Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

10 Nasi Uduk Enak di Jakarta, Gurihnya Bikin Kangen!

August 30, 20215 min readFoodie Trends

Sebagai makanan khas Betawi, nasi uduk enak di Jakarta pasti jadi salah satu kuliner yang paling banyak diburu, terutama buat sarapan. Nasi yang dimasak dengan santan ini mudah ditemukan di warung, kedai, atau bahkan restoran sekalipun. Untuk merasakan kelezatannya, tempat-tempat berikut bisa jadi tujuan kuliner kamu berikutnya.

1. Nasi Uduk Zainal Fanani

Photo source: Instagram/rezaramadan14

Daerah Kebon Kacang menyimpan harta karun nasi uduk yaitu Nasi Uduk Kebon Kacang Zainal Fanani. Sebenarnya, di sekitaran sini ada juga beberapa kedai nasi uduk yang rasanya mirip-mirip. Tapi, tentu aja kamu harus cobain yang originalnya. Nasi uduknya udah tersedia di meja dengan dibungkus daun pisang. Porsinya kecil, jadi kamu bisa nambah semau kamu. Sementara lauknya lebih banyak digoreng seperti ayam, tahu, tempe, sate yang digoreng dadakan saat kamu pesan.

Alamat: Jl. Kebon Kacang VIII No. 5, Jakarta Pusat

2. Raja Uduk Jakarta

Photo source: Instagram/nanakoot_

Raja Uduk Jakarta menghadirkan nasi uduk khas Kalimantan di Jakarta. Ini cocok buat kamu yang mau makan nasi uduk enak di Jakarta dengan cita rasa yang sedikit beda. Lauknya terdiri dari ayam bakar, empal, gorengan, lalap, dan sambal. Mereka juga punya menu nampah yang berisi nasi untuk empat sampai delapan orang.

Alamat: Jl. Tebet Barat IV No. 6, Jakarta Selatan

3. Nasi Uduk Cahaya Asli

Photo source: Instagram/hungryfever

Nasi Uduk Cahaya Asli dikenal juga sebagai Nasi Uduk Gondangdia. Sudah buka sejak tahun 1993, tempat ini memang jadi melegenda karena kenikmatannya. Mirip dengan Nasi Uduk Kebon Kacang, nasinya dibungkus dalam daun pisang berbentuk kerucut. Kamu bisa memilih lauk yang digoreng seperti ayam, tahu, tempe, sate, dan bahkan pete.

Alamat: Jl Cikini IV No. 12, Menteng, Jakarta Pusat

4. Nasi Uduk Pasar Tomas

Photo source: Instagram/andrydjohan

Nasi uduk enak di Jakarta yang tempatnya ngantre bahkan sebelum buka? Ada di kawasan Cideng. Mereka punya lebih dari 30 lauk yang bisa bebas kamu pilih. Menariknya lagi, bukanya malem banget, baru buka tengah malam alias jam 12, tapi orang-orang udah mulai nunggu antre dari mulai jam 11 malam. Mereka tutup sehabisnya atau pada sekitar pukul 3.30 pagi. Lauknya bermacam dari mulai oseng tempe, ati ampela, sate, ayam goreng, telur balado, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Cideng Timur, Gambir, Jakarta Pusat

5. Sate Khas Senayan

Photo source: Instagram/maksibintaro

Nasi uduk enak di Jakarta ini bisa mudah ditemukan karena sudah menjadi gerai yang umum ada di mal-mal besar di Jakarta. Menunya terdiri dari masakan Indonesia asli dengan sentuhan yang modern. Di sini, kamu bisa pesan nasi uduk lengkap dengan telur, ayam goreng, tempe orek, bihun, dan sate punya Sate Khas Senayan yang isinya daging sapi.

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto No.76, Menteng, Jakarta Pusat

6. Nasi Uduk Ibu Sum

Photo source: Instagram/nasiudukibusum

Nasi Uduk Ibu Sum di Mangga Dua merupakan salah satu nasi uduk enak di Jakarta yang cukup fenomenal. Dulu, bukanya dari pukul 10 malam hingga habis. Tapi, saat ini, menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku, mereka buka dari pukul 4 sore hingga 8 malam. Areanya pun pindah dari indoor ke outdoor supaya bisa lebih mematuhi protokol kesehatan. Dengan pilihan sekitar 35 menu lauk, kamu dijamin bakal puas makannya.

Alamat: Jl. Mangga Dua Raya No.55, Jakarta Barat

7. Nasi Uduk Ibu Jum

Photo source: Instagram/nasiuduk.ibujum

Nasi Uduk Ibu Jum punya gerai yang lebih modern sekarang. Tempatnya nyaman untuk makan ditempat dan ada di dua lokasi yaitu Kelapa Gading dan Pulogadung. Dengan memesan menu lengkap, kamu udah dapet nasi uduk dengan bawang goreng, tempe orek, gorengan, balado jengkol, dan lalapan. Tapi, ada juga menu seperti ayam goreng kalau kamu mau tambahan lauk.

Alamat:

  • Jl. Kelapa Hybrida Raya Blok RB 1 No. 29C, Kelapa Gading, Jakarta Utara
  • Jl. Pulogadung No.13, Cakung, Jakarta Timur

8. Nasi Uduk Sidar

Photo source: Instagram/nasiuduksidar

Dibuat oleh orang Betawi asli, Nasi Uduk Sidar terkenal akan lauknya yang berani akan bumbu dan pastinya bikin semuanya jadi enak. Walaupun tempatnya tergolong sederhana dan tersembunyi, nasi uduk enak di Jakarta ini banyak dicari orang, lo! Ada lauk jengkol, bihun, ayam goreng, mi goreng, dan bakwan udang yang jadi beberapa favorit pencinta kuliner.

Alamat: Jl. Palmerah Utara IV No. 14b, Jakarta Barat

9. Nasi Uduk Mpok Ita

Photo source: Instagram/nasiudukmpokita

Mau nasi uduk dengan ayam geprek? Nasi Uduk Mpok Ita punya menunya buat kamu. Ada juga semur jengkol dengan kuah kental yang rasanya beneran ngangenin buat kamu yang seneng jengkol. Menu lainnya ada bihun goreng, kentang balado, ayam goreng, tempe orek, dan itu masih hanya sebagian dari banyak lauk yang bisa kamu temukan di Nasi Uduk Mpok Ita. Rasanya enak dan dijamin bikin puas.

Alamat: Jl. Gandaria Ujung No. 92, Jagakarsa

10. Nasi Uduk Bu Amah

Photo source: Instagram/doctfoodie

Nasi Uduk Bu Amah terkenal karena kabarnya habis dalam waktu satu jam aja setelah  buka. Yang paling terkenal sudah tentu ayam gorengnya yang berbumbu rempah mantap. Nasi uduknya pun nggak pelit bawang merah goreng yang menambah kerenyahan dalam setiap suapan. Nggak ketinggalan, ada sambal kacang khas Betawi yang jadi pelengkap.

Alamat: Jl. Pengukiran 2 No.6H, Tambora, Jakarta Barat

Karena memang berasal dari Betawi, nggak sulit menemukan nasi uduk enak di Jakarta. Hanya terkadang, kamu benar-benar harus memilih mana yang enak dan mana yang enak banget. Mau dimakan untuk sarapan, makan siang, atau makan malam, nasi uduk pas untuk mengobati rasa laparmu, Nibblers.

Related Articles

Connect with Nibble