumah sampai puas. Berikut ini pilihan kuliner malam di Surabaya yang gak boleh kamu lewatkan. Jangan buru-buru tidur ya!

1.      Sate Klopo Ondomohen

Salah satu makanan unik khas Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen. Bahkan tempat makan di Jalan Walikota Mustajab ini sudah tergolong legend karena sudah ada sejak 1940 an. Dinamakan sate klopo karena memang daging sapi dan ayamnya terlebih dulu dimarinasi dengan bumbu yang dicampur parutan kelapa. Rasa gurih kelapa tersebut memberikan sensasi gurih khas dan tekstur unik tersendiri. Buka dari siang hingga 11 malam, rumah makan ini semakin ramai saat jam makan malam.

Source: @laparlagimakanlagi

Alamat: Jl. Walikota Mustajab No. 36, Genteng, Surabaya.

2.      Rawon Setan

Tempat makan rawon yang cukup legendaris dan terkenal di Surabaya, salah satunya adalah Rawon Setan. Lokasinya pun strategis di Jalan Embong Malang seberang JW Marriot Hotel. Dinamakan Setan karena bukanya nyaris 24 jam, sehingga saat tengah malam seolah jadi tempat makannya setan. Tapi di sini punya menu rawon sapi yang potongannya besar-besar namun sangat empuk. Semakin nikmat disantap dengan sambal, telor asin, dan nasi putih hangat.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Embong Malang No. 78, Genteng, Surabaya.

3.      Nasi Goreng Kambing Idola

Malam hari juga jadi saat yang pas untuk menikmati seporsi nasi kambing yang gurih nikmat. Di daerah Jalan Mulyosari No. 148, ada nih tempat makan bernama Nasi Goreng Kambing Idola yang sudah tersohor. Nasi goreng di sini terkenal dengan bumbu rempah gurih dan sedikit pedas, serta potongan daging kambing yang gak pelit. Selain kambing, ada pilihan rasa lainnya seperti nasgor cumi hitam, ayam sosis, dan telur orak-arik.

Source: @horizonhoman

Alamat: Jl. Raya Mulyosari No. 148, Mulyorejo, Surabaya.

4.      Nasi Goreng Pak Kumis

Menu nasi goreng memang gak pernah salah untuk dimakan kapan saja, termasuk saat tengah malam. Salah satu pilihan terbaik ada di Nasi Goreng Pak Kumis yang dikenal juga dengan nasgor Joko Dolog, karena lokasinya dekat arca Joko Dolog. Andalan di sini adalah nasi goreng krengsengan yang berwarna agak kemerahan karena ditumis dengan saus tomat. Semakin nikmat lagi karena disajikan dengan mie goreng yang dimasak terpisah dan juga telur goreng.

Source: @limbywellylim

Alamat: Jl. Taman Apsari No. 25A, Genteng, Surabaya.

5.      Soto Ayam Cak Mu’in

Warung Soto Ayam Cak Mu’in termasuk salah satu warung soto yang buka sampai tengah malam. Berlokasi di daerah Klampis (Ruko sebelum masuk perumahan Wisma Mukti), tempatnya cukup luas dan bersih, sehingga nyaman untuk makan di dalam. Menu utamanya adalah soto dengan daging ayam kampung asli. Lalu ditambah dengan pilihan telur ayam muda alias telur uritan, serta bubuk koya dari kerupuk udang yang gurih.

Source: @kulinersby

Alamat: Jl. Arief Rahman Hakim Blok A1 - 3 No. 14E, Sukolilo, Surabaya.

6.      Tahu Telor Pak Jayen

Buka dari jam 4 sore sampai 11 malam, Tahu Telor Pak Jayen termasuk yang paling terkenal dan laris di Surabaya. Satu porsi tahu telur berisi irisan lontong, tahu, telur dadar, kentang, dan tauge. Lalu semuanya disiram dengan saus kacang yang dicampur bumbu petis yang gurih beraroma khas. Semakin nikmat kalau makannya bersama kerupuk yang banyak.

Source: @amazingindonesiafood

Alamat: Jl. Dharmahusada No. 112, Gubeng, Surabaya.

7.      Pecel Kertajaya Suzanna

Nama Suzanna memang identik dengan hal yang berbau horror, tapi tenang saja Pecel Kertajaya Suzanna ini nggak menakutkan kok. Meskipun buka dari jam 2 dini hari hingga jam sarapan pagi, warung pecel ini justru jadi penyelamat kamu yang sering kelaparan tengah malam. Bumbu pecelnya khas dengan ciri saus kacang yg gak terlalu halus dan ditambah remesan peyek yang kriuk kriuk. Pilihan lauknya juga menggoda dari mulai dadar jagung, perkedel, hingga sate-satean.

Source: @cecekuliner

Alamat: Jl. Kertajaya No.161 (Depan Suzanna Baby Shop), Gubeng, Surabaya.

8.      Pecel Rawon Pucang

Penasaran nggak nih gimana rasanya nasi pecel disiram kuah rawon? Nah, cobain aja sensasinya langsung di Warung Nasi Pecel Rawon Pucang. Selain kombinasi rawon-pecel tersebut, ada pilihan lauk lainnya dari mulai telur, ayam goreng, hingga empal. Buka dari jam 9 malam sampai 3 subuh, di sini tersedia tikar dan tempat duduk untuk nongkrong menunggu waktu pagi.

Source: @amazingindonesiafood

Alamat: Jl. Pucang Anom No.17, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Kota Surabaya.

9.      Nasi Babat Pegirian

Salah satu pelopor dan penjual nasi babat di Surabaya adalah yang terletak di dekat Pasar Pegirian ini. Ciri khas menu di sini karena nasi babatnya menggunakan nasi jagung khas Madura yang mantap dan wangi. Isinya ada babat, usus, paru, telur bumbu bali, ikan tongkol, dan peyek. Cita rasa gurih asin sangat cocok berpadu dengan sedapnya nasi jagung. Jam bukanya dari pukul 4 sore sampai tengah malam.

Source: @amazingindonesiafood

Alamat:  Jl. Pegirian, Ampel, Kec. Semampir, Kota Surabaya.

10.   Sego Sambel Mak Yeye

Kalau ngomongin kuliner malam di Surabaya, jangan sampai melupakan sego sambal mereka yang khas. Salah satu penjual sego sambal yang paling terkenal tentu saja adalah Mak Yeye. Jam operasionalnya bisa sampai jam 4 subuh, tapi semenjak pandemi lebih sering sampai jam 11 saja. Nah satu porsinya tuh berisi nasi, tempe goreng, telur dadar, iwak pe (ikan pari), dan siraman sambal yang pedas.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 12 (Belakang DTC), Wonokromo, Surabaya. Mantap bukan pilihan kuliner malam di Surabaya tersebut? Kira-kira kamu paling ingin mencoba kuliner malam yang mana nih? Yang penting kalau berkunjung ke Surabaya jangan buru-buru tidur.