Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istockphoto

Seger… Ini Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

May 28, 20215 min readHealthy Foodie

Kalian udah tau belum nih, bahwa banyak manfaat air kelapa yang baik untuk kesehatan tubuh kita? Air buah yang sering diolah menjadi minuman menyegarkan ini juga menyimpan manfaat kesehatan di dalamnya. Ya, sudah banyak studi dan penelitian yang membuktikan bahwa air kelapa memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita lho. Patut bersyukur deh kita tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia, di mana kita bisa dengan mudahnya menjumpai tanaman dan buah kelapa.

Air dari tanaman bernama Latin cocos nucifera ini juga banyak dijual baik di pedagang kaki lima sampai di restoran, bahkan dalam bentuk minuman kemasan juga ada. Nah, sebelum kalian meneguk kesegaran air kelapa, yuk simak dimuat 8 manfaat kesehatan di antaranya!

  1. Sumber Nutrisi yang Baik

coconut water benefits

Photo source: Istockphoto

Air kelapa terbentuk secara alami di dalam buahnya yang mengandung 94% air dan sangat sedikit kandungan lemaknya. Buah Kelapa umumnya butuh waktu 10 sampai 12 bulan untuk matang sepenuhnya. Air kelapa yang sering kalian minum umumnya berasal dari kelapa muda yang berumur sekitar 6-7 bulan. Kelapa yang lebih tua juga ada airnya tapi jumlahnya gak begitu banyak dan rasanya kurang segar.

Dikutip dari Healthline, kandungan gizi yang dikandung dalam satu cangkir (240 ml) air kelapa antara lain:

  • Kalori               : 46
  • Karbohidrat     : 9 gram
  • Serat                : 3 gram
  • Protein            : 2 gram
  • Vitamin C        : 10% dari RDI (Recommended Daily Intake atau rekomendasi harian)
  • Magnesium     : 15% dari RDI
  • Mangan           : 17% dari RDI
  • Kalium             : 17% dari RDI
  • Sodium            : 11% dari RDI
  • Kalsium           : 6% dari RDI

Berkat beberapa kandungan nutrisi yang baik tersebut, air kelapa bisa dinikmati baik oleh orang sehat maupun yang menderita penyakit apapun.

  1. Membantu Proses Rehidrasi

Rehidrasi dengan manfaat air kelapa

Photo source: Freepik

Air kelapa bisa menjadi minuman yang sempurna untuk proses rehidrasi tubuh dan mengisi kembali elektrolit yang hilang saat berolahraga dan aktivitas fisik lainnya. Elektrolit yang di antaranya ada kalium, magnesium, natrium, dan kalsium, merupakan mineral yang berperan penting dalam tubuh kita. Termasuk dalam hal menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Kandungan air kelapa yang paling baik untuk proses hidrasi tubuh adalah yang berasal langsung dari buah kelapa segar. Hal itu karena selain masih murni, juga belum ada penambahan zat pemanis buatan, dibanding beberapa minuman eltrolit kemasan.

  1. Menghalau Radikal Bebas

Air Kelapa mengandung antioksidan

Photo source: Freepik

Radikal bebas merupakan sebuah molekul yang gak stabil dan diproduksi oleh sel-sel tubuh selama proses metabolisme. Produksi sel yang dapat membahayakan ini, semakin meningkat sebagai respon dari tubuh saat sedang mengalami stres atau pola makan yang gak sehat. Jika kandungan radikal bebas dalam tubuh sudah terlalu banyak, tubuh bakal mengalami kondisi stres oksidatif yang bisa membuat kerusakan pada sel-sel yang sehat. Bahkan memicu timbulnya kanker.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat air kelapa mengandung antioksidan yang mampu meredakan efek stres oksidatif dan menangkal radikal bebas. Tapi sejauh ini, belum ada penelitian yang benar-benar meyakini aktivitas antioksidan ini pada tubuh manusia.

  1. Mengontrol Gula Darah bagi Penderita Diabetes

gula diabetes diatasi dengan manfaat air kelapa

Photo source: Freepik

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan pada hewan uji (tikus) yang menderita diabetes. Masih di penelitian yang sama, ditemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c (HbA1c) yang lebih rendah. Hal itu menunjukkan kontrol gula darah untuk jangka panjang yang baik.

Air kelapa juga terbukti mengandung sumber magnesium yang baik dan bisa meningkatkan sensitivitas insulin untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pra-diabetes.

  1. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

sakit ginjal bisa dicegah pakai air kelapa

Photo source: Istockphoto

Minum air secara cukup merupakan cara terbaik untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Air putih tetap pilihan terbaik, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kelapa juga punya fungsi yang sama baiknya.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lainnya bergabung membentuk kristal dalam urin. Penelitian pada medium tikus menunjukkan bahwa air kelapa bisa mencegah kristal menempel pada ginjal saluran kemih.

Namun, ini barulah studi yang pertama, perlu dilakukan studi lanjutan untuk temuan yang baru.

  1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Minum air kelapa bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke. Hal itu karena di dalamnya mengandung 600 miligram kalium dalam setiap 8 ons (240 ml). Kalium terbukti mampu menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Terdapat juga kandungan zat anti-trombotik yang bisa mencegah pembentukan gumpalan darah.

  1. Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

Air kelapa juga bisa membantu mengurangi keluhan-keluhan seperti mual, muntah, dan diare lho. Saat kalian terkena diare, ia dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Bahkan, osmolaritasnya lebih tinggi dibanding dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare.  Selain itu juga bisa mengurangi rasa mual dan pusing efek dari mabuk minuman beralkohol.

  1. Mempercantik Kulit

Manfaat air kelapa untuk kulit

Photo source: Pexels

Nah yang terakhir, air kelapa juga memiliki manfaat untuk merawat kecantikan kulit lho! Dengan rajin meminum airnya, maka kulit kalian akan semakin halus, kencang, dan nampak lebih muda. Hal itu karena ada kandungan sitokinin dan vitamin C di dalamnya. Kandungan sitokinin bisa membuat kadar pH dalam tubuh menjadi seimbang, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, serta mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

Nibblers, ternyata air kelapa memiliki manfaat yang menakjubkan buat kesehatan tubuh ya. Meskipun beberapa penelitian masih harus dibuktikan lebih lanjut, tapi gak ada salahnya deh mulai sekarang rajin minum air kelapa. Dan perlu diingat, pilih yang segar tanpa diberi tambahan gula dan pemanis lainnya ya supaya manfaatnya lebih kerasa optimal.

Related Articles

Connect with Nibble