Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

7 Manfaat Susu Kambing yang Menakjubkan

May 19, 20213 min readHealthy Foodie

Susu kambing ternyata merupakan superfood yang jadi favorit sejak berabad-abad yang lalu. Gak cuma lezat, ada banyak manfaat susu kambing yang bisa kita peroleh, baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit. Kalian pasti pernah dengar kan kisah seorang Ratu Mesir yang menggunakan susu untuk mandi?

Dibandingkan susu sapi, konsumsi susu kambing global ternyata lebih tinggi, lho. Melansir Web MD, susu kambing merupakan jenis dairy products yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Di banyak negara, susu kambing bahkan lebih digemari daripada susu sapi.

Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan dan Kecantikan

Secara tekstur, susu kambing lebih kental dan creamy dibanding susu sapi. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan nutrisi di dalamnya. Buat kalian yang masih penasaran apa saja manfaat susu kambing, ini dia beberapa di antaranya.

  1. Mengontrol kolesterol

Gaya hidup gak sehat dan pertambahan usia sering kali bikin level kolesterol melewati batas normal. Susu kambing bisa dimanfaatkan sebagai minuman terapi alami untuk mengontrol kolesterol dalam tubuh. Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau susu kambing efektif menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Pengganti ASI yang baik

ASI (air susu ibu) memang sumber nutrisi terbaik. Tapi ada kalanya keadaan tertentu mengharuskan ibu untuk stop menyusui anaknya. Nah, susu kambing bisa nih jadi minuman pengganti.

Gak seperti susu sapi yang tinggi laktosa, susu kambing justru sangat rendah laktosa sehingga gak menimbulkan alergi yang sering diderita bayi dengan pencernaan yang masih sensitif.

[caption id="attachment_19683" align="alignnone" width="3224"] Glass of milk on the table[/caption]

  1. Menyehatkan pencernaan

Manfaat susu kambing yang lain adalah membantu menyehatkan sistem pencernaan. Ini berkat kandungan oligosaccharides yang bekerja sebagai prebiotik di saluran cerna. Prebiotik ini punya tugas melawan bakteri jahat dalam perut, melancarkan BAB, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

  1. Mengatasi anemia

Punya keluhan anemia? Daripada konsumsi obat sembarangan, coba deh perbanyak minum susu kambing. Manfaat susu kambing salah satunya memang untuk membantu mengatasi anemia. Ini karena dalam segelas susu kambing terkandung kalsium, zat besi, fosfor, dan magnesium yang kadarnya lebih tinggi dibandingkan yang ada di susu sapi.

  1. Mengatasi TBC dan asma

Keluhan asma bisa menyerang kapan aja. Pastinya kondisi ini bikin kalian gak nyaman dan gak bisa beraktivitas dengan baik. Buat pencegahan, mulai sekarang perbanyak minum susu kambing, yuk.

Susu kambing memang dikenal efektif untuk mengobati asma dan penyakit lain yang berhubungan dengan gangguan pernapasan. Susu kambing bekerja membersihkan saluran napas sehingga asma gak gampang kambuh.

  1. Meningkatkan imun tubuh

Kondisi imun tubuh manusia biasanya naik turun, apalagi di musim pergantian cuaca seperti sekarang. Selain menerapkan perilaku hidup sehat, coba yuk konsumsi susu kambing tiap hari. Susu kambing ini bagus lho buat memperbaiki sistem imun tubuh, apalagi pada anak-anak.

  1. Menjaga kecantikan kulit

Manfaat susu kambing yang satu ini pastinya bikin antusias para pencinta perawatan kulit nih. Yup, susu kambing memang mengandung asam laktat (salah satu jenis AHA paling lembut) yang terbukti punya efek bagus untuk kulit.

Selain mencerahkan, AHA pada susu kambing juga bekerja mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih muda dan terasa halus. Wajar kalau banyak produk skincare yang memanfaatkan susu kambing sebagai ingredients utamanya.

Tentu masih banyak manfaat susu kambing lainnya yang bisa kalian peroleh. Buat yang kurang suka dengan susu kambing murni, sekarang sudah banyak kok susu kambing yang diolah dalam berbagai jenis produk. Misalnya yogurt, keju, butter, pie susu, puding, dan sebagainya.

Related Articles

Connect with Nibble