Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram @surabayafoodies

10 Nasi Goreng Surabaya yang Enaknya Kebangetan

September 24, 20215 min readFood

Sebagai kota kuliner, ternyata ada banyak pilihan nasi goreng Surabaya yang siap memanjakan lidahmu. Kreasi cita-rasanya pun beragam, dari mulai nasi goreng cumi, nasi goreng Jawa krengsengan, hingga yang khas Ujung Pandang. Semuanya tinggal kamu pilih sesuai selera.

Daripada menunggu waktu lama, langsung saja simak rekomendasi nasi goreng Surabaya yang mantap betul berikut ini!

1.      Nasi Goreng Cak Tohir

Nasi goreng yang lezat gak melulu harus dari restoran kelas atas. Seperti contohnya Cak Tohir ini, meskipun hanya gerobak sederhana tapi dijamin rasanya juara deh. Sepiring nasi goreng lezat buatannya terbukti selalu diserbu pelanggan setiap malamnya. Menu favorit di sini adalah Nasi Goreng Mawut, yakni nasi goreng yang dimasak bersama mie.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Manyar Kerta Adi III No.2, Manyar Sabrangan, Kec. Mulyorejo, Kota Surabaya.

2.      Nasi Goreng Kambing Idola

Di Jalan Raya Mulyosari No. 148, terdapat pedagang nasi goreng kambing yang terkenal di Surabaya. Nama warungnya adalah Nasi Goreng Kambing Idola yang terkenal dengan bumbu rempah gurih dan sedikit pedas. Potongan daging kambingnya juga cukup besar-besar dan gak pelit. Selain nasi goreng kambing, tersedia juga menu nasi goreng babat kambing, cumi lada hitam, ayam-sosis, dan telur orak-arik.

Source: @horizonhoman

Alamat: Jl. Raya Mulyosari No. 148, Mulyorejo, Surabaya.

3.      Nasi Goreng Pak Kumis

Ingin menikmati menu nasi goreng krengsengan di Surabaya? Salah satu pilihan terbaik ada di Nasi Goreng Pak Kumis. Warung ini juga sering dikenal sebagai Nasi Goreng Joko Dolog karena lokasinya yang berada di dekat Arca Joko Dolog. Menu nasi goreng di sini berwarna agak kemerahan karena ditumis dengan saus tomat. Semakin nikmat lagi karena disajikan dengan mie goreng yang dimasak terpisah dan juga telur goreng.

Source: @limbywellylim

Alamat: Jl. Taman Apsari No. 25A, Genteng, Surabaya.

4.      Nasi Goreng Pak Niti

Pilihan nasi goreng krengsengan yang juga sangat enak adalah Nasi Goreng Pak Niti. Seperti umumnya nasi goreng ala krengsengan, seporsinya disediakan tambahan mie goreng yang bercita rasa gurih manis. Balutan bumbunya nampak tebal dengan pelengkap taburan bawang goreng, cabai rawit hijau, dan acar mentimun. Kamu juga bisa memesan yang bercita-rasa pedas supaya lebih nendang.

Source: @amazingindonesiafood

Alamat: Jl. Karang Empat Besar No.5, Ploso, Kec. Tambaksari, Kota Surabaya.

5.      Nasi Goreng Cumi Pak Gatot

Pilihan berikutnya tentang nasi goreng yang enak dan unik di Surabaya adalah Nasi Goreng Cumi Pak Gatot BBM Ubaya. Jika nasi goreng umumnya berwarna cokelat atau kemerahan, maka nasi goreng di sini berwarna hitam. Warna hitam tersebut karena diracik menggunakan tinta cumi sehingga gurih dan aman dimakan. Cita rasanya pedas manis dengan potongan cumi di dalamnya.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Rungkut Mejoyo Utara AH No.19, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya.

6.      Nasi Goreng Cak Moo

Meskipun berjualan secara sederhana, Nasi Goreng Cak Moo termasuk yang populer di kalangan masyarakat dan juga wisatawan Surabaya. Selain porsinya banyak, rasanya pun begitu menggoyang lidah. Nasi gorengnya merupakan tipe yang kering bukan pulen, namun ada sensasi aroma smoky dari pemasakannya yang bikin nikmat. Salah satu yang paling enak adalah menu nasi goreng pedas manisnya yang rasanya bikin kangen.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Kertajaya Indah Timur VIII No.36, Gebang Putih, Surabaya.

7.      Nasi Goreng Nobita UPN

Satu lagi nasi goreng enak di Surabaya yang dijual dengan gerobak ala kaki lima yakni Nasi Goreng Nobita. Warung gerobak ini sangat favorit, terutama bagi mahasiswa-mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Ya karena memang berlokasi di sekitaran kampus ini. Meskipun kelihatannya "cuma" nasi goreng biasa, tapi rasanya nendang dan layak kamu coba.

Source: @kulinersuraboyo

Alamat: Jl. Raya Medokan Sawah, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Kota Surabaya.

8.      Nasi Goreng Jawa Cak Ali

Nasi goreng enak di Surabaya berikutnya yang harus kamu coba adalah Nasi Goreng Jawa Cak Ali. Bumbu-bumbu yang dipakai untuk membuat nasi goreng Jawa ini terasa cukup pekat dan meresap di setiap butir nasinya. Sedikit menyerupai nasi goreng mawut, kamu bisa menemukan tambahan mie yang ikut dimasak bersama nasi gorengnya. Isian lainnya adalah irisan daging ayam dan juga telur rebus.

Source: @sbykulinerinfo

Alamat: Jl. Raya Mulyosari No.27B, Kalisari, Kota Surabaya.

9.      Nasi Goreng Jawa Cak San

Pilihan nasi goreng Jawa yang gak kalah enak adalah Nasi Goreng Cak San yang lokasinya ada di Jalan Arjuno. Di sini menjual dua pilihan nasi goreng yang bisa kamu coba, yakni nasi goreng Jawa krengsengan dan nasi goreng Jawa biasa. Harganya tergolong murah namun sudah bisa mendapat porsi berlimpah. Apalagi kedainya jadi satu dengan tempat ngopi yang bikin makin pas buat sekalian nongkrong.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Arjuno No.142, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota Surabaya.

10. Nasi Goreng Ujung Pandang

Pilihan satu ini ada untuk kamu yang ingin menu nasi goreng non-halal dengan lauk daging babi. Bertempat di Depot Aris yang memang spesialis di bidang penyajian Pangsit Mie Ujung Pandang. Menu nasi goreng di sini mempunyai warna kemerahan dengan isian lauk babi bumbu merah (charsiu), bakwan, dan juga udang. Porsinya besar jadi bisa disantap ramai-ramai.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Raya Nginden No.17-19, Nginden Jangungan, Kota Surabaya.

Nah itu dia rekomendasi nasi goreng yang mantul di Surabaya. Meskipun mayoritas nasi goreng gerobakan, tapi cita rasanya bisa mengungguli yang dijual di restoran. Jangan lupa dicatat dan masukkan dalam wishlist kamu ya!

Related Articles

Connect with Nibble