Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram/rawonbar

10 Rawon Paling Enak di Surabaya, Bikin Laper!

August 10, 20214 min readFoodie Trends

Rawon paling enak sudah tentu berada di kota asalnya yaitu Surabaya. Meski begitu, beberapa daerah di Jawa Timur juga sebenarnya mengenal varian rawon dengan sedikit perbedaan di cara memasak dan bumbunya. Kalau kamu lagi ada di Surabaya, nih, Nibble kasih rekomendasi untuk menyantap beberapa rawon terbaik di kota ini.

1. Rawon Kalkulator

Photo source: Instagram/rawonkalkulator

Kira-kira, kenapa ya disebut Rawon Kalkulator? Ternyata, sang pemilik punya kemampuan menakjubkan, menghitung total harga rawon dengan cepat tanpa bantuan kalkulator. Sering kali, hal ini jadi daya tarik tersendiri bagi warung rawon yang buka hingga tengah malam ini. Menyiasati pandemi, Rawon Kalkulator membuat rawon siap santap dalam kemasan dan mendistribusikannya hingga ke kota sebelah seperti Sidoarjo.

Lokasi: Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya

2. Rawon Nguling

Photo source: Instagram/rawonnguling

Rawon Nguling sudah berdiri sejak tahun 1940-an. Terbayang, kan, gimana legendarisnya? Bukan hanya rawon daging, mereka juga memberikan pilihan rawon iga, rawon buntut, hingga rawon dengkul yang dijual dengan harga mulai Rp26 ribu per porsi.

Alamat: Jalan Kendang Sari Industri Nomor 41 B, Kendangsari, Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya

3. Rawon Pak Pangat

Photo source: Instagram/rawonpakpangatwonokromo

Rawon Pak Pangat adalah satu lagi rawon paling enak di Surabaya yang legendaris. Selain dengan kuah hitam nan gurih, daging suwir, krengsengan, telur asin, tempe, dan tahu ikut meramaikan semangkok rawon dari tempat ini. Selain makan di tempat, kini Rawon Pak Pangat juga menerima pesanan khusus dalam jumlah banyak.

Alamat: Jalan Ketintang Baru Selatan, I/15, Gayungan, Surabaya

4. Rawon Setan

Photo source: Instagram/hhengkii

Gurih, manis, pedas adalah beberapa hal yang bisa dijelaskan waktu memakan kuah hitam dari Rawon Setan. Ya, namanya memang disebut begitu karena rasa pedasnya yang cukup menggigit lidah. Terlebih lagi memang dulu mereka bukanya hanya tengah malam. Potongan daging yang besar dan empuk menjadi daya tarik dari rawon ini.

Alamat: Jalan Embong Malang, Nomor 78, Genteng, Surabaya

5. Rawon Gajah Mada

Photo source: Instagram/ rawongajahmada.sby

Minggir sedikit ke arah Sidoarjo, kita bisa menemukan Rawon Gajah Mada. Berbeda dengan yang lain dengan kuah hitam pekat, rawon paling enak di sekitar Surabaya ini memiliki kuah agak bening tapi masih terasa kandungan kluweknya. Selain daging, rawon ini juga memiliki menu otak dan oseng daging dengan sensasi pedas.

Alamat: Jl. Gajah Mada, Pekauman, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo

6. Rawon Greget

Photo source: Instagram/rawon_greget

Mau rawon dengan sentuhan modern? Rawon Greget tempatnya. Mereka mengusung konsep yang cukup kekinian dengan penataan saji yang menarik. Untuk kamu yang suka dengan topping tambahan, mereka menyediakan topping secara terpisah seperti telur asin dan kerupuk udang. Saat ini, mereka hanya melayani pesan antar.

Alamat: Kapasan Dalam Gg. III No.2, Kapasan, Kec. Simokerto, Surabaya

7. Rawon Bar

Photo source: Instagram/rawonbar

Rawon Bar membawa kuliner Surabaya lebih dekat ke anak muda. Kemasan dan paduan makanannya membuat kuah berwarna eksotis ini lebih mudah diterima. Dengan menggunakan wadah mangkok kertas, Rawon Bar juga bisa menjadi makan siang ekspress yang bisa kamu coba.

Alamat: Loop Graha Famili, Surabaya

8. Rawon Bu Lilis

Photo source: Instagram/surabayafoodies

Warung Bu Lilis adalah tempat yang tepat kalau kamu mau cari rawon paling enak di Surabaya dengan rasa yang sederhana. Menu lain di warung ini adalah pecel, jadi cocok untuk kamu yang jalan bareng temen yang nggak mau makan olahan daging. Sama-sama seneng, deh!

Alamat: Jl. Raya Darmo Indah Timur, Surabaya

9. Warung Pojok Moro Seneng

Photo source: Instagram/oriezky

Walaupun sebenarnya ini adalah warung pecel, tapi rawon dari Warung Pojok Moro Seneng ini nggak kalah enaknya sama tempat rawon lainnya. Penyajiannya yang cepat membuat membuat tempat ini cocok untuk kamu yang seneng sekadar mampir untuk makan dan lalu pergi lagi.

Alamat: Jl. Pucang Anom, Surabaya

10. Warung Pak Eko

Photo source: Instagram/pink_revolution

Masih dari kawasan sekitaran Jalan Pucang, Warung Pak Eko menawarkan sesuatu yang lebih dari rawon atau krengsengannya yaitu telur setengah matang yang bulat sempurna. Berbeda dengan yang biasanya memakai telur rebus atau telur asin, di sini kamu bisa menikmati sensasi lain dari telur Warung Pak Eko yang populer.

Alamat: Jl. Pucang Adi 58, Surabaya

Selama masa PPKM, sebagian dari tempat rawon paling enak di Surabaya memang tutup. Namun, mereka masih melayani pesan antar atau makan di tempat dengan protokol kesehatan yang ketat.

Related Articles

Connect with Nibble