Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

6 Makanan Pengganti Nasi Untukmu yang Sedang Diet

May 14, 20213 min readHealthy Foodie

Nasi biasanya jadi musuh utama mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Karbohidrat dalam nasi memang kerap dihindari karena konon bikin tubuh cepat gemuk. Nah, buat kalian yang lagi menjalani program diet, ada beberapa alternatif karbohidrat dari makanan pengganti nasi nih yang bisa dipilih.

Yup, meskipun menghindari nasi, kalian tetap butuh karbohidrat ya supaya tubuh mendapat pasokan energi yang cukup untuk beraktivitas. Nah, karbohidrat ini bisa didapat dari makanan lain selain nasi. Jenis karbo yang diperlukan para pelaku diet adalah karbohidrat kompleks.

Pilihan Makanan Pengganti Nasi dengan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbo tinggi serat yang dilengkapi dengan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Dibanding karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks ini lebih lama dicerna tubuh dan oleh karena itu bikin perut kenyang lebih lama.

Selain itu, karbohidrat kompleks juga terbukti lebih sehat karena bisa mengontrol kadar gula dalam darah, lho. Nah, buat kalian yang lagi cari-cari referensi makanan pengganti nasi dengan kandungan karbo kompleks, ini dia beberapa pilihan yang bisa dicoba.

  1. Roti gandum utuh

Makanan pengganti nasi dengan karbohidrat kompleks yang bisa kamu pilih sebagai menu diet adalah roti gandum utuh. Gandum utuh juga mengandung beragam protein dan mineral yang diperlukan tubuh. Tapi, tetap jeli memilih roti gandum utuh ketika belanja di supermarket ya. Pastikan di kemasan tertera keterangan 100% whole grain supaya manfaat yang kamu dapat bisa lebih maksimal.

  1. Oatmeal

Oatmeal juga bisa jadi makanan pengganti nasi untuk kamu yang lagi berdiet. Di dalam semangkuk oatmeal terdapat karbohidrat kompleks dan serat yang bantu perut terasa kenyang lebih lama. Jadi, nafsu makan pun lebih terkontrol.

Namun, perhatikan juga topping yang kamu campurkan saat mengonsumsi oatmeal, ya. Pastikan makanan tambahan tersebut gak mengandung terlalu banyak gula, lemak, atau kolesterol yang bikin program dietmu gagal.

  1. Beras merah

Beras merah sering banget nih dijadikan alternatif makanan pengganti nasi karena gak cuma sehat, tapi juga punya indeks glikemik yang rendah. Artinya, nasi merah bagus untuk bantu mengatur gula darah sekaligus menjaga berat badan tetap ideal.

Buat kamu yang belum pernah mengonsumsi nasi merah sebelumnya, coba deh. Selain sehat, nasi merah rasanya juga gak kalah lezat dari nasi putih, lho. Jangan lupa lengkapi dengan lauk bergizi seperti sayur-sayuran ya!

  1. Kembang kol

Kalau kamu bosan dengan menu makanan pengganti nasi yang itu-itu aja, coba deh beralih ke kembang kol. Sayuran yang satu ini gak cuma lezat, tapi juga bagus buat yang sedang berdiet karena mengandung karbo kompleks.

Sebagai sumber serat yang baik, kembang kol dikenal efektif untuk memperlambat pencernaan dan membuat perut kenyang lebih lama. Risiko kenaikan BB pun bisa dicegah sebaik mungkin.

Orang-orang biasanya mengonsumsi kembang kol dengan beragam cara, mulai dari dikukus dan dimakan dengan saus wijen, atau disangrai seperti saat memasak nasi goreng.

  1. Ubi jalar

Makanan pengganti nasi yang selanjutnya adalah ubi jalar. Gak seperti nasi yang mengandung karbo sederhana, ubi jalar mengandung karbohidrat kompleks dan tinggi serat yang bantu bikin perut kenyang lebih lama.

Selain membantu mengontrol berat badan, ada banyak manfaat ubi jalar lain yang bagus untuk kesehatan. Mulai dari mengatur tekanan darah, mengontrol gula darah, meningkatkan sistem imun tubuh, hingga mencegah risiko penyakit kanker.

  1. Kentang

Ngomongin karbo kompleks sebagai makanan pengganti nasi, tentu gak lengkap kalau gak menyebutkan kentang. Selain mengenyangkan, kentang juga mengandung pati resisten. Pati resisten merupakan jenis nutrisi yang gak bisa dicerna tubuh dengan cepat sehingga berat badan bisa turun lebih cepat.

Oh iya, karena sedang dalam rangka diet, sebaiknya kentang diolah dengan direbus atau dikukus saja ya, bukan digoreng untuk menghindari lemak.

Selain mengonsumsi makanan dengan karbo kompleks seperti di atas, jangan lupa imbangi dengan pola hidup sehat seperti istirahat cukup dan olahraga supaya BB cepat ada di angka ideal ya!

Related Articles

Connect with Nibble