Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

7 Makanan Anti-Aging yang Bikin Awet Muda

June 9, 20214 min readFoodie Trends

Siapa sih yang nggak ingin punya kulit sehat, kenyal, dan selalu awet muda? Beragam produk kosmetik, skincare yang menawarkan kandungan anti-aging bertebaran di pasaran. Tapi tahu gak nih kalian, kalau manfaat anti-aging juga bisa didapat dari makanan yang bisa kita konsumsi lho. Rutin konsumsi makanan anti-aging menawarkan alternatif merawat kulit yang lebih murah daripada harus perawatan sana-sini.

source: istockphoto

Namun sayangnya, di usia muda dan remaja banyak yang masih belum memperhatikan masalah kesehatan ini. Banyak anak muda yang malas menjalani gaya hidup sehat dan pola makannya sembarangan. Padahal itu rentan lho menyebabkan penuaan dini.

Oleh karena itu, yuk sama-sama kita pelajari apa saja sih makanan anti-aging yang bisa merawat keremajaan kulit sekaligus melawan penuaan dini.

Pilihan Makanan Anti-Aging yang Menyehatkan

Ada banyak lho pilihan makanan alami dan sehat untuk membantu menjaga keremajaan kulit dan tubuh kita. Sebelum masuk di usia 30an, penting nih mulai memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi.

Dirangkum dari Healthline, berikut pilihan makanan anti-aging yang bisa kalian konsumsi.

1.      Pepaya

source: pexels

Buah yang umum dijumpai di Indonesia ini ternyata kaya akan beragam antioksidan, vitamin, dan zat mineral lho. Kandungannya antara lain Vitamin A, C, K, E, Kalsium, Potassium, Magnesium, fosfor, dan vitamin B kompleks. Berbagai macam antioksidan dalam pepaya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan menunda tanda-tanda penuaan.

Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang  bekerja sebagai salah satu agen anti-inflamasi terbaik dari alam. Kandungan enzim ini juga membantu proses pengelupasan kulit mati sehingga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan.

2.      Alpukat

source: freepik

Buah yang sering dibuat jus ini ternyata juga mampu menangkal efek negatif penuaan dan kaya akan nutrisi. Kandungannya antara lain, kalium, vitamin K, C, E, A, dan vitamin B kompleks. Selain itu buah ini juga kaya akan asam lemak tak jenuh dan serat untuk membantu menghaluskan dan merawat kekenyalan kulit.

Selain dijadikan jus, buah ini juga lezat untuk dimasukkan ke dalam salad, sushi, dan saus guacamole ala Meksiko. Kalian juga bisa membuatnya jadi masker wajah untuk melembabkan serta mengurangi kerutan pada kulit.

3.      Bayam

source: pexels

Sayuran yang jadi kegemarannya tokoh kartun Popeye ini juga memiliki manfaat untuk menjaga keremajaan tubuh. Bayam dilengkapi oleh zat antioksidan dan fitonutrien yang membantu melindungi kulit dari sinar UV. Sayur ini juga kaya kandungan beta-karoten dan lutein yang efektif untuk menjaga kekenyalan serta kelembapan alami kulit.

4.      Blueberry

source: pexels

Buah yang lezat ini kaya akan kandungan vitamin A dan C, serta anti-oksidan yang disebut dengan antosianin. Kandungan antosianin inilah yang membuatnya berwarna biru yang indah. Antioksidan akan melawan radikal bebas yang menyerang Anda lewat polusi, sinar matahari, dan berbagai bahan-bahan kimia berbahaya. Selain itu, berbagai vitamin dan nutrisi yang terdapat pada buah-buahan ini ampuh untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

5.      Kacang-Kacangan

source: pexels

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, dan kacang kenari merupakan sumber vitamin E yang baik. Kandungan vitamin E tersebut dapat membantu memperbaiki jaringan kulit, mempertahankan kelembapan kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan sinar UV. Kacang kenari atau walnut juga dilengkapi oleh asam lemak omega-3 yang bersifat anti-inflamasi yang memperkuat membran sel kulit.

6.      Ikan Laut

source: freepik

Ikan yang hidup liar di lautan seperti salmon dan sarden bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan stroke berkat kandungan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini juga memiliki manfaat memperkuat membran sel kulit serta melindungi kulit dari kerusakaan akibat sinar UV. Kulit kalian pun akan selalu terjaga kelembabannya dan lembut jika rutin makan ikan.

7.      Cokelat Hitam (Dark Chocolate)

source: pixabay

Makanan anti-aging berikutnya adalah cokelat. Ya, makan coklat juga bisa bikin kalian awet muda lho. Tapi usahakan pilih cokelat yang hitam atau dark chocolate bukan dari milk chocolate atau white chocolate yang tinggi kandungan lemak dan gulanya. Cokelat hitam memiliki kandungan flavanol yang bermanfaat menjaga kulit dari terpaan sinar UV. Selain makan cokelat juga termasuk dalam jenis makanan penghilang stres yang membantu pikiran tetap positif.

Nah itu di antaranya makanan anti-aging yang bisa kalian konsumsi untuk menangkal penuaan dini. Selain rutin mengkonsumsi makanan sehat, penting juga berolahraga dan menjaga pikiran tetap positif supaya gak cepat tua.

Related Articles

Connect with Nibble