Foodies Guide To F&B Industry

Photo by @voilajogja

Alasan Mie Instan Buatan Warkop Lebih Enak

June 9, 20214 min readFoodie Trends

Makan mie instan seakan sudah jadi budaya yang melekat di kalangan masyarakat Indonesia. Gak bisa dimungkiri, rasa gurih yang ada di mie instan memang sudah benar-benar bikin lidah masyarakat kita kecanduan. Saking enaknya, makanan ini sudah bukan lagi jadi menu masakan rumah tapi juga laris manis dijual di warung-warung mie instan seperti warkop, warmindo, dan burjo (daerah Jogja).

Tapi anehnya, meskipun sama-sama mie instan, tetapi rasa yang dibuat oleh para pedagang di warkop kok jauh lebih enak dibanding masak sendiri. Inilah yang sering jadi rasa penasaran orang-orang kenapa rasa mie instan buatan warkop lebih enak.

Yuk coba kita cari tahu alasannya.

Alasan Mie Instan Buatan Warkop Lebih Enak

Belum ada standar jawaban yang pasti di balik alasan mie instan buatan warkop lebih enak daripada kalau kita masak sendiri. Namun, beberapa argumentasi ini bisa dijadikan jawaban di balik misteri tersebut.

1.      Makanan Buatan Orang Lain Lebih Enak

Alasan pertama kenapa mie instan buatan warkop lebih enak adalah karena dimasak oleh orang lain. Ya ini sih semacam alasan psikologis, kalau apapun masakan yang diolah orang lain pasti rasanya lebih enak dibanding masakan sendiri. Sederhananya sih karena kita nggak perlu mengeluarkan tenaga untuk membuatnya. Meskipun instan, tapi masak mie juga repot lho, seperti harus menyiapkan air panas, membuka bungkusnya, menyobek bungkus bumbunya, merebus mie nya dll.

source: @myouimage

Nah, kalau di warkop kan kita cukup duduk dan memesan lalu biarkan abang-abangnya berkreasi. Tenaga kita cuma dipakai untuk menyantap mie yang sudah tersaji di atas meja. Masuk akal nggak nih alasan yang satu ini?

2.      Kuahnya Sedikit

Ini alasan tapi juga bisa jadi tips buat kalian yang ingin coba masak mie seenak buatan warkop, yaitu air untuk kuahnya sedikit. Ini khusus untuk menu mie instan kuah. Dikutip dari Detik Food, jumlah volume air kuah yang digunakan dalam semangkuk mie lebih sedikit dibanding rata-rata mie instan buatan rumah.

Mie kuah tersebut juga nggak langsung diaduk untuk mencampur bumbu, tapi didiamkan dulu beberapa menit. Entah benar tau tidak, bumbu yang ditunggu sebentar itu akan menjadi semacam konsentrat yang membuat rasa mie lebih gurih. Penggunaan air kuah yang sedikit juga memastikan mie nggak cepat benyek saat dimakan.

source: @melipirjajan

3.       Urutan Menjadi Kunci

Percaya atau nggak, urutan dalam memasak yang dilakukan para pedagangnya ini juga menjadi salah satu trik yang bikin mie instan buatan warkop lebih enak. Urutan yang mereka gunakan adalah seperti ini,

  • Masukkan dahulu telur ke dalam air rebusan yang sudah mendidih.
  • Ketika telur mulai terlihat seperempat matang, masukkan sawinya.
  • Setelah telur dan sawinya masuk, baru mienya direbus bersamaan.
  • Angkat dan tiriskan ketiganya tapi jangan langsung buru-buru diaduk dengan bumbu.

Entah berpengaruh atau nggak, tapi rumornya urutan ini hampir digunakan oleh seluruh pedagang warkop.

4.      Airnya Tidak Diganti

Trik lain yang sering kita perhatikan dari para pedagang mie instan warkop adalah mereka nggak mengganti air rebusan dalam kuali masaknya. Air rebusan yang sudah digunakan berkali-kali, entah puluhan bahkan ratusan mie sudah direbus, tetap dibiarkan di dalam kuali masak tersebut.

Terlepas dari isu kesehatan yang bisa dilihat dari cara perebusan tersebut, tapi banyak yang meyakini bahwa hal tersebut menjadi salah satu kunci yang membuat mie instan buatan warkop lebih enak.

source: @gendut_kulineran

5.      Bahan-Bahannya Lebih Lengkap

Nah, ini juga salah satu yang nggak bisa dipungkiri bahwa kelengkapan bahan menjadi salah satu kunci enaknya suatu makanan. Mie instan ala warkop sudah dilengkapi dengan telur, sawi, irisan cabe rawit, dan bawang goreng. Kita bahkan bisa juga menambahkan sendiri kecap dan sambal botolan ala abang-abang tersebut. Kalau masak mie intan sendiri belum tentu kelengkapan bahan ala pedagang warkop tersebut tersedia di rumah kita.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan kenapa mie instan buatan warkop lebih enak daripada yang dibikin sendiri? Setelah tahu rahasianya, kira-kira kalian masih akan tetap nge-mie di warkop langganan apa justru masak sendiri nih di rumah?

Related Articles

Connect with Nibble