Foodies Guide To F&B Industry

Meltique Beef, Jalan Pintas Bikin Daging Steak Murah

September 17, 20194 min readFoodie Trends

Pernahkah kalian menemukan daging steak murah dan katanya dari sapi wagyu? Lalu kalian membelinya. Ketika dimakan rasanya sih oke-oke saja karena memang teksturnya mirip sekali dengan wagyu. Namun apakah kalian tidak penasaran dengan harganya yang begitu murah. Sekarang coba cek sendiri berapa harga daging wagyu sebenarnya di pasaran.

Faktor paling penting dari makan menu daging adalah kelembutan dari si daging itu sendiri. Nah, untuk membuat menu steak yang murah tentu restoran harus bisa menemukan daging steak murah. Pilihan yang umum ada di pasaran untuk daging steak murah tentu adalah daging sapi lokal. Nah, masalahnya bagian-bagian terbaik dari daging sapi lokal sekalipun masih sulit untuk mendekati rasa daging-daging standar steak.

Apa Itu Meltique Beef

Bermula dari persoalan inilah akhirnya lahir Meltique Beef. Penasaran kan dengan pengertian Meltique Beef itu? Proses Meltique jauh berbeda dengan proses dry-aged yang kita kenal. Meltique adalah sebuah proses di mana daging reguler disuntikkan lemak nabati untuk mendapatkan tekstur lemak yang diinginkan. Lemak yang digunakan ini berasal dari canola oil yang diambil dari biji bunga canola.

Bagian-bagian daging sapi yang biasanya diproses untuk menjadi Meltique Beef adalah bagian pinggul sapi baik berupa has dalam (tenderloin) dan has luar (sirloin).

Proses Meltique sendiri sebenarnya berasal dari sebuah teknik bernama Pique. Teknik yang berasal dari Prancis ini adalah teknik menginjeksi lemak atau racikan rempah ke dalam daging polos dengan mengguanakan jarum suntik khusus bernama Lardoire.

Proses Meltique ini akhirnya membuat sebuah daging reguler menjadi daging yang cukup ‘mirip’ dengan daging wagyu dari segi tampilan dan rasa. Ingat ya, bukan menjadi wagyu tapi hanya menjadi ‘mirip’. Proses Meltique ini tidak membutuhkan biaya yang besar, dan hasilnya daging ‘mirip’ wagyu ini bisa dijual dengan harga yang murah.

Keuntungan untuk restoran adalah mereka bisa mendapatkan bahan baku daging yang ‘mirip’ wagyu namun dengan harga terjangkau. Kemudian mereka bisa menjual steak enak tanpa harga yang tinggi. Dengan harga terjangkau ini tentu membuat pembeli mengantre dengan hasil akhir keuntungan besar dari modal daging reguler.

Diam demi Daging Steak Murah

Yang menjadi masalah sekarang adalah tidak semua restoran yang menjual Meltique Beef ini memberikan penjelasan kepada konsumen. Cenderung lebih tergoda dengan status ‘mirip’ itulah restoran-restoran tersebut malah akhirnya menyebut daging mereka wagyu.

Status daging wagyu ini tentu akan berpengaruh besar kepada keinginan konsumen untuk membelinya. Padahal jika sebuah restoran berani bermain di jenis-jenis bagian daging steak  atau variasi jenis saus steak saja sudah lebih dari cukup untuk menarik pelanggan.

Kembali ke persoalan rasa penasaran kita sebagai konsumen. Seketika saat kalian sudah tahu berapa harga sebenarnya dari daging wagyu, tentu harga daging steak murah yang kalian makan tidak cocok dengan harga daging wagyu normal bukan? Ya, kemungkinan besar daging yang kalian makan adalah Meltique Beef.

Tak perlu kaget, karena tren Meltique Beef ini sudah berjalan cukup lama di kalangan pebisnis daging. Sedangkan untuk konsumen masih belum banyak beredar informasi tentang proses Meltique ini.

Baik atau Buruk?

Persoalan selanjutnya adalah tentu kalian bertanya-tanya apakah Meltique Beef baik atau buruk untuk kesehatan. Tidak banyak efek negatif yang dibawa oleh proses Meltique ini. Lantaran penggunaan lemak nabati yang berasal dari canola oil terbilang aman. Pada dasarnya kalian hanya makan daging reguler yang diberi sedikit ilusi di soal tekstur, rasa, dan visual.

Indikasi paling mudah untuk mengetahui apakah steak yang kalian beli benar wagyu atau bukan tentu dari segi harga. Ingin benar-benar makan steak yang orisinal kalian bisa memilih salah satu dari 7 Steak High End yang Bikin Dompet Nangis ini. Jika memang ingin sedikit lebih ngirit namun tetap ingin makan steak, 7 Resto Steak dengan Harga Ramah Dompet ini bisa menjadi alternatif.

Nah, sekarang sudah paham kan kenapa begitu banyak restoran yang bisa menjual daging steak murah namun memberikan status wagyu. Tak ada salahnya jika kalian bertanya kepada restoran soal harga wagyu murah mereka. Tak ada salahnya juga jika restoran pengguna Meltique Beef sesekali menjelaskan kepada pelanggan mereka persoalan ini. Selamat berburu daging steak murah ya!

Related Articles

Connect with Nibble